9 Manfaat Buah Pir: Dari Detoks Sampai Cegah Sakit Jantung

Manfaat buah pir muncul berkat kandungan air, serat, dan antioksidannya yang kaya
Buah pir kaya akan serat, kandungan air, serta antioksidan

Ada banyak sekali jenis buah pir di dunia, berdasarkan ukuran, bentuk, rasa, dan tekstur buahnya. Selain variasi jenisnya, beragam juga manfaat buah pir bagi kesehatan kita.

Buah sarat air ini tidak mengandung lemak, tidak mengandung kolesterol, kaya akan serat, dan banyak mengandung flavonoid serta antioksidan. Menurut data United States Department of Agriculture (USDA), satu buah pir ukuran sedang dengan berat sekitar 178 gram saja bisa menawarkan 101 kalori, 27 gram karbohidrat, 17 gram gula dan 1 gram protein. 

Kandungan nutrisi dan antioksidan tersebutlah yang berperan penting dalam meningkatkan manfaat buah pir sehingga baik untuk dikonsumsi.

Berbagai manfaat buah pir bagi Anda

Mengonsumsi buah pir tak hanya bisa membantu dalam menambah cairan tubuh, khasiat sehat lainnya juga tak boleh diremehkan. Apa sajakah manfaat buah pir bagi kita? 

1. Sumber serat

Kebutuhan serat berbeda-beda pada tiap orang. Berikut contohnya:

Orang berusia di bawah 50 tahun

Kalangan ini disarankan untuk mengonsumsi serat setidaknya 38 gram per hari untuk pria dan 25 gram serat per hari untuk wanita.

Orang yang berusia di atas 50 tahun

Konsumsi serat untuk pria lansia di atas 50 tahun dianjurkan minimal 30 gram serat per hari, dan setidaknya 21 gram serat per hari bagi wanita.

Pola makan banyak serat memiliki manfaat nyata yang didasari oleh berbagai penelitian. Pola makan dengan minimal 14 gram serat untuk tiap 1.000 kalori, berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner dan diabetes tipe 2 yang signifikan. 

Memperbanyak asupan serat sebetulnya tidak sulit. Anda cukup menambahkan buah dan sayuran dalam menu makan harian.

Pir bisa menjadi salah satu buah pilihan Anda. Menambahkan satu buah pir ukuran sedang akan menambah 6 gram serat. Angka ini sudah mencukupi 24% dari kebutuhan serat harian wanita di bawah usia 50 tahun. 

2. Membantu penurunan berat badan

Untuk Anda yang sedang berusaha mendapatkan berat badan ideal, mengonsumsi buah pir yang kaya serat akan membuat rasa kenyang lebih awet. Dengan ini, Anda pun bisa mengurangi godaan ngemil.

Buah ini juga rendah kalori. Ini berarti, buah pir cocok dijadikan camilan ketika keinginan ngemil muncul. 

3. Membantu detoks

Detoks atau pembuangan racun-racun tubuh dilakukan lewat kebiasaan buang air besar yang rutin. Buah pir terdiri dari 84% air, yang akan membantu agar kotoran menjadi lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh. 

4. Membantu dalam mengatasi divertikulosis

Divertikulosis adalah terbentuknya kantung-kantung yang menyembul di usus besar. Jika terinfeksi dan terjadi peradangan, kondisi ini disebut divertikulitis.

Meski penyebab divertikulotis belum diketahui secara pasti, dokter menduga kondisi ini berkaitan dengan pola makan yang kurang serat. 

Diet tinggi serat dapat risiko mengurangi terjadinya peradangan pada divertikula. Pasalnya, serat akan membantu penyerapan air yang membuat feses menjadi lunak dan mudah dikeluarkan.

Manfaat buah pir serta buah dan sayuran tinggi serat lainnya bisa diandalkan sebagai cara menurunkan risiko infeksi pada usus besar tersebut. 

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Meningkatkan asupan serat berdampak pada menurunnya kadar kolesterol dalam darah. Kebaikan ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah pir maupun bahan pangan kaya serat lainnya.

Hanya menambah konsumsi serat sebanyak 10 gram per hari saja sudah dapat membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa serat punya peran dalam mengendalikan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi melawan infeksi dan peradangan, yang berkaitan dengan penyakit jantung

6. Melawan radikal bebas

Dalam buah pir, terkandung banyak antioksidan. Mulai dari vitamin C, vitamin K, hingga tembaga. Vitamin dan mineral ini bekerja untuk menghancurkan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat adanya radikal bebas

7. Mengandung zat antiperadangan

Peradangan sebetulnya merupakan respons normal dari sistem imunitas tubuh saat mengalami infeksi. Tetapi peradangan jangka panjang (kornis) bisa merugikan kesehatan.

Inflamasi kronis terkait dengan risiko sejumlah penyakit. Misalnya, penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Buah pir mengandung banyak antioksidan, termasuk flavonoid, yang membantu melawan peradangan dan menurunkan risiko terjadinya infeksi. Sejumlah penelitian juga menemukan adanya kaitan antara tingginya konsumsi flavonoid dengan penurunan risiko sakit jantung serta diabetes. 

8. Berpotensi memiliki efek antikanker

Sejumlah riset mengindikasikan bahwa pola makan yang mengonsumsi banyak buah, termasuk pir, memiliki efek penurunan risiko kanker lambung dan kandung kemih. Beberapa zat yang dikandung buah pir memang memiliki khasiat melawan sel kanker, seperti antosianin dan cinnamic acid

Sementara beberapa penelitian lain mengkaji manfaat buah pir yang kaya akan flavonoid bagi wanita. Pir diduga berkhasiat dalam membantu pencegahan kanker payudara dan kanker ovarium

9. Berkaitan dengan menurunnya risiko terkena diabetes

Penelitian terhadap 200 ribu orang menemukan bahwa mengonsumsi lima jenis buah yang mengandung antosianin atau lebih per minggu, bisa menurunkan risiko diabetes sebanyak 23%. Pir merah termasuk salah satu buah ini.

Buah yang kaya serat seperti pir akan lebih lama dicerna, sehingga memberi waktu tambahan bagi tubuh untuk memecah dan menyerap karbohidrat. Kondisi ini membantu tubuh dalam mengatur kadar gula darah dan mengendalikan diabetes. 

Melihat manfaat buah pir yang begitu banyak bagi kesehatan kita, tak ada salahnya Anda lebih sering mengonsumsi buah yang mudah didapat ini. Selain dimakan segar bersama kulitnya, pir juga lezat dijadikan salah satu bahan hidangan pencuci mulut.

Namun bila Anda memiliki kondisi atau gangguan medis tertentu, Anda tentu harus menjaga pola makan. Bila ingin menyantap buah pir, konsultasikan dulu dengan dokter agar manfaat buah pir bisa Anda dapatkan dengan optimal tanpa mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/285430.php
Diakses pada 24 September 2019 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-pears
Diakses pada 24 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed