Manfaat Buah Nanas untuk Kolesterol Apakah Benar Adanya?

(0)
23 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat buah nanas untuk kolesterol sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Lalu, bagaimana pandangan dunia medis tentang hal ini? Apakah benar ada kandungan nanas yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah?Nanas (Ananas comosus) adalah buah yang sebenarnya berasal dari Amerika Selatan, meski banyak juga tumbuh di negara-negara tropis seperti Indonesia. Buah eksotis ini memiliki rasa asam yang tajam ketika masih muda, dan memberikan rasa manis saat daging buahnya sudah menguning tanda matang.Buah ini kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan mangan. Buah bermahkota ini juga mengandung berbagai antioksidan dan enzim, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat buah nanas untuk kolesterol dari sisi medis

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Biomedical Reports, nanas diketahui memang sudah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit sejak dahulu kala. Orang yang sedang diet juga kerap menjadikan nanas sebagai camilan, karena rendah kalori dan tidak mengandung lemak sama sekali.Lalu, bagaimana dengan manfaat buah nanas untuk kolesterol? Benarkah buah ini memang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh?Menurut beberapa penelitian yang dilakukan di Indonesia, buah nanas memang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Efek ini pun bisa didapat ketika Anda mengonsumsi nanas dalam bentuk segar maupun jus.
Manfaat buah nanas antara lain berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya
Manfaat buah nanas untuk kolesterol ini berasal dari kandungan di dalamnya, berikut ini.
  • Myricetin

    Myricetin dapat mengubah penyerapan hati, perakitan dan pembuangan trigliserida (salah satu komponen yang dapat menaikkan kadar kolesterol total di dalam darah), serta pengolahan plasma di dalam tubuh sehingga memperbaiki kadar lipid (lemak), secara keseluruhan.
  • Polifenol

    Antioksidan ini juga dapat memperbaiki kadar lipid dengan cara meningkatkan enzim Paroxanase yang akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah.
  • Vitamin C

    Jenis vitamin ini juga tergolong sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki profil lipid dengan membentuk cairan empedu melalui pembuangan kolesterol di luar organ hati.
  • Niasin

    Niasin pada dosis besar dapat menghambat transportasi lemak ke hati sehingga akan mengurangi sintesis trigliserida.
Kendati demikian, penelitian yang membuktikan manfaat nanas untuk kolesterol itu tidak menyebut banyaknya nanas yang harus dikonsumsi agar kadar kolesterol bisa turun. Jika Anda ingin menjadikan nanas sebagai alternatif pengobatan dislipidemia (kolesterol tinggi), sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter.Selain itu, perlu diingat bahwa makan nanas saja tidak cukup untuk menjaga kadar kolesterol di dalam darah tetap stabil dalam jangka panjang. Anda pun wajib melakukan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat, seperti:
  • Mengonsumsi makanan yang ramah bagi jantung dan menghindari makanan tinggi lemak jenuh (daging merah dan susu penuh lemak) maupun lemak trans (gorengan dan kue kering) serta memperbanyak makanan berserat, protein, dan omega-3.
  • Berolahraga minimal 30 menit per hari selama 5 hari dalam seminggu, atau senam aerobik intensitas tinggi selama 20 menit per hari sebanyak 3 hari dalam seminggu.
  • Bergerak aktif, seperti memperbanyak jalan kaki, bersepeda, atau melakukan pekerjaan rumah.
  • Berhenti merokok (jika Anda merokok), agar kadar kolesterol baik di dalam tubuh cepat naik.

Manfaat buah nanas lainnya dari kandungan nutrisinya

Buah nanas bisa lindungi tulang dari pengeroposan
Selain menurunkan kadar kolesterol, buah nanas juga memiliki beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan manusia, seperti:

1. Enzim bromealin

Penelitian menunjukkan, enzim bromealin yang terdapat pada daging buah nanas dpaat mengurangi peradangan di dalam tubuh, termasuk pembengkakan di saluran napas. Selain itu, enzim ini juga dapat menyehatkan pencernaan, termasuk mengurangi gejala diare.

2. Mangan

Kandungan mangan yang cukup berlimpah dalam nanas mampu melindungi tulang dari pengeroposan alias osteoporosis. Riset lain memang menunjukkan konsumsi mangan berlebihan dapat mengganggu fungsi kognitif. Namun efek samping ini tidak akan muncul selama Anda tidak minum lebih dari 12 gelas jus nanas dalam sehari.

3. Antioksidan

Selain menghadirkan manfaat buah nanas untuk kolesterol, kandungan antioksidan juga bisa menurunkan risiko Anda terkena beberapa jenis kanker. Pasalnya, antioksidan dapat melawan efek buruk radikal bebas yang membahayakan tubuh.Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang manfaat buah nanas untuk kolesterol, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
diet sehatkolesterolbuah dan sayurannanas
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-pineapple
Diakses pada 10 Oktober 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/8-reasons-eat-pineapple/
Diakses pada 10 Oktober 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/339305048_Observasi_Klinik_Pemberian_Jus_Nanas_Ananas_Comosus_L_Merr_Dalam_Menurunkan_Kadar_Kolesterol
Diakses pada 10 Oktober 2020
Kedokteran Unila. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/JK/article/view/2228/2197
Diakses pada 10 Oktober 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/reduce-cholesterol/art-20045935
Diakses pada 10 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait