7 Manfaat Buah Lontar yang Sayang Jika Dilewatkan

Manfaat buah lontar tak lepas dari berbagai kandungan nutrisinya.
Manfaat buah lontar tidak hanya berdampak pada kulit, tapi juga hati.

Manfaat buah lontar ternyata "multifungsi". Banyak keuntungan yang bisa dirasakan anggota tubuh kita; mulai dari kulit hingga hati. Memang buah ini sering terabaikan, karena dijual di pinggir jalan. Namun ternyata, manfaat buah lontar sangat dibutuhkan.

Manfaat buah lontar yang "multifungsi"

Bagi Anda yang belum pernah mencicipi atau bahkan mendengar buah ini, ketahuilah bahwa lontar adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara. Sebelum melahapnya, kulit buah lontar harus dikupas. Di dalamnya ada daging buah yang berbentuk seperti kolang-kaling, dan berisikan air.

Sebelum mencoba kelezatan buah lontar untuk pertama kalinya, kenali dulu manfaat buah lontar ini!

1. Menyehatkan kulit

Buah lontar sangat baik untuk menjaga kulit dari kekeringan akibat sinar matahari. Lapisan tipis dari jeli buah lontar dapat dioleskan ke kulit. Selanjutnya, efek menenangkan akan muncul dan rasa gatal akibat biang keringat langsung hilang.

Buah lontar juga dipercaya mampu mengobati gejala cacar air dan mempercepat proses penyembuhannya.

2. Menjaga kulit wajah dari peradangan

Peradangan kulit yang menimbulkan kemerahan akibat cuaca panas, ternyata bisa diobati dengan masker buah lontar. Masker buah lontar dianggap efektif untuk menjaga kulit dari peradangan.

Selain itu, masker buah lontar diklaim bisa mencegah biang keringat, bisul, dan kemerahan pada wajah.

3. Mengandung fosfor dalam kadar tinggi

buah lontar
Buah lontar saat belum dikupas

Buah lontar mengandung fosfor, zat mineral terbanyak kedua di dalam tubuh manusia , setelah kalsium. Fosfor adalah zat mineral yang membantu tubuh dalam:

Hati-hati, rendahnya fosfor dalam tubuh bisa menyebabkan nyeri tulang dan sendi, penurunan nafsu makan, mudah cemas, cepat lelah, hingga buruknya perkembangan tulang pada bayi.

4. Mengatasi masalah lambung

Terkadang, munculnya rasa sensasi terbakar di lambung saat cuaca panas menyerang, sulit dihindari. Maka dari itu, mengonsumsi buah lontar yang bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Buah lontar juga bisa memberikan “isi ulang” zat mineral dan nutrisi yang hilang dari tubuh.

Selain itu, buah lontar pun mampu meredakan masalah pencernaan serta penyakit perut lainnya. Tak heran kalau buah lontar dianggap sebagai pencahar.

5. Menjadi “solusi rumahan” untuk banyak gangguan medis

Buah lontar mengandung senyawa antiradang dan dilengkapi banyak antioksidan. Itulah sebabnya buah lontar sering digunakan sebagai obat untuk peradangan kulit, maupun mual dan muntah-muntah.

Lebih dari itu, buah lontar ternyata bersifat ekspektoran (yang bisa mengeluarkan lendir di tenggorokan).

6. Mencegah diabetes

Buah lontar tidak mengandung banyak gula, rasanya juga tidak terlalu manis, tapi tetap menyegarkan. Itulah sebabnya, buah yang juga disebut “siwalan” ini memiliki indeks glikemik rendah, dan bisa mencegah diabetes. Kadar gula darah juga tidak akan melonjak setelah mengonsumsinya.

Walau begitu, penderita diabetes tetap tidak dianjurkan mengonsumsi buah lontar terlalu banyak.

7. Menggantikan pemanis buatan

Buah lontar, terutama jeli yang ada di dalamnya, sering dijadikan sebagai pengganti pemanis buatan. Buah lontar mengandung 76,86% sukrosa dan 1,66% glukosa. Maka dari itu, buah lontar dipercaya bisa mencegah obesitas dan diabetes.

Kandungan nutrisi buah lontar

Buah lontar
Buah lontar mengandung banyak nutrisi

Dilengkapi dengan berbagai zat mineral dan vitamin, buah lontar menjadi salah satu buah yang menyehatkan untuk dimakan. Ini kandungan nutrisi di dalamnya.

  • Air: 77 gram
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 21 gram
  • Kalsium: 9 miligram
  • Fosfor: 33 miligram
  • Vitamin B1: 0,04 miligram
  • Vitamin B2: 0,02 miligram
  • Vitamin B3: 0.3 miligram
  • Vitamin C: 5 miligram

Setelah mengenal kandungan nutrisi buah lontar, kini saatnya Anda mencoba buah-buahan yang sangat menyegarkan di kala panas ini.

Buah lontar bisa dikonsumsi dengan cara ini

Biasanya, bagian buah lontar yang sering dimakan adalah jeli di dalamnya. Ada jeli yang berisikan air, rasanya juga tidak terlalu manis.

Anda bisa memotong jeli buah lontar kecil-kecil, lalu mencampurkannya dengan madu ataupun susu. Resep ini sangat ampuh untuk menyegarkan tenggorokan saat cuaca panas menyerang.

Anda juga bisa langsung mengonsumsi jeli di dalam buah lontar itu. Apalagi kalau mengonsumsinya dalam keadaan dingin, pasti rasanya sangat menyegarkan!

Med In India. https://www.medindia.net/patients/lifestyleandwellness/top-4-health-benefits-of-palmyra-fruit.htm
Diakses pada 6 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/phosphorus-in-diet
Diakses pada 6 Maret 2020

Health Benefits Times. https://www.healthbenefitstimes.com/palmyra-fruit/
Diakses pada 6 Maret 2020

FAO. http://www.fao.org/ag/aga/agap/frg/econf95/HTML/TODDY.HTM
Diakses pada 6 Maret 2020

Artikel Terkait