logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Termasuk Super Food, Ini Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

open-summary

Manfaat buah naga antara lain bisa menjaga kesehatan tulang dan pencernaan, serta meningkatkan kerja otak. Namun, pencernaan bisa terganggu jika mengonsumsinya secara berlebihan.


close-summary

23 Agt 2022

| Ade Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Manfaat buah naga

Buah enak dan harganya terjangkau

Table of Content

  • Kandungan nutrisi buah naga
  • Apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan?
  • Efek samping buah naga
  • Cara mengonsumsi buah naga
  • Catatan dari SehatQ

Di balik warnanya yang cerah dan rasa segarnya, buah naga adalah sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan. Manfaat buah naga yang bisa dirasakan di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mencegah kanker. Buah unik ini juga merupakan jenis buah yang rendah lemak sehingga baik untuk diet.

Advertisement

Lalu, apalagi manfaat buah naga untuk tubuh manusia? Simak ulasannya berikut ini. 

Kandungan nutrisi buah naga

Manfaat buah naga merah, putih, dan ungu bisa didapatkan karena kandungan vitamin dan mineralnya yang beragam. Dalam 100 gram (7 sendok makan) kandungan buah naga, terkandung sejumlah nutrisi berikut:

  • Kalori: 60
  • Protein: 1,2 g
  • Lemak: 0 g
  • Karbohidrat: 13 g
  • Serat: 3 g
  • Kalsium: 18 mg
  • Zat besi: 0,74 g
  •  

Buah naga memang bukan merupakan buah yang rendah kalori. Namun, salah satu hal yang membuat buah naga menjadi alternatif kudapan sehat adalah tidak adanya kandungan lemak dan kolesterol dalam buah ini. Selain itu, buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yakni 2,5 miligram dalam setiap 100 gram buah naga.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Kulit Buah Naga yang Mencengangkan

Apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan?

Khasiat buah naga untuk kesehatan tubuh, bukanlah fakta baru. Namun, khasiat buah naga secara spesifik belum banyak menjadi perhatian. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapat dengan mengonsumsi buah yang satu ini:

1. Membantu menurunkan risiko infeksi dan penyakit kronis

Buah naga kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun dan membantu menurunkan risiko terkena berbagai jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan arthritis

Antioksidan akan bekerja dengan lebih baik apabila didapatkan secara alami dari makanan dibandingkan dari suplemen atau obat. Sejumlah antioksidan yang ada pada buah ini di antaranya adalah  betalainshydroxycinnamates, dan flavonoid 

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi juga ditentukan dari jenis makanan yang Anda konsumsi. Dikutip dari penelitian, vitamin C, fofor, dan karotenoid yang ada pada buah naga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi, dengan cara melindungi sel darah putih dari kerusakan.

2. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Buah naga juga mengandung serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mempertahankan berat badan ideal. Ditambah lagi, buah naga pun dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus yang berguna untuk kesehatan saluran pencernaan.

Namun, efek samping buah naga untuk asam lambung juga perlu diperhatikan. Penderita asam lambung boleh saja mengonsumsi buah naga, tetapi sebaiknya tidak berlebihan. Pasalnya, buah ini juga mengandung asam yang bisa menjadi masalah untuk penderita maag.

3. Meningkatkan kadar zat besi di tubuh

Manfaat buah naga lainnya adalah menjadi sumber zat besi untuk tubuh. Zat besi diperlukan tubuh untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mencerna makanan untuk dijadikan sumber energi.

4. Sumber magnesium yang baik

Buah naga memiliki kandungan magnesium yang terhitung tinggi. Mengonsumsi satu buah naga berukuran sedang seberat sekitar 100 gram dapat memenuhi 18% kebutuhan magnesium harian untuk tubuh.

Magnesium sendiri dibutuhkantubuh untuk proses biokimia yang berlangsung di tubuh. Selain itu, mineral ini juga disebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Membantu mengontrol gula darah

Kandungan serat yang ada pada buah naga tak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga baik untuk penderita diabetes tipe 2. Serat akan membantu perut merasa kenyang lebih lama sehingga Anda dapat membatasi konsumsi makanan. Selain itu, buah naga juga dinilai efektif menurunkan kadar gula darah.

6. Membantu menjaga kesehatan jantung

Buah naga disebut dapat membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan yang ada di dalam buah naga.

Selain itu, biji buah naga juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh.

7. Membantu mencegah kanker

Buah naga juga dipercaya mencegah kanker karena kandungan vitamin C dan lycopene di dalamnya. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada buah naga juga telah terbukti membantu mengurangi sel-sel kanker yang ada di tubuh.

8. Baik untuk kesehatan kulit

Untuk kesehatan kulit, buah naga bermanfaat mengurangi kerutan dan mengatasi jerawat serta kulit kering. Manfaat tersebut didapatkan dari vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Kandungan antioksidan dalam buah naga juga bisa menangkal paparan radikal bebas berlebih yang sering menjadi penyebab penuaan dini.

9. Mengurangi peradangan di tubuh

Bagi Anda yang menderita nyeri kronis akibat rheumatoid arthritis, mengonsumsi buah naga dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi. Buah ini mengandung zat anti-peradangan yang juga bekerja sebagai pereda nyeri alami. 

Meski begitu, buah naga tidak akan menghilangkan nyeri kronis secara total. Buah ini hanya membantu meredakannya.

10. Baik untuk kesehatan tulang

Manfaat buah naga lainnya untuk kesehatan tulang didapatkan dari kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium telah terbukti penting untuk menjaga tulang agar tetap kuat.

11. Sumber vitamin B yang baik untuk tubuh

Buah naga mengandung vitamin B1, B2, dan B3 yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Selain baik untuk darah tinggi, vitamin B juga baik untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid dan kadar hemoglobin, serta berperan dalam metabolisme karbohidrat.

12. Membantu menjaga kesehatan rambut

Mengonsumsi buah naga dapat membantu menjaga rambut agar tetap sehat dan berkilau. Kandungan nutrisi di dalam buah naga juga akan membantu mengurangi kerusakan rambut yang timbul akibat bahan kimia dari pewarna rambut.

13. Membantu mencegah penyakit mata

Buah naga disebut dapat mencegah pertumbuhan protein sitokrom P450 di hati. Protein ini sering dihubungkan dengan terjadinya glaukoma kongenital. Selain itu, kandungan beta karoten pada buah naga juga dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya degenerasi makula, yaitu gangguan medis pada mata yang biasa menyerang lansia, dan katarak.

14. Baik untuk ibu hamil

Buah naga juga baik untuk ibu hamil karena mengandung zat besi, vitamin B, dan folat. Pada ibu hamil, zat besi dapat membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke janin dan mencegah anemia. Sementara itu, vitamin B dan folat dapat mencegah bayi cacat saat lahir dan meningkatkan energi.

15. Meningkatkan kerja otak

Buah naga ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kerja otak. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin B dan vitamin C dalam buah naga.

Kedua vitamin tersebut dipercaya dapat membantu sel membran tetap sehat. Aktivitas vitamin tersebut di tubuh juga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kognitif dan menjaga fungsi otak agar tetap sehat.

Baca juga: Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil Apa Saja?

Efek samping buah naga

Meskipun bermanfaat, Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsi buah yang satu ini. Secara umum, buah naga memang aman untuk dikonsumsi. Namun, ada sejumlah efek samping lainnya yang bisa ditimbulkan jika mengonsumsi buah naga secara berlebihan adalah:

1. Gangguan pencernaan

Jika dikonsumsi berlebihan, buah naga ternyata dapat berbahaya untuk organ pencernaan. Kandungan buah naga membuat nutrisi lain yang Anda konsumsi tidak dapat terserap dengan baik saat melewati usus.

Pada ibu menyusui, efek samping buah naga bila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan, seperti perut bergas atau perut kembung. Tak hanya pada ibu, kondisi ini dapat dialami pula oleh bayi Anda.

2. Kelebihan antioksidan

Bahaya buah naga apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak adalah dapat merusak sel-sel tubuh yang sehat. Buah ini mengandung tinggi antioksidan seperti vitamin C, fitonutrien, polifenol, dan karotenoid yang dapat melemahkan sel dalam tubuh.

3. Meningkatkan risiko hipoglikemia

Bahaya buah naga jika dikonsumsi berlebihan lainnya adalah dapat menyebabkan penurunan penyerapan gula dalam darah. Jika diteruskan, hal ini akan meningkatkan risiko hipoglikemia atau rendahnya kadar gula darah dalam tubuh.

4. Meningkatkan risiko hipotensi

Kandungan kalium pada buah naga yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menurunkan tekanan darah hingga di bawah batas normal atau hipotensi.

5. Interaksi dengan obat hipertensi

Penderita hipertensi yang mengonsumsi buah naga bersamaan dengan obat darah tinggi juga tidak disarankan. Obat hipertensi dari dokter yang dikonsumsi berbarengan dengan makan buah naga dapat mengganggu efektivitas kerja obat.

6. Memicu alergi

Pada sejumlah orang, buah ini bisa menimbulkan alergi. Seseorang yang mengalami alergi buah naga dapat merasakanl gejala, seperti pembengkakan di lidah, bentol-bentol, hingga muntah-muntah. 

Baca juga: Masker Buah-buahan yang Baik untuk Kesehatan Kulit Wajah

Cara mengonsumsi buah naga

Bentuk buah naga kadang mengintimidasi mereka yang baru pertama kali melihatnya. Namun, hal tersebut hanya tampak dari luar saja. Anda akan mendapatkan daging buah dengan warna segar di bagian dalamnya. Pilih buah yang memiliki kulit berwarna cerah dan sudah sedikit empuk saat ditekan.

Untuk mengonsumsinya, Anda cukup memotong kulitnya menjadi dua untuk melihat bentuk daging buahnya. Lalu, cukup potong daging buah naga dengan ukuran sesuai selera.

Anda bisa mengonsumsinya secara langsung. Bisa juga mencampurkan ke dalam salad buah dengan tambahan yoghurt sebagai dressing-nya. Buah naga pun bisa dijadikan jus dengan campuran lemon.

Baca juga: Resep Rujak Buah yang Segar yang Wajib Kamu Coba

Catatan dari SehatQ

Konsumsi buah naga secara rutin dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan gizi buah naga yang tinggi, seperti vitamin dan mineral. Anda bisa memperoleh manfaat tersebut dengan memasukkannya ke dalam menu harian. Selain lezat, buah naga pun praktis untuk dikonsumsi. Anda bisa langsung menyantapnya, atau mengolahnya menjadi beragam menu, seperti menjadi puding hingga jus. Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

makanan sehatmakanan dietbuah dan sayuran

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved