Ini Manfaat Buah Melon yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Manfaat buah melon dapat dirasakan oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Namun, ada kondisi tertentu yang harus diperhatikan oleh ibu hamil sebelum mengonsumsi melon.

0,0
24 Sep 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat melon dapat dirasakan oleh siapa saja, termasuk ibu hamilMelon punya banyak manfaat, termasuk untuk ibu hamil
Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran sangat disarankan bagi Anda yang ingin menjalani pola hidup sehat, termasuk bagi ibu hamil dan menyusui. Salah satu buah yang mudah didapat dan sangat kaya akan nutrisi adalah melon. Apa saja manfaat melon untuk kesehatan?Buah melon tergolong tanaman Cucurbitaceae yang masih satu keluarga dengan semangka. Melon juga memiliki banyak jenis, misalnya honeydew, cantaloupe, muskmelons, melon mush, melon batu, melon Persia, dan lain-lain. Namun, semuanya mengandung manfaat yang baik bagi tubuh.

Apa saja manfaat buah melon?

Buah melon kaya akan air sehingga dapat menuntaskan dahaga Anda. Selain itu, rasa buah melon yang manis juga menyegarkan sekaligus bebas lemak sehingga tidak akan membuat Anda kegemukan.Buah melon bisa dimakan begitu saja atau diolah menjadi jus. Manfaat jus melon maupun buah melon secara keseluruhan tidak berbeda, asalkan tidak ditambah pemanis tambahan. Berikut beberapa manfaat buat melon yang bisa Anda rasakan:

1. Menormalkan tekanan darah

Secara umum, banyak makan buah dan sayur memang menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Khusus jika Anda rutin mengonsumsi melon, kandungan potasium di dalamnya akan membantu menjaga tekanan darah normal dan membantu menurunkan teknanan darah.

2. Menyehatkan tulang

Melon mengandung folat, vitamin K, dan magnesium yang terbukti mampu menguatkan tulang. Folat, misalnya, dapat menghancurkan enzim homosistein yang dapat mengurangi kepadatan tulang jika terkandung terlalu banyak di dalam tubuh.Sementara vitamin K pada melon dapat meningkatkan produksi protein dalam tulang yang disebut osteokalsin. Melon juga mengandung nutrisi lain yang juga dibutuhkan oleh tulang, seperti kalsium, fosfor, dan zinc, tapi jumlahnya sangat kecil.

3. Menormalkan kadar gula darah

Konsumsi melon secara rutin terbukti mampu menjaga kadar gula darah tetap normal. Bahkan, Anda memiliki peluang terhindar dari diabetes 12 persen lebih besar dibanding orang yang jarang makan buah melon.Memang, karbohidrat dalam melon dapat meningkatkan kadar gula darah sementara. Namun kandungan serat dan nutrisi lain di dalam buah melon mampu menjaga kadar gula darah Anda tetap normal dalam jangka panjang.

4. Mengandung elektrolit

Buah melon terdiri atas 90% air dan sisanya elektrolit, seperti potassium, magnesium, sodium, dan kalsium. Hal ini membuat melon cocok dikonsumsi seusai berolahraga atau ketika Anda berada dalam masa penyembuhan karena melon mampu membuat Anda terhidrasi dalam jangka waktu yang lama.

5. Menyehatkan kulit

Manfaat buah lemon lainnya berhubungan dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya, yakni menyehatkan kulit. Vitamin C dapat mendorong produksi kolagen yang berperan dalam regenerasi kulit. Konsumsi 177 gram melon per hari diklaim bisa memenuhi 53 persen kebutuhan vitamin C harian Anda.

6. Meningkatkan sistem imun

Selain menyehatkan kulit, manfaat melon lainnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, karena tinggi vitamin C. Bahkan, terdapat penelitian yang mengatakan konsumsi melon secara rutin dapat memperkecil risiko Anda terkena penyakit pernapasan, seperti pneumonia dan pilek.Melon juga kaya akan vitamin C, yang dapat memperkuat sel imun tubuh yang melindungi jaringan dari kerusakan saat melawan kuman. 

7. Memperlancar pencernaan

Serat yang terdapat pada melon membantu saluran pencernaan agar bekerja lebih efektif dan merangsang pertumbuhan bakteri baik pada saluran cerna. Namun dibanding jenis buah lainnya, jumlah serat pada melon tergolong kecil, yakni hanya mencukupi 5% dari kebutuhan harian.

8. Menjaga kesehatan mata

Melon mengandung dua antioksidan yang kuat, yakni lutein dan zeaxanthin yang membuat mata lebih sehat dan mencegah mata rabun pada usia dini. Manfaat melon yang satu ini terutama bisa Anda dapatkan pada melon jenis honeydew yang banyak beredar di Indonesia.

9. Menyehatkan rambut

Manfaat melon selanjutnya ialah menyehatkan rambut. Sebab, kandungan vitamin A yang dikandung melon berkontribusi pada perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh di seluruh tubuh, termasuk rambut.Selain itu, vitamin C yang dikandung melon juga dapat memberikan struktur pada rambut. Bahkan, sebuah studi mengungkapkan bahwa kandungan nutrisi melon dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mencegahnya rontok. Berbagai kandungan nutrisi itu meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B, folat, zat besi, selenium, hingga zinc.

10. Memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan

Manfaat buah melon untuk kesehatan di atas juga berlaku bagi ibu hamil. Manfaat buah melon untuk ibu hamil berhubungan dengan kandungan asam folat yang terdapat pada buah ini.Vitamin B yang berbentuk folat, atau dalam bentuk sintetis dikenal sebagai asam folat, merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Konsumsi folat di awal masa kehamilan untuk mencegah terjadinya cacat bawaan lahir pada bayi, seperti kelainan tabung saraf, kelainan otak, dan kelainan tulang belakang.Meski demikian, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi melon yang sudah dipotong sebelum dibeli. Melon potongan dikhawatirkan mengandung bakteri yang dapat merugikan kesehatan janin.  Hindari juga konsumsi jus buah yang tidak diolah sendiri dengan alasan yang sama.

11. Membuat tidur lebih nyenyak

Melon mengandung vitamin B6 yang dapat merangsang pembentukan serotonin. Serotonin adalah zat kimia otak yang salah satu fungsinya adalah menstabilkan suasana hati, menimbulkan rasa bahagia, dan tidur lebih nyenyak. Vitamin B6 juga merangsang produksi melatonin, hormon yang membuat mengantuk pada malam hari. Baca juga: Buah Kiwano, Melon Bertanduk yang Menyimpan Manfaat untuk Tubuh

Bahaya buah melon jika dikonsumsi berlebihan

Meskipun tinggi nutrisi dan manfaat melon untuk kesehatan sangat banyak, buah melon tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Pada kondisi kesehatan tertentu, mengonsumsi buah melon secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan kesehatan, seperti:

1. Gangguan pencernaan

Mengonsumsi melon secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan pencernaan karena fungsinya pada sistem cerna dapat terganggu jika dikonsumsi dengan jenis makanan lain.Untuk itu, disarankan untuk mengonsumsi semua jenis melon, baik melon hijau atau melon jingga, tanpa dicampurkan dengan buah atau makanan lainnya guna menghindari bahaya buah melon pada sistem cerna yang mungkin terjadi.

2. Diare

Sejumlah ahli menyebutkan jika mengonsumsi buah melon berlebihan bisa meningkatkan risiko diare. Ini karena melon mengandung sorbitol, atau senyawa gula, yang jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan perut kembung dan diare.

3. Mengganggu metabolisme

Melon adalah salah satu buah tinggi gula, yakni dalam satu buah bisa mengandung 9 gram gula. Kandungan gulanya yang tinggi, jika dikonsumsi berlebihan dapat mengganggu metabolisme tubuh.

4. Mengganggu kadar gula darah

Indeks glikemik buah melon tergolong tinggi, sehingga kurang baik untuk penderita diabetes. Oleh sebab itu, orang-orang dengan kondisi medis tersebut disarankan untuk tidak mengonsumsi melon berlebihan, untuk menghindari peningkatan kadar gula dalam darah.

5. Meningkatkan risiko kerusakan ginjal

Buah melon juga mengandung tinggi kalium. Jika dikonsumsi berlebihan, kadar kalium dalam tubuh akan meningkat dan dapat menyebabkan risiko kerusakan ginjal.

Catatan dari SehatQ

Manfaat buah melon amat beragam, termasuk untuk kendalikan tekanan darah hingga sehatkan kulit. Ibu hamil juga bisa mencicipi manisnya buah melon di atas. Namun, ibu hamil disarankan membeli melon yang sudah dipotong serta jus yang tidak diolah sendiri.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatbuah dan sayuranmelon
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/folate-foods/?slide=slide_c4013531-2ebb-4b22-8cfe-c28c2472bdfe
Diakses pada 24 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/honeydew
Diakses pada 24 September 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/279176.php
Diakses pada 24 September 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757.php
Diakses pada 24 September 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait