logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Hidup Sehat

15 Manfaat Buah Murbei yang Melimpah bagi Kesehatan

open-summary

Manfaat buah murbei adalah untuk menjaga kekebalan tubuh, mempertajam penglihatan, menjaga kesehatan pencernaan hingga mencegah munculnya tanda penuaan di kulit. Buah murbei mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.


close-summary

Ditinjau secara medis oleh dr. Reni Utari

2 Jan 2023

Manfaat buah murbei salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah murbei salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh

Table of Content

  • Kandungan buah murbei
  • Manfaat murbei untuk kesehatan
  • Catatan dari SehatQ

Pernah makan buah murbei? Buah ini memiliki rasa yang manis yang mirip kismis, tapi disertai sensasi segar dengan tekstur yang sangat mirip dengan buah blackberry. Tak banyak tahu, selain rasanya yang enak, manfaat buah murbei untuk kesehatan juga tak kalah menarik untuk didapat. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang manfaat buah murbei, ada baiknya kalau kamu mengintip dulu berbagai kandungan baik di dalamnya.

Advertisement

Kandungan buah murbei

Dalam 100 gram buah murbei mengandung berbagai nutrisi, seperti:

  • Air: 87,7 gram
  • Protein: 1,44 gram
  • Karbohidrat: 9,8 gram
  • Serat: 1,7 gram
  • Gula: 8,1 gram
  • Kalsium: 39 mg
  • Zat besi: 1,85 mg
  • Magnesium: 18 mg
  • Fosfor: 38 mg
  • Kalium: 194 mg
  • Vitamin C: 36,4 gram
  • Vitamin A: 1 mcg
  • Folat: 6 mcg
  • Kolin: 12,3 mg
  • Beta-karoten: 9 mcg
  • Lutein dan zeaxanthin: 136 mcg

Manfaat murbei untuk kesehatan

Buah murbei kaya akan nutrisi penting, seperti zat besi, vitamin C, vitamin K, kalium, dan kalsium. Berikut ini adalah manfaat murbei bagi kesehatan yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Mempertajam penglihatan

Manfaat buah murbei menyehatkan mata
Manfaat buah murbei menyehatkan mata

Manfaat murbei dapat membantu mempertajam penglihatan didapatkan dari kandungan vitamin A di dalamnya. Seperti yang diketahui, vitamin A merupakan gizi penting untuk meningkatkan penglihatan dan meredakan ketegangan mata.

Selain itu, vitamin A dan lutein serta zeaxanthin juga dapat melindungi mata dari radikal bebas yang umumnya menjadi penyebab penurunan penglihatan dan degenerasi retina.

2. Memperlancar sirkulasi darah

Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah murbei secara signifikan dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga distribusi oksigen ke jaringan dan sistem organ menjadi semakin lancar. Dengan terjaminnya proses distribusi oksigen ini, organ-organ tubuh dapat berfungsi dengan optimal. 

Tak heran, murbei juga didapuk sebagai buah penambah darah yang baik dikonsumsi oleh orang yang mengalami anemia atau kurang darah.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah murbei mengandung vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, manfaat murbei juga termasuk membantu melawan infeksi virus atau bakteri di tubuh. 

Vitamin tersebut tidak disimpan atau diproduksi dalam tubuh, sehingga kamu perlu mendapatkannya dari makanan sehari-hari, seperti dari buah murbei. 

Secangkir buah murbei dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Seperti buah dan sayuran lainnya, buah murbei juga mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi tubuh. 

Serat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melunakkan tinja dan mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. 

Konsumsi kandungan murbei yang kaya serat dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti sembelit, kembung, dan kram perut.

5. Memiliki sifat antipenuaan

Manfaat buah murbei bisa menyehatkan kulit
Manfaat buah murbei bisa menyehatkan kulit

Kandungan antioksidan yang ada pada murbei membuat buah ini memiliki kemampuan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan, sehingga menjaga kulit kamu bebas dari kerutan. 

Antioksidan dalam buah murbei, seperti beta-karoten, mampu menetralkan radikal bebas yang merusak kulit. Tidak hanya itu, buah murbei juga menyediakan vitamin A, C dan E. Ketiga vitamin ini membawa manfaat murbei berupa meminimalisir keriput di wajah.

6. Merawat kulit kering dan sensitif

Kekurangan vitamin A dan E bisa menyebabkan gangguan kulit, termasuk kulit kering. Di sisi lain, buah murbei kaya akan kedua vitamin tersebut, sehingga jika kamu mengonsumsinya, maka bukan tidak mungkin kulit akan menjadi lebih halus dan sehat.

Faktanya, buah murbei bisa membantu melembapkan kulit dari dalam. Ekstrak akar buah murbei juga dapat meredakan iritasi kulit.

7. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah murbei bermanfaat untuk kesehatan jantung kamu. 

Kandungan buah ini dapat mengurangi lemak berlebih dan menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mencegah penyumbatan dalam aliran darah. Jadi, risiko serangan jantung dan stroke dapat diminimalisir.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Buah Namnam untuk Kesehatan Tubuh

8. Memperbaiki kondisi rambut

Manfaat buah murbei selanjutnya adalah untuk memperbaiki kondisi rambut. Menurut penelitian terbitan Food Research International, buah murbei dikenal dapat membantu produksi melanin pada rambut. Hal ini memungkinkan kamu mempertahankan warna alami rambut.

Kamu bahkan dapat mengoleskan buah murbei yang telah dihaluskan ke rambut untuk mempercepat pertumbuhannya.

9. Sebagai sumber makanan yang sehat

Buah murbei adalah sumber protein, vitamin C, vitamin K, serat, dan zat besi.

Kandungan inilah yang menjadikan buah murbei direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. 

Kamu bisa menikmati buah murbei sebagai camilan atau menambahkannya ke dalam makanan favorit kamu, seperti smoothies atau oatmeal.

Jika kamu hidup di iklim yang hangat dan cukup beruntung memiliki pohon murbei di halaman rumah, kamu dapat menikmati buahnya secara langsung dari pohon.

Daun buah murbei bahkan juga mengandung protein, serat, dan nutrisi, lho.

10. Menguatkan tulang

Manfaat buah murbei membuat tulang sehat
Manfaat buah murbei membuat tulang sehat

Buah murbei mengandung magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, dan vitamin K yang bermanfaat untuk membangun jaringan tulang.

Tidak hanya itu, konsumsi buah murbei juga dapat mempercepat proses penyembuhan tulang, mempertahankan tulang yang kuat, dan mencegah kerusakan karena degradasi tulang sehingga kamu bisa terhindar dari gangguan tulang dan osteoporosis.

11. Mengontrol kadar gula darah

Buah murbei mengandung senyawa 1-deoxynojirimycin (DNJ), yang berfungsi menghambat enzim di usus yang berfungsi memecah karbohidrat.

Ini bermanfaat untuk mencegah lonjakan kadar gula dalam darah dengan cepat yang dapat berbahaya bagi penderita diabetes tipe 2.

Mengonsumsi murbei dapat bermanfaat melawan diabetes dan mengontrol kadar gula darah setelah makan. Meskipun demikian, masih diperlukan studi pada manusia untuk dapat membuat kesimpulan yang tegas mengenai hal ini.

12. Mencegah stres oksidatif penyebab kanker

Pengobatan tradisional China telah lama menggunakan murbei sebagai bagian dari obat untuk melawan kanker. Meski begitu, hingga saat ini manfaat buah murbei untuk kanker masih perlu lebih banyak diteliti secara ilmiah.

Kemampuan buah murbei dalam melawan kanker kemungkinan berasal dari kandungan antioksidan tinggi yang dimilikinya. Antioksidan bisa mencegah stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan yang meningkatkan risiko penyakit kanker.

13. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan senyawa pada murbei berpotensi untuk mengurangi kelebihan lemak jahat, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan rasio antara kolesterol LDL dan HDL. Selain itu, murbei mampu mengurangi pembentukan lemak di hati sehingga dapat membantu mencegah penyakit perlemakan hati.

14. Menjaga kesehatan kognitif

Pada buah murbei terdapat kandungan flavonoid tingkat tinggi yang diperkirakan memiliki manfaat besar untuk menjaga kesehatan otak jangka panjang.

Ini dapat mencegah kemungkinan penurunan fungsi kognitif yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit gangguan kognitif seperti misalnya demensia saat sudah berusia lanjut.

15. Membantu mengatur tekanan darah

Buah murbei mengandung resveratrol, yakni salah satu zat flavonoid yang dapat membuat pembuluh darah tidak rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh angiotensin (hormon yang mengatur tekanan darah dengan menyempitkan pembuluh darah). Dengan begitu, risiko kamu mengalami penyempitan pembuluh darah pun bisa berkurang.

Manfaat lain dari resveratrol adalah meningkatkan produksi oksida nitrat. Ini adalah vasodilator atau zat yang dapat melemaskan pembuluh darah serta dapat mengurangi kemungkinan pembentukan bekuan darah.

Pada akhirnya, kondisi ini dapat menjauhkan dari masalah jantung tingkat lanjut termasuk stroke atau serangan jantung.

Baca Juga

  • 4 Manfaat Tomat untuk Diet dan Cara Terbaik Mengonsumsinya
  • Jangan Khawatir, 6 Bahan Ini Bisa Diolah Menjadi Pengganti Heavy Cream
  • 8 Manfaat Akar, Daun Bunga Dandelion dan Efek Sampingnya

Catatan dari SehatQ

Itulah beberapa manfaat murbei yang bisa kamu dapatkan. Untuk menikmati buah ini, kamu bisa mencarinya di berbagai toko daring. 

Tidak hanya buahnya, kamu juga bisa membeli bibit pohon buah murbei untuk ditanam sendiri di rumah.

Bila kamu ingin mengetahui lebih lanjut terkait manfaat murbei ataupun manfaat makan buah lebih lanjut, kamu bisa konsultasi ke dokter gizi atau ahli gizi terdekat atau chat gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQUnduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

makanan sehatbuah dan sayuran

Ditulis oleh Adhenda Madarina

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved