10 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan, Apa Saja?


Manfaat buah kelengkeng terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Dari kandungan buah kelengkeng, Anda akan mendapatkan manfaat berupa melancarkan pencernaan, hingga mengurangi peradangan.

0,0
24 Oct 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat kelengkeng untuk kesehatan dan kecantikan pun sudah terbuktiManfaat buah kelengkeng terbukti baik bagi kesehatan hingga kecantikan
Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan ternyata semanis rasanya.Siapa yang tidak tahu buah kelengkeng? Buah kecil ini banyak digemari oleh orang karena rasanya yang manis dan lezat.Lengkeng dapat dimakan langsung, dijadikan jus, smoothie, es buah, puding ataupun berbagai olahan lainnya. Bahkan terdapat beragam manfaat buah kelengkeng yang bisa Anda dapatkan.

Kandungan nutrisi buah kelengkeng

Kelengkeng adalah buah berbentuk bulat dengan daging berwarna putih yang manis dan berair. Dalam buah lengkeng juga terdapat biji kecil yang bundar berwarna hitam. Buah ini mirip dengan leci, namun memiliki kulit yang cukup keras berwarna kuning kecokelatan.Buah kelengkeng merupakan buah yang rendah kalori dan karbohidrat, bahkan tidak mengandung lemak. Semangkuk kecil lengkeng segar hanya mengandung 17 kalori dan 4 gram karbohidrat. Bila sebanyak 100 gram buah kelengkeng, maka kalori kelengkeng sebesar 60 kkal dan karbohidratnya sebesar 15,1 gram.Namun, lengkeng kering memiliki kalori dan karbohidrat yang lebih tinggi, dengan semangkuk kecilnya memiliki kandungan 80 kalori dan 21 gram karbohidrat.Kelengkeng mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Semangkuk kecil lengkeng segar menyediakan hampir 40 persen dari konsumsi harian vitamin C yang direkomendasikan. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang, pembuluh darah, dan kulit.Selain itu, buah kelengkeng memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan

Berdasarkan nutrisi yang terkandung, berbagai khasiat kelengkeng, di antaranya:

1. Membantu diet

Jumlah kalori, lemak, dan karbohidrat yang rendah dalam kelengkeng membuatnya baik untuk dikonsumsi jika Anda sedang menjalani diet rendah kalori. Jadi, Anda pun tidak perlu khawatir saat mengonsumsinya.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah kelengkeng bantu atasi sembelit
Manfaat buah kelengkeng bantu atasi sembelit
Manfaat kelengkeng ini berasal dari kandungan serat. Serat yang dapat membantu melunakkan tinja dan melancarkan gerakan usus. Selain itu, serat yang terkandung dalam kelengkeng juga mampu meningkatkan kesehatan usus dan menurunkan kolesterol.

3. Melawan radikal bebas

Selain serat, kandungan buah kelengkeng juga kaya akan antioksidan. Manfaat buah kelengkeng yang Anda dapatkan membantu melawan radikal bebas di tubuh yang bisa merusak sel-sel sehat dan menyebabkan penyakit. Terbukti, asupan antioksidan dari buah-buahan seperti kelengkeng lebih baik daripada berasal dari suplemen.

4. Mengurangi stres

Manfaat kelengkeng ini berasal dari kadar antioksidan (polifenol) yang tinggi. Senyawa polifenol, seperti asam galat, dapat menghilangkan radikal bebas penyebab stres. Selain itu, kelengkeng juga memiliki senyawa bioaktif yang dapat mencegah insomnia dan kecemasan.

5. Mengurangi peradangan

Manfaat buah kelengkeng dapat membantu penyembuhan dan mengatasi kondisi peradangan kronis, seperti edema, GERD, penyakit iritasi usus, alergi kulit, luka, psoriasis, dan penyakit Crohn.Sebab, kandungan buah kelengkeng kaya akan vitamin B dan vitamin C.

6. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah kelengkeng jaga kecantikan kulit
Manfaat buah kelengkeng jaga kecantikan kulit
Kandungan buah kelengkeng yang tinggi antioksidan dapat membuat kulit Anda tampak bersih, cerah, dan bening. Selain itu, manfaat buah kelengkeng juga mampu mengurangi risiko terkena fotosensitivitas (alergi matahari) atau kanker kulit.

7. Mencegah penuaan

Vitamin C dengan jumlah tinggi yang terdapat dalam kelengkeng memiliki peran penting untuk sintesis kolagen yang dapat menjaga kulit tetap kencang dan sehat.Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin B, dan vitamin C yang terdapat dalam buah ini juga memiliki sifat antipenuaan, dan dapat mengurangi kulit kering, retak, atau terkelupas.

8. Mencegah anemia

Dalam kelengkeng terdapat sejumlah kecil zat besi yang dapat membantu merangsang produksi sel merah dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari anemia.Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai berbagai manfaat buah kelengkeng ini. Akan tetapi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba.

9. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan buah kelengkeng yang terdiri dari vitamin C ternyata mampu menjaga kesehatan jantung.Sebab, vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang mengurangi risiko pembuluh darah kaku.Bila pembuluh darah kaku, maka Anda rentan mengalami beragam penyakit jantung, termasuk hipertensi. Hal ini pun dipaparkan pada riset terbitan Hypertension.

10. Menjaga kekebalan tubuh

Manfaat buah kelengkeng bantu tingkatkan imunitas
Manfaat buah kelengkeng bantu tingkatkan imunitas
Manfaat buah kelengkeng terbukti baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Sebab, vitamin C pada kelengkeng cukup tinggi.Sebab, vitamin C membantu produksi limfosit atau darah putih yang berguna melawan infeksi. Hal ini pun dipaparkan pada Journal of Leukocyte Biology.

Perhatikan hal ini sebelum mengonsumsi buah kelengkeng

Pastikan Anda mengonsumsi buah kelengkeng secukupnya, jangan berlebihan karena dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping yang tak diinginkan. Sejauh ini, tidak banyak informasi mengenai dampak negatif buah kelengkeng. Namun ada kemungkinan seseorang bisa mengalami alergi kelengkeng meski sangat rendah.Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi kelengkeng. Sebab, buah kelengkeng mengandung banyak gula. Rasa kelengkeng yang manis mungkin dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes.Sementara itu, jika ibu hamil ingin mengonsumsi kelengkeng, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Sebab, terdapat anggapan bahwa kelengkeng, leci, nanas, dan mangga dapat meningkatkan panas dalam tubuh yang bisa menimbulkan masalah pada janin atau saat melahirkan.Jika Anda memiliki masalah pencernaan, sebaiknya hindari mengonsumsi kelengkeng karena dikhawatirkan akan memperburuk gejala yang ada, seperti diare, kram, muntah atau sembelit. Segera periksakan diri Anda pada dokter jika terjadi gejala tak biasa setelah mengonsumsi buah kelengkeng.Bila Ada pertanyaan lanjut tentang manfaat buah maupun makanan sehat lainnya,  tanyakan langsung pada dokter di aplikasi SehatQ. Download di App Store dan Google Play.
makanan sehatbuah dan sayuranhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/longan-fruit-vs-lychee-benefits
Diakses pada 24 Oktober 2019
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/top-10-amazing-health-benefits-of-longan/
Diakses pada 24 Oktober 2019
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/longan-fruit.html
Diakses pada 24 Oktober 2019
Hypertension. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4185002/
Diakses pada 26 Juli 2021
Journal of Leukocyte Biology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25157026/
Diakses pada 26 Juli 2021
USDA. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169089/nutrients
Diakses pada 26 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait