7 Manfaat Buah Ketapang untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat buah ketapang untuk kesehatan antara lain menurunkan gula darah sehingga bisa mencegah diabetes, menghambat penuaan dini, meredakan peradangan, hingga melindungi tubuh dari kanker.

(0)
08 May 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat buah ketapang untuk kesehatan antara lain menurunkan gula darah dan mencegah penuaan diniManfaat buah ketapang untuk kesehatan ada beragam
Buah ketapang yang memiliki nama latin Terminalia catappa adalah buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan kerap dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Secara ilimiah, manfaat buah ketapang juga sudah mulai banyak diteliti.Tak hanya bagian buahnya, biji, daun, bahkan batang tanaman ini juga dinilai bermanfaat untuk kesehatan. Dalam salah satu pengobatan tradisional bernama Ayurveda, air perasan daun ketapang bahkan sering digunakan untuk menyembuhkan skabies, sakit perut, dan sakit kepala.

Manfaat buah ketapang untuk kesehatan

Berikut ini manfaat buah ketapang dan bagian-bagian lain di tumbuhannya untuk kesehatan.
Manfaat buah ketapang untuk menurunkan gula darah
Buah ketapang berpotensi menurunkan kadar gula darah

1. Menurunkan kadar gula darah

Buah dan daun ketapang dinilai memiliki potensi untuk mengatasi diabetes dengan cara menurunkan kadar gula dalam darah. Manfaat ini diketahui dari sebuah penelitian yang menggunakan tiga jenis ekstrak buah ketapang untuk menurunkan gula darah puasa dan tanda-tanda diabetes lain pada hewan uji yang digunakan.Hasilnya, ekstrak bagian ketapang tersebut mampu menurunkan kadar gula darah dan memicu regenerasi pada sel-sel pankreas yang sempat rusak.Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat buah ketapang yang satu ini.

2. Meredakan peradangan

Peradangan bisa menjadi penyebab sekaligus akibat dari berbagai penyakit di tubuh. Gejala khas akibat peradangan yang sedang terjadi di jaringan adalah bengkak, nyeri, kemerahan, dan panas jika disentuh.Untuk meredakannya, secara alami memang ada beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi, seperti sayur dan buah.Tanaman ketapang sendiri mengandung polifenol, triterpenoid maupun senyawa-senyawa lain yang sudah terbukti dapat menurunkan kadar peradangan di tubuh.

3. Mencegah penuaan dini

Manfaat ketapang yang satu ini didapatkan dari kandungan antioksidan di dalamnya yang cukup kuat, sehingga bisa membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit sehingga menyebabkan kerutan maupun tanda penuaan lainnya.
Buah ketapang bisa membantu menyembuhkan luka
Buah ketapang bisa membantu menyembuhkan luka

4. Menyembuhkan luka di kulit

Ekstrak batang dari tanaman ketapang dinilai berpotensi dijadikan sebagai bahan untuk mempercepat penyembuhan luka.Saat terluka, tubuh akan memulai proses penyembuhan, termasuk epitelisasi yang terjadi di tahap proliferasi. Salep yang terbuat dari ekstrak tanaman ketapang, bisa mempercepat terjadinya proses tersebut, sehingga luka pun bisa sembuh dengan segera.

5. Mencegah malnutrisi

Manfaat ketapang ini ada karena buah ketapang bisa dijadikan sebagai sumber makanan alternatif, terutama di area-area yang kekurangan sumber makanan sehat.Buah ketapang, seperti halnya jenis kacang-kacangan yang lain, merupakan asupan yang tinggi protein dan tinggi kalori. Tanaman ini juga kaya akan karbohidrat.Selain itu, ketapang juga mudah diolah, gampang ditemukan, dan harganya terjangkau. Hal ini membuatnya ideal sebagai sumber makanan alternatif dan membantu mengurangi angka malnutrisi.

6. Menjaga kesehatan hati

Organ hati memiliki tugas utama untuk menyaring racun-racun yang masuk ke tubuh. Alhasil, organ ini berisiko tinggi mengalami kerusakan akibat zat-zat berbahaya, seperti alkohol.Ketapang dinilai dapat membantu melindungi hati dari kerusakan. Hal ini bisa terjadi karena tanaman tersebut mampu menghambat aktivitas senyawa penyebab kerusakan di hati.Manfaat ketapang ini telah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat yang sama bisa diterima manusia.

7. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyebab kematian paling umum di dunia, sehingga diperlukan perhatian khusus untuk bisa mencegah kemunculannya.Saat ini, sudah banyak penelitian yang dilakukan pada bahan-bahan herbal terkait kemampuannya menghambat pertumbuhan sel kanker, tak terkecuali pada tanaman ketapang.Ekstrak daun ketapang dinilai bisa menghambat mutasi gen yang merupakan cikal bakal terbentuknya sel kanker. Selain itu, kandungan tannin pada ekstrak tersebut juga dapat menghambat efek radikal bebas di sel, sehingga risiko terjadinya kerusakan yang akan berujung pada kanker bisa berkurang.

Catatan dari SehatQ

Manfaat tanaman ketapang untuk kesehatan sangat beragam. Meski begitu, jika Anda ingin menggunakannya sebagai salah satu bahan untuk menyembuhkan penyakit, ada baiknya jika sebelumnya tetap berkonsultasi ke dokter, terutama jika Anda sedang menjalani perawatan rutin.Buah, daun, dan biji ketapang memang alami. Namun risiko efek samping seperti alergi masih tetap ada. Oleh karena itu, tetaplah menggunakannya dengan hati-hati.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang penggunaan buah ketapang dalam bidang kesehatan serta bahan alami lain yang bisa digunakan untuk meredakan penyakit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
herbalbuah dan sayurantanaman obat
Pharmacognosy Reviews. http://www.phcogrev.com/article/2015/9/18/1041030973-7847162103
Diakses pada 27 April 2021
African Journal of Agricultural Research. https://academicjournals.org/article/article1380882829_Mbah%20et%20al.pdf
Diakses pada 27 April 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4573105/
Diakses pada 27 April 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6167875/
Diakses pada 27 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait