Petik Manfaat Buah Nangka Ini untuk Kebaikan Tubuh Anda

Ada beberapa manfaat buah nangka yang harus Anda ketahui, seperti menurunkan kolesterol dan mencegah sel kanker
Buah nangka memiliki beragam manfaat, seperti menurunkan kolesterol, mengurangi gula darah, hingga mencegah sel kanker

Indonesia sebagai negara tropis, menjadi surga bagi para pecinta buah-buahan. Buah nangka , termasuk salah satu yang banyak digemari. Dagingnya yang berwarna kuning mungkin sering Anda konsumsi, baik secara langsung maupun diolah dalam makanan lain.

Selain memiliki rasa yang manis dan legit, buah nangka juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan menakjubkan. Tentunya, manfaat buah nangka tersebut bersumber dari nutrisinya yang kaya. Apa saja?

Ragam manfaat buah nangka untuk kesehatan

Manfaat buah nangka sangatlah mengesankan. Sebab, khasiatnya berpotensi menurunkan berbagai faktor risiko penyakit mematikan. Sebut saja, menurunkan level kolesterol, tekanan darah, hingga gula darah. Selain itu, ilmuwan juga meyakini, buah nangka dapat melawan sel kanker.

Berikut ini sejumlah manfaat buah nangka untuk tubuh, di balik cita rasanya yang nikmat.

  • Menjaga level kolesterol

Kolesterol jahat dalam level yang tinggi, dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung koroner. Namun kabar gembiranya, biji buah nangka berpotensi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) tersebut.

Beberapa penelitian pada hewan telah membuktikan, binatang yang diujicobakan menunjukkan penurunan kolesterol jahat, dengan konsumsi rutin biji buah nangka. Tentunya, penelitian lanjutan pada manusia, diperlukan untuk menguatkan hipotesis ini.

  • Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah nangka lain yakni potensinya untuk menurunkan tekanan darah. Sebab, buah ini mengandung kalium, yaitu mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium mengurangi tekanan darah dengan menangkal efek jenis mineral natrium, serta menurunkan tensi di dinding pembuluh darah. Agar optimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi asupan kalium, sebanyak 4.700 miligram dalam satu hari.

  • Melawan sel kanker

Layaknya makanan dari tumbuhan, buah nangka juga mengandung molekul antioksidan, seperti flavonoid, saponin, dan tannin. Molekul antioksidan sangat penting untuk tubuh, karena dapat melawan radikal bebas penyebab panyakit, termasuk kanker.

Tak hanya itu, zat-zat di atas juga dapat menghambat pembuluh darah baru, yang tumbuh di sekitar sel-sel kanker. Berkurangnya pembuluh darah tersebut, dapat mengurangi aliran darah menuju sel-sel kanker.

Riset-riset lanjutan, tentu masih diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat buah nangka ini.

  • Menangani diabetes

Setiap makanan yang kita konsumsi, memiliki indeks glikemik sebagai skor untuk menentukan pengaruh makanan terhadap gula darah dalam tubuh. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi, lebih berisiko memicu pelonjakan pada gula darah seseorang.

Buah nangka memiliki indeks glikemik tingkat menengah. Namun, bagian lain dari buah ini memiliki potensi untuk mengatasi diabetes tipe 2. Hal ini dikaitkan dengan kandungan serat dan protein pada buah nangka yang dapat membantu mencegah naiknya kadar gula darah. Beberapa penelitian, yang dilakukan pada hewan dan uji tabung, memiliki kesimpulan bahwa buah nangka dipercaya efektif membantu pengobatan diabetes.

  • Memulihkan luka

Buah nangka juga menjadi sumber vitamin C yang baik. Vitamin C memiliki fungsi vital, termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta berkontribusi dalam produksi kolagen, yang berperan penting dalam pemulihan luka.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Pharma, tumbuhan nangka mengandung senyawa antiradang, antibakteri, dan antijamur. Oleh karena itu, Nangka dipercaya mampu menyembuhkan luka. Studi pada hewan uji berkesimpulan, daun pohon nangka dapat memulihkan luka.

Manfaat buah nangka bersumber dari berbagai nutrisi berikut ini

Buah nangka hanya mengandung sedikit kalori. Bayangkan saja, dalam 165 gram (sekitar 12 sendok makan) daging buah nangka, hanya ada sekitar 155 kalori. Sekitar 92% kalori tersebut berasal dari karbohidrat, dan sisanya datang dari protein dan sedikit lemak.

Buah nangka juga mengandung aneka vitamin, mineral, serta molekul antioksidan. Seperti buah-buahan lainnya, nangka mengandung serat yang cukup, yakni 3 gram dalam porsi di atas.

Inilah vitamin dan mineral, yang terkandung dalam 165 gram daging buah nangka.

  • Vitamin A, 10% dari rekomendasi harian
  • Vitamin C, 18% dari rekomendasi harian
  • Riboflavin, 11% dari rekomendasi harian
  • Magnesium, 15% dari rekomendasi harian
  • Kalium, 14% dari rekomendasi harian
  • Tembaga, 15% dari rekomendasi harian
  • Mangan, 16% dari rekomendasi harian

Selain itu, yang membuat nangka unik dibandingkan buah lain, yakni kandungan proteinnya. Dalam 165 gram buah nangka tersebut, terkandung 3 gram protein. Jumlah ini, lebih besar dari apel dan mangga dalam berat yang sama.

Catatan dari SehatQ

Buah nangka, yang sangat melimpah di Indonesia, memiliki berbagai manfaat yang menakjubkan. Manfaat buah nangka tersebut, mulai dari menjaga level normal kolesterol, hingga melawan kanker. Khasiat nangka bersumber dari nutrisinya, yang mengandung zat gizi makro, serat, vitamin, dan mineral.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/jackfruit-benefits

Diakses pada 23 September 2019

 

Innovare Academics. https://innovareacademics.in/journals/index.php/ijls/article/view/89/48

Diakses pada 23 September 2019

 

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324787.php

Diakses pada 23 September 2019

 

Semantic Scholar. https://pdfs.semanticscholar.org/d5c0/67efca6a605cfebce2ad4b6a8a702887ccca.pdf

Artikel Terkait

Banner Telemed