Mengenal Manfaat Boot Camp Training untuk Kesehatan Fisik dan Mental


Olahraga boot camp atau boot camp training dipercaya bisa membentuk otot tubuh, menurunkan berat badan, hingga meningkatkan suasana hati.

0,0
15 Sep 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Olahraga boot camp trainingOlahraga boot camp training biasanya dilakukan dalam kelompok di gym atau tempat terbuka.
Boot camp training merupakan salah satu jenis olahraga yang mulai digemari banyak orang di berbagai belahan dunia. Hal tersebut tidak mengherankan karena olahraga ini menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan, mulai dari membentuk otot-otot tubuh hingga menurunkan berat badan.Jika Anda tertarik untuk mencobanya, mari kenali terlebih dahulu apa itu boot camp training beserta manfaatnya untuk kesehatan.

Apa itu boot camp training?

Boot camp training adalah jenis olahraga yang biasanya dilakukan dalam kelompok, baik di pusat olahraga atau di tempat terbuka.Berbagai gerakan olahraga yang dilakukan di dalam boot camp training, di antaranya lari cepat (sprint), push-up, angkat beban, hingga melompat (jumping jack).Bedanya, ada seorang pemandu atau personal trainer yang memerhatikan setiap gerakan anggota boot camp training.Sama seperti boot camp dalam istilah militer, nantinya para peserta olahraga boot camp akan dilatih kesehatan fisik dan mentalnya lewat program kebugaran yang disiplin.Tujuan utama dari boot camp training di antaranya menurunkan berat badan hingga meningkatkan kekuatan tubuh. Namun, adakah manfaat lain dari boot camp yang bisa dipetik?

Berbagai manfaat boot camp training

Dengan melakukan berbagai gerakan olahraga berintensitas tinggi, boot camp training dinilai mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan berat badan

Dilansir dari Organic Facts, berbagai gerakan olahraga di dalam boot camp training mampu merangsang proses pembakaran kalori di dalam tubuh sehingga membantu Anda dalam menurunkan berat badan.Perpaduan antara latihan kekuatan dan kardio yang ada di dalam boot camp training dinilai ampuh untuk menjaga metabolisme tubuh tetap responsif. Hal ini dapat membantu tubuh membakar kalori, bahkan berjam-jam setelah selesai berolahraga.

2. Meningkatkan ketahanan aerobik

Berbagai jenis olahraga kardio di dalam boot camp training dipercaya bisa meningkatkan ketahanan aerobik Anda.Ada banyak jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan di dalam boot camp, misalnya berlari di atas treadmill, hingga lari cepat di tempat terbuka.Saat dikombinasikan dengan latihan kekuatan, olahraga kardio diyakini bisa meningkatkan energi tubuh dan kepercayaan diri.

3. Meningkatkan motivasi untuk olahraga

Pernah merasa tidak semangat saat berolahraga sendirian? Boot camp adalah salah satu solusinya. Saat Anda berolahraga di dalam kelompok, kemungkinan besar Anda dapat bertemu dengan teman baru yang dapat memberikan dukungan untuk lebih semangat dalam berolahraga.Selain itu, ada juga personal trainer yang bertugas untuk memantau setiap kemajuan Anda dalam berolahraga.Berbagai faktor ini dapat membuat Anda lebih termotivasi dalam berolahraga dan menjalani hidup yang lebih sehat.

4. Menambah wawasan tentang hidup sehat

Dilansir dari Very Well Fit, personal trainer yang memandu sesi boot camp training Anda tidak hanya mengajarkan tentang gerakan olahraga saja.Mereka juga bisa menjelaskan tentang kebugaran tubuh, kesehatan, dan nutrisi dari makanan sehat yang perlu dikonsumsi.Ini menjadi kesempatan Anda untuk berolahraga sambil menambah wawasan tentang hidup sehat.

5. Meningkatkan kesehatan mental

Salah satu aspek penting dari boot camp training adalah peran personal trainer yang terus memotivasi para peserta untuk terus mencapai tujuan olahraga mereka.Saat Anda merasa tidak sanggup untuk melanjutkan sesi boot camp training, personal trainer dapat memberikan dukungan agar Anda bisa termotivasi.Nantinya, personal trainer ini juga dapat membuat Anda lebih percaya diri dalam melakukan berbagai rintangan yang ada di dalam boot camp training.Inilah alasan mengapa boot camp training dipercaya bisa meningkatkan kesehatan mental para pesertanya.

6. Meningkatkan suasana hati

Sama seperti jenis olahraga lainnya, boot camp training juga dipercaya bisa meningkatkan suasana hati pesertanya.Pasalnya, berbagai jenis olahraga yang dilakukan di dalam boot camp training mampu membantu tubuh melepas hormon endorfin.Hormon endorfin ini dinilai bisa meningkatkan suasana hati dan menurunkan kadar hormon stres di dalam tubuh.

7. Membentuk otot-otot tubuh

Berbagai olahraga dengan intensitas tinggi yang dilakukan pada boot camp training dapat berdampak pada otot-otot di seluruh tubuh.Perpaduan antara olahraga intensitas tinggi dan kardio ini dapat menurunkan berat badan dan membentuk otot-otot di tubuh Anda.Sebelum mendaftarkan diri ke dalam program boot camp training, ada baiknya Anda mempersiapkan diri terlebih dahulu. Sebab, latihan olahraga ini membutuhkan komitmen dan kebugaran fisik.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
olahragatips olahragamenurunkan berat badan
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/boot-camp-workout-pros-and-cons-3120564
Diakses pada 31 Agustus 2021
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/other/bootcamp-workout.html
Diakses pada 31 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait