Berbagai Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil yang Baik Bagi Janin


Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil sangatlah baik untuk kesehatan calon ibu dan janin yang dikandungnya. Sebab, buah kiwi mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

(0)
28 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil yang tak boleh dilewati.Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil lebih dari sekadar menyehatkan janin.
Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil sangatlah luar biasa. Selain menyehatkan para calon ibu, buah kiwi juga baik untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan.Tentu saja, manfaat buah kiwi ini datang dari berbagai kandungan nutrisinya. Namun ingat, ada beberapa efek samping yang perlu diwaspadai oleh bumil saat mengonsumsinya.

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Buah kiwi adalah salah satu buah yang bagus dikonsumsi selama masa kehamilan. Manfaat buah kiwi datang dari berbagai kandungan nutrisinya, seperti tinggi kandungan antioksidan, vitamin C, A, E, K, folat, kalium, zat besi, fosfor, hingga magnesium.Berikut manfaat buah kiwi untuk ibu hamil lengkap dengan penjelasan nutrisinya:

1. Mengandung folat

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin B9 atau asam folat yang penting selama kehamilan. Dikutip dari Pusat Data Makanan US, satu buah kiwi rata-rata mengandung 17 mcg kandungan asam folat.Folat dibutuhkan untuk perkembangan kognitif janin di dalam rahim. Selain itu, folat juga membantu perkembangan sistem saraf dan mencegah cacat saraf pada bayi saat dilahirkan.Tidak hanya itu, manfaat buah kiwi yang datang dari vitamin B9 ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh dan janin dengan mencegah spina bifida hingga kondisi cacat lahir, yang disebabkan karena sumsum tulang belakang bayi belum berkembang sepenuhnya.Mengonsumsi buah kiwi di fase awal kehamilan juga dipercaya bisa mencegah keguguran.

2. Mengandung vitamin C

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil selanjutnya datang dari kandungan vitamin C-nya. Vitamin C sangatlah penting untuk pembentukan neurotransmitter, sehingga fungsi otak janin akan terjaga. Selain itu, buah kiwi juga bisa mencegah ibu hamil dari radikal bebas yang mengerikan.

3. Rendah gula

Makan kiwi saat hamil juga aman karena rendah gula. Kandungan gula alami yang dimiliki buah kiwi bisa membantu ibu hamil untuk memenuhi nafsu “ngidam” makanan manis. Indeks glikemik rendah buah kiwi juga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah di dalam tubuh.Hebatnya lagi, buah kiwi untuk ibu hamil juga bisa menjaga kestabilan kadar gula darah, sehingga penyakit diabetes gestasional bisa dicegah.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Buah kiwi
Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil
Sembelit adalah gejala kehamilan yang akan “ditemui” oleh banyaknya ibu hamil. Untuk mencegahnya, tentu serat sangat dibutuhkan. Itulah sebabnya, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah kiwi yang mengandung serat tinggi.Selain sembelit, kandungan serat dalam buah kiwi juga bisa mencegah sakit perut, gastritis, mual, hingga perut kembung.

5. Mencegah anemia

Ibu hamil seringkali mengidap anemia. Itulah sebabnya, manfaat buah kiwi untuk ibu hamil sangat dibutuhkan, karena buah berwarna hijau ini memiliki kandungan zat besi!Untuk mencegah anemia, tubuh membutuhkan zat besi. Buah kiwi bisa memenuhi 4% kebutuhan zat besi harian ibu hamil.Baca juga: Cegah Anemia dengan Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil Ini

6. Mengandung kalsium

Buah kiwi juga mengandung kalsium yang penting selama kehamilan. Saat berkembang di dalam rahim, janin membutuhkan kalsium demi terjaganya pertumbuhan tulang, gigi, otot, dan jantung.Tidak hanya itu, buah kiwi juga mengandung magnesium, yang bisa membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik.

7. Sumber vitamin dan mineral yang tinggi

Kiwi adalah salah satu buah yang menjadi sumber vitamin dan tinggi mineral. Contohnya, buah kiwi mengandung vitamin E yang bisa menjaga Anda dan janin dari kerusakan sel tubuh. Selain itu, vitamin E juga ampuh menyehatkan kulit.

8. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Buah kiwi mengandung berbagai macam zat mineral esensial untuk tumbuh kembang bayi di dalam rahim, salah satunya tembaga atau copper. Zat mineral yang satu ini bisa membantu perkembangan otak bayi dan meningkatkan sistem imun tubuhnya.

9. Menjaga kestabilan hormon

Buah kiwi
buah kiwi untuk ibu hamil
Fluktuasi hormon yang tak menentu bisa menciptakan “kegaduhan” seperti depresi, stres, ataupun merasa lelah pada ibu hamil. Untungnya, manfaat buah kiwi untuk ibu hamil dipercaya dapat menjaga kestabilan hormon, sehingga proses penantian sang bayi akan terasa nyaman.

10. Rendah kalori

Ngidam dipercaya sebagai salah satu gejala kehamilan yang bisa meningkatkan berat badan. Untungnya, buah kiwi sangat rendah kalori. Jika Anda mengonsumsinya untuk memuaskan nafsu ngidam Anda, berat badan tidak akan naik.

Efek samping makan buah kiwi saat hamil

Setelah mengetahui segudang manfaat buah kiwi untuk ibu hamil di atas, tentunya Anda juga ingin “main aman” dengan mengetahui efek sampingnya.Dalam kasus yang jarang terjadi, seseorang bisa mengidap alergi buah kiwi. Segera hentikan konsumsi buah kiwi jika ibu hamil mengalami:
  • Rasa gatal di mulut dan tenggorokan
  • Timbul ruam dan peradangan pada kulit
  • Muntah
  • Sakit perut
Jika masih tidak yakin dengan adanya kondisi alergi kiwi, ada baiknya datang ke dokter untuk memastikannya.Baca juga: 11 Sumber Nutrisi Terbaik untuk Ibu Hamil dan Standar Kebutuhan Gizi yang Harus Dipenuhi

Catatan dari SehatQ

Manfaat buah kiwi di atas memang sangat luar biasa bagi kesehatan calon ibu dan juga janinnya. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan lain yang juga baik untuk ibu hamil. Dengan begitu, Anda dan bayi akan mendapatkan kesehatan maksimal. Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatkehamilanhidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/kiwi-pregnancy
Diakses pada 14 Juli 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-kiwi-fruit-in-pregnancy-benefits-risks-how-to-eat/
Diakses pada 14 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait