logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

13 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

open-summary

Manfaat buah kelapa antara lain mampu menurunkan berat badan, menjaga daya tahan tubuh, menjaga fungsi otak, mencegah batu ginjal, menjaga sistem pencernaan, hingga mengatur kadar gula darah.


close-summary

14 Des 2022

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Manfaat buah kelapa untuk kesehatan sangat beragam

Manfaat buah kelapa untuk kesehatan sangat beragam

Table of Content

  • Kandungan gizi buah kelapa
  • Manfaat buah kelapa untuk kesehatan
  • Risiko mengonsumsi daging kelapa

Kelapa adalah salah satu dari sedikit sumber makanan yang semua bagiannya bisa diolah untuk kebutuhan manusia. Manfaat buah kelapa untuk kesehatan sendiri sudah banyak diteliti dan terbukti bisa memberikan berbagai kebaikan untuk tubuh, mulai dari meningkatkan daya tahan hingga menurunkan risiko diabetes. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Advertisement

Kandungan gizi buah kelapa

Kelapa merupakan sumber lemak sehat. Selain itu, pada dagingnya juga terdapat protein dan serat, di samping berbagai zat gizi lainnya.

Jumlah gizi di setiap buah kelapa bisa berbeda-beda, tergantung dari berat, jenis, dan cara penyajiannya. Kelapa yang sudah diparut atau diolah menjadi bubuk instan juga akan memiliki kandungan gizi yang berbeda dibanding kelapa utuh segar.

Meskipun demikian, berikut ini gambaran umum mengenai kadar gizi yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi parutan buah kelapa segar.

Pada 2 sendok makan (9,49 gram) kelapa parut segar terkandung:

  • Kalori 35
  • Protein kurang dari 1 gram
  • Lemak 3 gram
  • Karbohidrat 2 gram
  • Serat 1 gram
  • Gula 1 gram

Daging kelapa juga mengandung beberapa mineral penting lainnya seperti besi, kalium, selenium, fosfor, mangan, tembaga dan magnesium.

Baca juga: 6 Efek Samping Air Kelapa yang Harus Diwaspadai

Manfaat buah kelapa untuk kesehatan

Daging kelapa punya banyak manfaat yang baik bagi tubuh jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Berikut manfaat daging kelapa untuk tubuh Anda:

1. Mengurangi berat badan 

Manfaat buah kelapa salah satunya bisa bantu turunkan berat badan
Manfaat buah kelapa salah satunya bisa bantu turunkan berat badan

Siapa sangka kalau o salah satu manfaat buah kelapa adalah membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Dikutip dari penelitian, senyawa medium-chain triglyceride (MCT) dan serat dalam daging kelapa berperan dalam membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga Anda tidak makan banyak dan bagus untuk diet.

2. Baik untuk pencernaan

Serat dalam daging kelapa tidak hanya berguna untuk membuat Anda merasa kenyang dalam durasi yang lebih lama, tetapi juga dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan melancarkan BAB.

Minyak atau lemak dalam kelapa ikut andil dalam menjaga kesehatan usus dengan membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K, serta menghambat pertumbuhan jamur, seperti Candida albicans, yang dapat memicu infeksi di pencernaan.

Ditambah lagi, senyawa MCT dalam daging kelapa bermanfaat dalam meningkatkan bakteri baik dalam perut yang berperan untuk melindungi pencernaan dari peradangan dan sindrom metabolik.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah kelapa kaya antioksidan, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Senyawa mangan dan antioksidan dalam daging kelapa diyakini dapat mengurangi peradangan dan menjaga sistem imun tubuh. Selain itu, senyawa MCT dalam daging kelapa juga berperan sebagai antijamur, antivirus, dan penghalang timbulnya tumor.

Akan tetapi, masih diperlukan riset yang lebih banyak seputar manfaat daging kelapa dalam menambah imunitas tubuh.

4. Membantu fungsi otak

Manfaat buah kelapa adalah membantu kinerja otak
Manfaat buah kelapa adalah membantu kinerja otak

Manfaat buah kelapa lainnya adalah membantu kinerja otak. Jangan salah, senyawa MCT serbaguna yang berada dalam daging kelapa berpotensi membantu penderita gangguan memori dan fungsi otak, seperti penyakit Alzheimer, dengan menjadikan ‘bahan bakar’ alternatif glukosa dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung

Lemak yang terkandung dalam daging kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan tingkat kolesterol jahat LDL. Secara tidak langsung, daging kelapa bermanfaat untuk mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung.

Bukan hanya itu, air buah kelapa juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah tinggi. Kabar baiknya lainnya, daging kelapa memiliki rantai lemak yang pendek sehingga tidak dapat menaikkan kadar kolesterol tubuh.

6. Mengandung berbagai mineral

Daging kelapa mengandung berbagai mineral yang berguna bagi tubuh dan bahkan dapat membantu Anda memenuhi mineral harian Anda. Beberapa kandungan mineral yang ada di dalam daging kelapa di antaranya adalah mangan, tembaga, dan potasium.

Baca Juga: Manfaat Kelapa Bakar untuk Kesehatan

7. Mengatur kadar gula darah

Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, manfaat daging kelapa tua dan kelapa muda lainnya adalah untuk menurunkan kadar gula darah. Namun hal ini juga perlu diimbangi dengan pola hidup sehat.

8. Memenuhi asupan cairan tubuh

Manfaat buah kelapa salah satunya adalah memenuhi kebutuhan cairan
Manfaat buah kelapa salah satunya adalah memenuhi kebutuhan cairan

Air buah kelapa dikenal sebagai minuman isotonik alami yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan elektrolit dalam air buah ini dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga. Selain itu, manfaat buah kelapa ini juga baik dikonsumsi untuk orang yang banyak kehilangan cairan akibat diare. Minuman air kelapa bisa menjadi alternatif untuk menghidrasi tubuh selain dengan air putih.

9. Menjadi obat kumur alami

Bukan hanya air dan daging buahnya saja yang bermanfaat, minyak kelapa juga dikenal bisa dijadikan sebagai obat kumur alami. Studi melaporkan bahwa minyak buah kelapa sama efektifnya dengan chlorhexidine, larutan antiseptik yang biasa terkandung dalam obat kumur yang juga bisa membantu mengobati radang gusi.

10. Mencegah batu ginjal

Memastikan cairan tubuh terpenuhi akan membantu mencegah penyakit batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk memenuhi asupan cairan tubuh sekaligus membantu mencegah dari penyakit batu ginjal atau kencing batu.

11. Meningkatkan stamina

Manfaat buah kelapa salah satunya meningkatkan stamina
Manfaat buah kelapa salah satunya meningkatkan stamina

Manfaat buah kelapa bisa dirasakan bagi Anda yang gemar berolahraga. Daging kelapa mengandung asam lemak rantai sedang (MCFA) dalam jumlah besar. Lemak ini jauh lebih mudah dicerna tubuh dan telah terbukti dapat meningkatkan stamina atlet.

12. Baik untuk kesehatan rongga mulut

MCFA memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah infeksi pada saluran akar dan masalah gigi lainnya.
Menjaga kebersihan gigi dengan benar dan disertai makan daging kelapa, dapat membantu membunuh beberapa bakteri merugikan pada rongga mulut. Dengan begitu, risiko Anda mengalami gangguan seperti gigi berlubang, bisa berkurang.

13. Baik untuk kulit

Minyak kelapa telah banyak digunakan dalam resep tradisional untuk menjaga kelembapan serta mempercantik kulit dan rambut.

Minyak kelapa dapat membantu mengunci kelembapan dan mengatasi kulit kering serta eksim yang ditandai dengan kulit pecah-pecah atau mengelupas.

Manfaat minyak kelapa untuk kulit bisa didapatkan karena minyak ini bisa meningkatkan fungsi skin barrier alias lapisan pelindung terluat kulit dalam menahan kelembapan, sehingga kulit tetap lembap. Mekanisme ini juga menurunkan risiko kulit terkena iritasi.

Baca juga: 8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Sehat dan Lebat

Risiko mengonsumsi daging kelapa

Di balik berbagai manfaat daging kelapa, terdapat risiko yang dapat timbul akibat mengonsumsinya secara berlebihan.

Daging kelapa memiliki 283 kalori, karenanya bagi Anda yang sedang menjalani program diet, konsumsi berlebih bukannya membuat Anda jadi kurus, tetapi justru bisa menaikkan berat badan Anda.

Manfaat daging kelapa dapat dirasakan asal Anda mengonsumsinya secukupnya. Bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daging buah eksotis ini.

Meskipun jarang terjadi, Anda perlu segera menghentikan konsumsi daging buah kelapa jika Anda mengalami reaksi alergi.

Jika ingin berkonsultasi langsung dengan dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

makanan sehatbuah dan sayuranair kelapa

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved