Manfaat Buah Rambutan yang Lebih Manis dari Rasanya

Terdapat berbagai manfaat buah rambutan bagi kesehatan di balik penampilannya yang tidak menyenangkan
Manfaat buah rambutan bagi kesehatan sayang jika dilewatkan hanya karena penampilannya

Buah rambutan identik dengan kulitnya yang merah dan bulu-bulu yang mengelilinginya. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat buah ini disukai oleh sebagian besar orang.

Di luar dari rasa manisnya, ada juga sebagian orang yang mungkin tidak menyukai buah rambutan karena bentuknya yang tidak sedap dipandang.

Bagi Anda termasuk kalangan yang tak suka wujud buah rambutan, Anda mungkin bisa tetap mempertimbangkan mengonsumsi buah ini karena terdapat banyak manfaat buah rambutan yang baik untuk kesehatan!

Manfaat buah rambutan yang sayang jika dilewatkan

Tak hanya rasa yang manis, manfaat buah rambutan bagi kesehatan juga menggiurkan. Sayang jika Anda tidak mengonsumsi buah rambutan hanya karena bentuk kulitnya yang aneh.

Padahal, banyak sekali manfaat buah rambutan yang layak untuk Anda pertimbangkan. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Membantu dalam menurunkan berat badan

Ingin meraih bobot tubuh ideal? Coba konsumsi rambutan karena buah ini rendah kalori dan tinggi serat.

100 gram buah rambutan hanya mengandung 75 kalori. Karena itu, Anda bisa menjadikan buah rambutan sebagai camilan sehat.

Kandungan serat dalam buah rambutan juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sementara kandungan airnya mampu menjaga agar Anda terhindar dari dehidrasi.

Buah rambutan berpotensi menurunkan kolesterol

2. Menurunkan kolesterol

Riset pada tikus yang mengalami diabetes, menunjukkan bahwa manfaat buah rambutan dalam mengurangi tingkat kolesterol terletak pada ekstrak kulitnya. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat buah rambutan yang satu ini pada manusia.

3. Mengurangi risiko terkena kanker

Walau butuh penelitian lebih luas, salah satu manfaat buah rambutan adalah berpotensi menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker. Kebaikan ini muncul berkat senyawa volatil dan monoterpene lactone yang ada di dalamnya.

Salah satu manfaat buah rambutan adalah mencegah diabetes

4. Mencegah diabetes

Riset tertentu pada tikus yang dimanipulasi sehingga memiliki diabetes juga menemukan bahwa manfaat buah rambutan bisa mencegah kencing manis. Ekstrak kulit rambutan disinyalir berpotensi meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin.

Meski begitu, manfaat rambutan ini pun membutuhkan riset-riset lanjutan untuk meneliti apakah efeknya juga akan sama pada tubuh manusia atau tidak.

5. Memberikan beragam nutrisi dan kaya antioksidan

Meskipun kecil, buah rambutan memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Anda bisa mendapatkan serat yang penting untuk pencernaan dengan mengonsumsi buah rambutan.

Tidak hanya serat, buah rambutan juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh dan berperan sebagai antioksidan.

Buah rambutan dapat pula dijadikan alternatif sumber senyawa tembaga yang diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel tubuh.

Buah rambutan bisa dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan

6. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah rambutan dalam melancarkan pencernaan terletak pada kandungan seratnya yang tinggi. Dengan ini, buah rambutan mampu mengurangi risiko sembelit dan bisa menjadi sumber makanan bagi bakteri baik dalam sistem cerna.

7. Melawan infeksi

Kekurangan asupan vitamin C berpotensi membuat Anda lebih rentan untuk terkena infeksi tertentu. Anda bisa mencegah kondisi ini dengan menyantap buah rambutan.

Kandungan vitamin C dalam rambutan akan meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga berkontribusi dalam menciptakan manfaat buah rambutan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

8. Berpotensi sebagai antiinflamasi

Selain berpotensi mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah diabetes, kulit dan biji rambutan juga diduga  bisa dijadikan agen antiperadangan. Ini berarti, ekstraknya dapat mencegah berbagai penyakit kronis akibat inflamasi yang berlebihan dalam tubuh. Tetapi khasiat rambutan ini masih terus diteliti agar terbukti akurat.

9. Dapat mencegah penuaan

Ekstrak biji dan kulit rambutan juga memiliki kemungkinan sebagai terapi untuk mencegah penuaan. Namun manfaat buah rambutan ini masih dalam proses penelitian.

Di balik manfaat buah rambutan bagi kesehatan

Terdapat banyak manfaat buah rambutan yang bisa Anda dapatkan dari daging, biji, ataupun kulitnya. Daging buah rambutan secara umum aman untuk dikonsumsi. Tapi bagi Anda yang memiliki alergi terhadap buah rambutan atau lateks, sebaiknya menghindari konsumsi buah ini.

Sementara itu, biji dan kulit rambutan tidak bisa dikonsumsi begitu saja, bahkan bisa bersifat racun bagi manusia. Penelitian akan manfaat biji dan kulit buah rambutan masih terus dilanjutkan.

Apabila memiliki kondisi medis tertentu, Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi buah rambutan. Langkah ini dilakukan agar manfaat buah rambutan bisa Anda peroleh secara optimal.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/rambutan#nutrition
Diakses pada 18 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28538817
Diakses pada 18 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5579595/
Diakses pada 18 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6257335/
Diakses pada 18 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29099763
Diakses pada 18 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25820360
Diakses pada 18 Oktober 2019

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/rambutan-nutrition-facts-4690810
Diakses pada 18 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed