logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Menilik Manfaat Buah Nanas untuk Pria, Benarkah Bisa Tingkatkan Kesuburan?

open-summary

Salah satu manfaat buah nanas untuk pria adalah dapat meningkatkan kualitas sperma sehingga memengaruhi kesuburan. Hal ini berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, tembaga dan zat besi dalam nanas juga membantu memperbaiki proses pembentukan sperma (spermatogenesis).


close-summary

27 Sep 2021

| Yanita Nur Indah Sari

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

manfaat nanas untuk pria

Salah satu manfaat nanas untuk pria adalah meningkatkan testosteron

Table of Content

  • Kandungan dan manfaat buah nanas untuk kesehatan pria 
  • Catatan dari SehatQ

Nanas adalah buah tropis asal Amerika yang juga tumbuh di kawasan Asia yang beriklim tropis. Manfaat buah nanas untuk pria kini semakin mendapat perhatian. Ragam manfaat buah nanas tersebut tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. 

Advertisement

Simak ulasan lengkap seputar kandungan dan manfaat buah nanas untuk pria berikut ini. 

Kandungan dan manfaat buah nanas untuk kesehatan pria 

Nanas termasuk buah tropis yang murah dan mudah didapat di kawasan Asia, termasuk Indonesia. 

Nanas merupakan buah rendah kalori dan kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Nanas juga diketahui memiliki kandungan senyawa yang baik untuk menunjang kesehatan pria.

Berikut ini beberapa kandungan dan manfaat buah nanas untuk pria yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Mangan

Kandungan mangan dalam nanas membantu kesehatan tulang pria
Kandungan mangan dalam nanas membantu kesehatan tulang pria

Mangan adalah mineral yang bekerja bersama kalsium untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Mangan dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. 

Bagi pria yang aktif berolahraga, mineral mangan ini sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas dan memperkuat tulang. Dalam The Open Orthopaedics Journal, Anda disarankan mengonsumsi 11 mg mangan per hari. 

2. Kalium

Bagi pria yang aktif berolahraga dan sedang membangun massa otot, potasium atau kalium merupakan mineral yang tidak boleh Anda lewatkan. 

Selain bermanfaat menjaga kesehatan jantung, kandungannya yang tinggi kalium, membuat nanas bermanfaat dalam melindungi tubuh dari hilangnya massa otot dan menjaga kepadatan mineral tulang. 

Baca Juga

  • Kelebihan Hormon Estrogen pada Pria, Dampak dan Cara Mengatasi
  • Mengenal Jenis, Risiko, dan Komplikasi dari Operasi Prostat
  • 7 Pilihan Obat Herbal Prostat sebagai Pengobatan Penunjang

3. Bromelain 

Bromelain adalah jenis campuran enzim pencerna protein yang dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, dan membantu penyembuhan luka. Bromelain biasanya terdapat pada batang, buah, dan sari nanas. 

Bromelain sebagai agen anti-inflamasi yang mampu mengatasi peradangan juga bermanfaat bagi kesuburan. Dalam hal ini, peradangan yang terjadi pada tubuh atau asupan makanan yang menyebabkan peradangan dapat menghambat kesuburan.

Beberapa studi menunjukkan bahwa bromelain bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk mengurangi efek diare. 

Selain mengatasi gangguan pencernaan, bromelain dalam nanas juga dapat mengurangi nyeri otot dan menurunkan risiko osteoartritis. 

Sayangnya, kandungan bromelain sebagian besar hilang dalam proses industri atau pengalengan. Itulah sebabnya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi nanas dalam bentuk buah segar. 

4. Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam nanas bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria
Kandungan antioksidan dalam nanas bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria

Nanas termasuk buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan ini berasal dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. 

Selain menangkal radikal bebas, antioksidan juga berperan dalam kesuburan, baik pria maupun wanita. Dalam hal ini, radikal bebas juga dapat memengaruhi sistem reproduksi. 

Dalam Iranian Journal of Reproductive Medicine menyatakan bahwa antioksidan berpotensi memperbaiki infertilitas. Penelitian ini menunjukkan terapi antioksidan dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria dan tingkat kehamilan. 

5. Vitamin C

Kandungan vitamin C pada buah nanas dapat menunjang sistem kekebalan tubuh dan sebagai sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan. 

Vitamin C berperan mendorong pertumbuhan dan penyembuhan di seluruh bagian tubuh, termasuk penyembuhan luka dan penyerapan zat besi. 

Untuk itu, buah nanas sangat dianjurkan baik untuk pria maupun wanita, terutama bagi pria yang aktif dalam aktivitas fisik seperti olahraga. 

6. Tembaga dan zat besi 

Mineral lain dalam nanas yang bermanfaat untuk kesehatan pria adalah tembaga (copper) dan zat besi. Kedua mineral yang terkandung dalam nanas ini memainkan peran penting dalam kesuburan pria

Dalam Journal of Assisted Reproduction and Genetics, diketahui bahwa asupan tinggi zat besi dan tembaga mampu mengatasi gangguan kesuburan melalui beragam cara. 

Kedua mineral ini berperan dalam perbaikan spermatogenesis yang rusak, penurunan libido, dan kerusakan oksidatif pada jaringan testis dan spermatozoa pada pria. 

Catatan dari SehatQ

Selain memiliki efek menyegarkan, konsumsi nanas dengan tepat juga dapat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan pria. 

Manfaat buah nanas untuk pria terlihat dari beragam kandungan nutrisi dan senyawa di dalamnya. Kandungan ini berperan dalam menunjang kesehatan secara keseluruhan, termasuk menjaga kesehatan tulang dan otot hingga memperbaiki kesuburan.

Jika masih ada pertanyaan seputar manfaat buah nanas untuk pria, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!

Advertisement

kesehatan priareproduksi priananas

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved