8 Manfaat Buah Buni, Pohon Langka yang Berkhasiat


Manfaat buah buni untuk kesehatan ada beragam, antara lain melancarkan pencernaan, dapat dijadikan sebagai pengawet dan pewarna makanan alami, hingga memenuhi kebutuhan mineral kalium dan magnesium.

(0)
18 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat buah buni untuk kesehatan antara lain melancarakan pencernaan dan memenuhi kalium dan magnesiumManfaat buah buni bisa melancarkan pencernaan
Buah buni yang memiliki nama Latin Antidesma bunius (L.) Spreng adalah buah asli Asia Tenggara dan Australia yang kini sudah mulai langka keberadaannya. Buah ini juga dikenal sebagai buah huni atau wuni dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.Buah buni biasa tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Tinggi pohonnya bisa mencapai 15-30 meter dan buahnya berukuran kecil serta berwarna merah, mirip dengan buah anggur.

Manfaat buah buni untuk kesehatan

Manfaat buah buni bisa melancarkan pencernaan
Manfaat buah buni salah satunya mencegah konstipasi
Berikut ini beberapa manfaat yang dipercaya terkandung dalam buah buni.

1. Melancarkan pencernaan

Daging buah buni mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Dengan asupan serat yang cukup, masalah pencernaan seperti konstipasi ataupun diare bisa dicegah.

2. Baik untuk kesehatan mata

Melansir dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, buah buni juga dipercaya mengandung provitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan mencegah rabun.

3. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin E yang ada di dalam buah buni juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan adanya vitamin ini, maka kulit ternutrisi dengan baik dan proses pergantian sel-sel kulit mati pun akan berlangsung lancar, sehingga kulit akan terlihat lebih muda dan sehat.

4. Kaya antioksidan

Kandungan lain yang memberikan manfaat untuk buah ini adalah antioksidan. Di dalam buah buni terdapat kandungan flavonoid bunius yang terdiri dari catechin, procyanidin B1, dan procyanidin B2.Ketiga jenis flavonoid tersebut termasuk sebagai senyawa antioksidan yang bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai risiko penyakit dan kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

5. Dapat dijadikan pengawet makanan alami

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan ekstrak buah buni merah, ditemukan fakta bahwa ekstrak yang sudah melalui penyesuaian pH, memiliki efek antimikrobial yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti P. fluorescens and B. subtilis.Penambahan olahan esktrak tersebut kepada kue yang diolah dengan cara dipanggang juga dapat membantu teksturnya berubah menjadi lebih lembut dan lebih lezat.

6. Sebagai pewarna makanan alami

Buah buni mengandung antosianin yang dapat dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Komponen ini bisa memberikan warna merah hingga ungu, sama seperti buah aslinya.Untuk bisa dijadikan pewarna yang stabil, tentu perlu dilakukan proses pengolahan yang baik. Pada sebuah penelitian yang dilakukan untuk meneliti manfaat buah yang satu ini, ekstrak buni diambil kemudian diolah ke dalam bentuk mikroenkapsulasi.

7. Kaya mineral

Buah buni adalah salah satu buah yang kaya mineral, terutama kalium dan magnesium. Kandungan kaliumnya bahkan setara buah lain yang sudah dikenal sangat kaya kalium seperti pisang, kiwi, dan ceri.Kalium merupakan mineral yang juga dapat berperan sebagai elektrolit. Dalam jumlah yang cukup, mineral ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di tubuh, fungsi sistem saraf, hingga kontraksi jantung dan otot.Sementara itu magnesium juga memiliki berbagai manfaat penting di tubuh, seperti membantu menurunkan tekanan darah pada orang dengan riwayat hipertensi, memperlambat proses peradangan di tubuh, mencegah migrain, hingga mengurangi gejala depresi.

8. Berpotensi mencegah diabetes

Penelitian yang dilakukan untuk melihat potensi ekstrak buah buni sebagai inhibitor enzim α-glukosidase menunjukkan hasil yang positif. Aktivitas tersebut dinilai dapat terjadi karena kandungan flavonoid yang ada di dalamnya.Senyawa flavonoid dipercaya dapat membantu mencegah diabetes karena mampu menghambat penyerapan enzim α-glukosidase di dalam usus, mencegah penyerapan glukosa, dan memperbaiki toleransi glukosa.

Catatan dari SehatQ

Buah buni adalah sumber makanan yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Meski begitu, sebelum mengonsumsinya sebagai obat herbal, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat buah buni untuk kesehatan maupun tentang makanan lain yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
herbalbuah dan sayurantanaman obat
Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI. http://krbogor.lipi.go.id/id/Buni-Tanaman-Langka-yang-Banyak-Manfaatnya
Diakses pada 6 April 2021
International Food Research Journal. https://www.researchgate.net/publication/281717158_Functional_and_antimicrobial_properties_of_bignay_Antidesma_bunius_L_Spreng_extract_and_its_potential_as_natural_preservative_in_a_baked_product
Diakses pada 6 April 2021
Jurnal Farmasi Medika Universitas Sam Ratulangi Manado. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/pmj/article/view/21654/21358
Diakses pada 6 April 2021
Jurnal Fitofarmaka Indonesia. https://jurnal.farmasi.umi.ac.id/index.php/fitofarmakaindo/article/view/598/370
Diakses pada 6 April 2021
International Journal of Current Microbiology and Applied Science. https://www.ijcmas.com/6-4-2017/Sushma%20Khomdram,%20et%20al.pdf
Diakses pada 6 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-magnesium-benefits
Diakses pada 6 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-does-potassium-do
Diakses pada 6 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait