Mengenal 6 Manfaat Buah Strawberry yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat buah strawberry bermacam-macam, mulai dari mencegah penyakit jantung hingga kanker
Di balik warna merahnya, buah strawberry memiliki banyak manfaat

Siapa yang tidak tahu buah strawberry? Buah kecil berwarna merah yang dipenuhi bintik-bintik ini digemari oleh banyak orang. Strawberry umumnya memiliki rasa asam, namun ada juga varian yang manis.

Buah stroberi dapat dimakan langsung, dijus, dijadikan smoothie, ataupun ditambahkan ke dalam salad. Di samping rasanya yang lezat, manfaat buah strawberry juga melimpah karena berbagai kandungan nutrisinya.

Nutrisi buah strawberry

Buah strawberry adalah sumber vitamin C dan mangan yang sangat baik. Selain itu, buah ini juga mengandung folat dan kalium dalam jumlah yang memadai.

Buah paling populer di keluarga berry ini sangat kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman yang bermanfaat, seperti antochyanin (pelargonidin), asam ellagic, ellagitannins, dan procyanidins. Nutrisi yang terkandung dalam semangkuk kecil buah strawberry (100 gram), terdiri dari:

  • Kalori: 32
  • Air: 91%
  • Protein: 0,7 gram
  • Karbohidrat: 7,7 gram
  • Gula: 4,9 gram
  • Serat: 2 gram
  • Lemak: 0,3 gram

Sebagian besar karbohidrat yang terkandung dalam strawberry merupakan gula sederhana, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Namun, di dalam buah ini juga terkandung jumlah serat yang memadai. Strawberry memiliki skor indeks glikemik (GI) 40, yang artinya tidak akan menyebabkan lonjakan besar pada kadar gula darah.

Buah strawberry juga mengandung sedikit zat besi, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B6, K, dan E. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah strawberry ini tentu membuatnya baik untuk dikonsumsi.

Beragam manfaat buah strawberry untuk kesehatan

Strawberry memiliki berbagai manfaat yang baik, dan dapat mendukung pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit. Sederet manfaat buah strawberry untuk kesehatan, di antaranya:

  • Mencegah penyakit jantung

Buah strawberry memiliki efek pencegahan terhadap penyakit jantung karena kandungan polifenolnya yang tinggi. Polifenol merupakan senyawa tanaman yang baik untuk tubuh.

Selain itu, anthocyanin dalam stroberi disinyalir mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung. Kandungan serat dan kalium dalam stroberi juga dapat mendukung kesehatan jantung.

  • Mencegah kanker

Antioksidan kuat dalam strawberry dapat bekerja melawan radikal bebas. Faktor ini dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Strawberry juga mampu mengurangi risiko mengembangkan penyakit kanker bagi sebagian orang.

  • Meringankan sembelit

Mengonsumsi strawberry yang tinggi kadar air dan seratnya dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dan mempertahankan buang air besar secara teratur. Serat yang terkandung dalam stroberi dipercaya mampu meringankan sembelit dan mendorong tinja keluar.

  • Menjaga gula darah stabil

Strawberry merupakan pilihan buah yang sehat untuk penderita diabetes. Kandungan serat yang besar dari strawberry dapat membantu mengatur gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Nutrisi ini juga bersifat mengenyangkan sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai camilan tidak sehat yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

  • Membantu menurunkan berat badan

Buah strawberry mengandung serat yang larut dan tidak larut. Nutrisi ini penting untuk menjaga bakteri baik di usus sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, mengonsumsi strawberry juga membantu menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang mengenyangkan.

  • Menjaga tekanan darah

Banyaknya kadar natrium dalam tubuh bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Akan tetapi, kandungan kalium dalam stroberi bisa membantu mengimbangi efek natrium dalam tubuh untuk menjaganya tetap stabil. Selain itu, mengonsumsi strawberry juga dapat membantu seseorang memenuhi asupan kaliumnya.

Di samping manfaatnya yang banyak, alergi strawberry bisa saja terjadi, terutama pada anak-anak. Orang yang sensitif terhadap serbuk sari makanan atau apel juga dapat mengalami gejala tak biasa setelah mengonsumsi strawberry.

Gejala yang mungkin muncul, yakni gatal-gatal atau pembengkakan pada bibir, wajah, lidah atau tenggorokan. Jika setelah mengonsumsi strawberry timbul gejala tersebut, segera periksakan diri Anda pada dokter.

Selain itu, mengonsumsi strawberry dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gangguan pendarahan pada orang-orang dengan gangguan pembekuan darah. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi strawberry.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/strawberries#bottom-line
Diakses pada 05 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/271285.php
Diakses pada 05 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed