Manfaat Buah Kiwi untuk Tingkatkan Sistem Imun Hingga Lindungi Penglihatan

Manfaat buah kiwi luar biasa, dari menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga melindungi mata
Buah kiwi bisa disantap langsung atau dijadikan smoothies

Ukuran buah kiwi memang termasuk kecil, tetapi kandungan nutrisinya banyak. Manfaat buah kiwi bagi kesehatan juga cukup beragam. Bahkan di China yang menjadi negara asalnya, buah kiwi dikonsumsi untuk tujuan pengobatan.

Dikenal juga sebagai Chinese gooseberry, buah kiwi baru menyebar dari Cina ke Selandia Baru dan mulai dibudidayakan di sana. Nama kiwi muncul karena bentuk buah ini kecil dengan kulit berwarna cokelat kasar dan berbulu, mirip dengan burung kiwi yang menjadi fauna khas Selandia Baru. 

Kandungan nutrisi buah kiwi

Satu buah kiwi dengan berat sekitar 70 gram mengandung berbagai nutrisi di bawah ini:

  • Kalori: 42.
  • Potasium: 215 miligram.
  • Serat: 1 gram.
  • Protein: 8 gram.
  • Kalsium: 23 miligram.
  • Vitamin C: 64 miligram.
  • Gula: 2 gram.
  • Vitamin E: 1 miligram.
  • Vitamin K: 8 mikrogram.
  • Magnesium: 7 miligram.
  • Vitamin A: 60 international units (IU).
  • Folat: 17 mikrogram.

Kandungan nutrisinya yang kaya inilah yang membuat buah kiwi mampu memberikan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat buah kiwi bagi kesehatan

Buah kiwi termasuk buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya berkat kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalamnya.

Berikut ini beberapa manfaat buah kiwi yang bisa Anda petik ketika mengonsumsinya:

   1. Membantu dalam mengatasi asma

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam buah kiwi diyakini bisa membantu dalam mengatasi penyakit asma. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa fungsi paru-paru akan membaik jika penderita gangguan pernapasan mengonsumsi buah-buahan segar tiap hari.

Buah kiwi segar dianggap bisa membantu Anda dalam mengurangi gejala mengi akibat penyempitan saluran napas pada penderita asma. 

   2. Memperlancar pencernaan

Buah kiwi juga mengandung serat. Ini berarti, buah berdaging kehijauan ini pasti bermanfaat dalam melancarkan pencernaan.

Selain itu, buah kiwi juga mengandung enzim proteolitik yang disebut actinidin. Enzim ini berfungsi membantu dalam memecah protein.

Hasil suatu riset menemukan bahwa konsumsi buah kiwi bisa membantu dalam meningkatkan proses pencernaan dari berbagai protein. 

   3. Meningkatkan kemampuan sistem imunitas tubuh

Manfaat buah kiwi ini berasal dari kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Mengonsumsi satu buah kiwi saja sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda. 

Vitamin C sangat penting dalam membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Selain mendukung fungsi kekebalan tubuh, konsumsi buah kiwi juga sangat membantu dalam pencegahan penyakit flu dan batuk-pilek, terutama pada kelompok lansia dan anak-anak. 

   4. Mengurangi stres oksidatif

Stres oksidatif akan menyebabkan kerusakan pada DNA, yang kemudian berimbas pada kondisi kesehatan. Buah kiwi mengandung banyak antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas yang memicu kerusakan sel-sel tubuh dan mengurangi stres oksidatif. 

Kerusakan DNA akibat stres oksidatif bisa meningkatkan risiko kanker usus besar. Jadi, mengonsumsi buah kiwi secara rutin juga dikatakan mampu menurunkkan risiko terkena kanker. 

   5. Membantu dalam mengontrol tekanan darah

Sebuah penelitian menyatakan bahwa senyawa bioaktif yang didapat dari mengonsumsi tiga buah kiwi per hari, bisa menurunkan tekanan darah. Dalam jangka panjang, hal ini tentu bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena stroke atau serangan jantung yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi (hipertensi). 

   6. Mengurangi risiko penggumpalan darah

Di samping membantu dalam menurunkan tekanan darah, manfaat buah kiwi yang masih terkait dengan darah adalah mengurangi risiko penggumpalan darah.

Riset tertentu yang dilakukan di Oslo menemukan bahwa mengonsumsi dua sampai tiga buah kiwi setiap hari bisa mengurangi potensi penggumpalan darah secara signifikan. Mengagumkan, bukan?

   7. Menjaga kesehatan jantung

Efek lain dari konsumsi buah kiwi adalah menurunnya kadar lemak dalam darah. Menurut para peneliti, efek ini serupa dengan penggunaan aspirin untuk menjaga kondisi kesehatan jantung

   8. Melindungi kemampuan penglihatan

Salah satu penyakit mata yang mengakibatkan kebutaan adalah degenerasi makula (kelainan penglihatan akibat gangguan pada retina). Dari hasil sebuah riset, para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi tiga porsi sajian buah kiwi setiap hari bisa mengurangi risiko degenerasi makula hingga 36 persen.

Manfaat buah kiwi tersebut didapatkan berkat kandungan zeaxanthin dan lutein yang banyak terdapat di dalam buah dengan kulit berbulu ini. 

Untuk memperoleh kebaikan dari buah kiwi di atas, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan smoothie. Namun jangan memasak atau memanaskan buah ini. Pasalnya, cara pengolahan ini akan menghilangkan kandungan vitamin C dan mengurangi manfaat buah kiwi. 

Agar mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari buah ini, mengonsumsi satu hingga tiga buah kiwi per hari dianggap sudah cukup.

Meski demikian, penderita alergi perlu berhati-hati. Buah kiwi juga bisa menimbulkan reaksi alergi dengan gejala tenggorokan gatal, lidah membengkak, dan biduran. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan Anda alergi terhadap buah kiwi atau tidak

Everyday health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/what-kiwi-nutrition-health-benefits-risks-recipes/
Diakses pada 11 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/7-best-things-about-kiwi
Diakses pada 11 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed