7 Manfaat Body Lotion dan Cara Menggunakannya dengan Tepat


Manfaat body lotion tidak hanya sekadar melembapkan kulit kering. Ada berbagai kegunaan body lotion yang bisa Anda dapat, asalkan tahu kapan waktu pemakaian dan cara menggunakannya dengan tepat.

(0)
Manfaat body lotion dapat melembapkan kulit hingga membuat tubuh Anda merasa lebih rileksOleskan body lotion sesaat setelah mandi ketika kulit dalam kondisi lembap
Bagi sebagian besar orang, penggunaan body lotion adalah tahapan penting dalam rutinitas perawatan kulit tubuh. Manfaat body lotion dianggap dapat melembapkan kulit yang kering.Kendati demikian, masih ada beberapa orang yang mengabaikan fungsi body lotion. Memang, apa saja manfaat body lotion? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa manfaat body lotion?

Body lotion adalah produk perawatan kulit tubuh yang sangat penting untuk digunakan.Body lotion mengandung humektan, yakni bahan aktif yang bekerja dengan menarik kandungan air di udara atau menarik air dari lapisan kulit paling dalam. Beberapa jenis kandungan humektan, antara lain ceramide, gliserin, sorbitol, hyaluronic acid, dan lecithin.Body lotion juga mengandung bahan-bahan yang disebut zat oklusif. Zat ini bekerja dengan membentuk pelindung untuk mencegah hilangnya air dari kulit. Petrolatum dan lanolin adalah contoh zat oklusif.Selanjutnya, body lotion mengandung emolien. Beberapa kandungan emolien yang umum ditemukan dalam pelembap wajah dan tubuh adalah linoleat, linolenat, dan asam laurat.Berdasarkan berbagai kandungan tersebut, berikut adalah berbagai manfaat body lotion selengkapnya.

1. Melembapkan kulit

Manfaat body lotion yang penting adalah melembapkan kulit
Kulit kering bisa terasa lembap kembali berkat penggunaan body lotion
Anda mungkin sudah tahu manfaat body lotion untuk melembapkan kulit kering. Hal ini bukan tanpa alasan.Sebab, perubahan cuaca yang tidak menentu, terutama bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah beriklim tropis, membuat kulit membutuhkan kelembapan lebih agar kulit tidak kering.Kulit yang kering akan rentan iritasi sehingga menyebabkan kulit jadi kemerahan. Nah, penggunaan body lotion setiap hari, sesaat setelah mandi, dapat membantu mengunci kelembapan kulit agar tetap kenyal dan terhidrasi dengan baik.Dengan demikian, kulit kering dan pecah-pecah pun dapat terhindarkan.

2. Menghaluskan kulit yang kasar

Manfaat body lotion dapat membantu menghaluskan kulit yang kasar.Ya, walaupun jenis kulit Anda tergolong normal, atau cenderung berminyak, nyatanya tetap ada beberapa area kulit yang kasar pada tubuh, seperti pada area siku atau lutut.Jika digunakan secara rutin, kegunaan body lotion dapat membuat area kulit kasar tersebut menjadi lebih halus.

3. Memperlambat tanda penuaan dini

Memperlambat tanda penuaan jadi manfaat body lotion
Manfaat body lotion dapat memperlambat tanda penuaan dini
Tahukah Anda kalau manfaat body lotion dapat memperlambat tanda penuaan dini?Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, kulit kasar, garis-garis halus, hingga kulit kering akan bermunculan.Penggunaan body lotion dapat membantu memperlambat tanda penuaan dini tersebut.Kandungan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B3, dan vitamin B5, pada produk perawatan kulit ini bisa membuat kulit tampak kencang dan awet muda. Dengan ini, tanda-tanda penuaan bisa dicegah kemunculannya.

4. Mencegah pembentukan jerawat

Terkadang, kelenjar minyak memproduksi sebum atau minyak alami dalam jumlah berlebihan. Kondisi ini yang rentan menyumbat pori-pori sehingga memunculkan jerawat.Jika Anda menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, kelenjar minyak akan memproduksi sebum dalam jumlah yang cukup sehingga pembentukan jerawat bisa dihindari.Untuk memperoleh manfaat body lotion ini, coba gunakan body lotion yang kaya akan vitamin C di dalamnya.Vitamin C merupakan antioksidan potensial yang dapat membantu mengurangi jerawat.

5. Mengatasi kapalan

Manfaat body lotion ternyata dapat mengatasi kapalan. Kapalan adalah kondisi kulit yang mengalami penebalan dan pengerasan. Masalah kulit ini biasanya muncul pada area telapak tangan dan telapak kaki.Penggunaan body lotion secara rutin dapat membuat area kulit terasa kenyal sekaligus mengangkat sel kulit mati dengan lebih mudah.Namun, jika kapalan mengalami perubahan warna, pembengkakan, atau muncul garis-garis merah, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Membuat tubuh lebih rileks

Manfaat body lotion juga dapat membuat tubuh lebih rileks
Hand and body lotion diperkaya zat wewangian yang menenangkan
Manfaat body lotion untuk membuat tubuh lebih rileks mungkin belum disadari oleh banyak orang.Berbagai produk body lotion biasanya diperkaya dengan jenis wewangian tertentu yang bisa membuat tubuh lebih rileks.Untuk mendapatkan kegunaan body lotion ini, Anda bisa mengoleskan lotion pada area tubuh yang diinginkan sambil memberi pijatan lembut.Langkah tersebut dapat menghilangkan stres, meredakan nyeri, bahkan meningkatkan hormon endorfin sehingga Anda merasa lebih tenang. 

7. Menenangkan kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif biasanya akan mengalami kulit kering, gatal, kemerahan, dan iritasi. Nah, manfaat body lotion dapat menenangkan gejala kulit ini.Namun, pastikan Anda memilih body lotion dengan bahan-bahan, seperti lidah buaya, shea butter, vitamin E, dan oatmeal, agar manfaatnya bisa didapat secara maksimal.

Kapan sebaiknya waktu menggunakan body lotion yang disarankan?

Manfaat body lotion hampir mirip dengan produk perawatan kulit lainnya
Gunakan body lotion sesaat setelah mandi agar manfaatnya maksimal
Untuk mendapatkan kegunaan body lotion secara maksimal, Anda perlu tahu kapan waktu yang tepat menggunakannya.Berikut adalah waktu tepat menggunakan body lotion yang dianjurkan oleh dokter kulit.

1. Sesaat setelah mandi

Fungsi body lotion dapat mengunci kelembapan kulit. Akan tetapi, agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal, Anda perlu mengoleskannya sesaat setelah mandi, atau paling lama 5 menit setelah mengeringkan tubuh.

2. Sebelum olahraga di luar ruangan

Anda juga perlu mengoleskan body lotion sebelum berolahraga di luar ruangan.Pasalnya, saat berada di luar ruangan, kulit akan lebih mudah terpapar oleh angin, polusi, dan paparan sinar matahari yang berisiko mengancam kesehatan kulit.Oleh karena itu, kulit memerlukan nutrisi yang mampu meningkatkan hidrasi kulit melalui penggunaan body lotion. Namun, pastikan Anda mengoleskan lotion badan yang mengandung SPF minimal 30.

3. Sebelum tidur di malam hari

Pada malam hari, biasanya kulit Anda berisiko kehilangan air. Ini artinya, kelembapan kulit akan berkurang.Untuk menjaga kelembapan kulit saat tidur di malam hari,  Anda perlu mengoleskan body lotion agar kulit tetap terjaga hidrasinya.

4. Setelah cuci tangan

Paparan air hangat atau air dingin dan sabun cuci dapat membuat kulit kering.Terlebih, biasanya sabun cuci tangan mengandung antibakteri sehingga mengganggu lapisan alami kulit.Pemakaian hand and body lotion dapat melindungi lapisan kulit agar tidak terganggu.

5. Setelah bercukur

Mencukur rambut tubuh dapat mengikis sedikit lapisan kulit Anda.Pasalnya, area kulit yang dicukur nantinya akan lebih mudah kering dan mengalami iritasi.Mengoleskan lotion bisa meningkatkan kelembapan kulit sehingga lapisan pelindungnya menjadi lebih kuat.

6. Selama dan setelah penerbangan

Tekanan udara yang rendah di dalam kabin pesawat ternyata bisa berisiko membuat kulit lebih cepat kering.Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengoleskan lotion selama penerbangan dan sesaat sebelum turun dari pesawat.

Bagaimana cara menggunakan body lotion?

Meski sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk mengoleskan body lotion, Anda perlu tahu cara pakai body lotion dengan tepat agar kegunaan yang didapat bisa terasa maksimal.Berikut adalah tahapan cara menggunakan body lotion agar kulit sehat.

1. Oleskan pada waktu yang disarankan

Cara menggunakan body lotion yang tepat dianjurkan pada waktu yang disarankan.Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengoleskan body lotion setidaknya 5 menit setelah mandi, sebelum tidur di malam hari, dan sesaat sesudah mencuci tangan.Cara pakai body lotion secara berulang juga dapat memaksimalkan manfaat yang didapat.

2. Kocok body lotion sebelum digunakan

Manfaat body lotion bisa didapat maksimal bila tahu cara menggunakannya
Kocok dan tuang body lotion secukupnya pada telapak tangan
Pastikan Anda perlu membaca aturan pakai yang terdapat di luar kemasan sebelum mengoleskannya pada kulit.Sebab, beberapa produk body lotion ada yang dianjurkan untuk mengocok wadahnya sebelum digunakan.

3. Tuang hand and body lotion secukupnya

Cara menggunakan body lotion yang tepat perlu dituang ke telapak tangan terlebih dahulu. Anda bisa menuangkan krim secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

4. Oles dan ratakan pada area kulit tubuh

manfaat body lotion bisa dirasakan oleh pemilik kulit berminyak
Oles dan ratakan body lotion pada area kulit
Selanjutnya, cara menggunakan body lotion adalah mengoleskan dan meratakan krim pada area kulit tubuh yang dituju seraya memberikan pijatan lembut.Anda juga bisa menggunakan kedua tangan untuk memijat area kulit tertentu agar kandungannya bisa meresap ke dalam kulit.Namun, sebaiknya hindari area kulit yang tidak disarankan untuk diolesi body lotion. Misalnya, pada wajah, area kulit yang terdapat luka terbuka, iritasi, atau lecet, dan area kulit yang baru dicukur rambutnya.

5. Pakai hand and body lotion secara berulang

Cara menggunakan body lotion perlu dilakukan berulang sampai seluruh kulit terlapisi krim dengan sempurna.Pastikan Anda memberi jumlah yang lebih pada area kulit yang rentan kering, seperti siku dan lutut.Anda juga bisa mengoleskan hand and body lotion beberapa kali dalam sehari, bila dibutuhkan.

Apakah body lotion boleh digunakan untuk wajah?

Pada dasarnya, Anda tidak disarankan untuk menggunakan body lotion untuk wajah.Alasannya, kulit wajah cenderung lebih tipis dan sensitif dibandingkan area kulit tubuh lainnya.Maka, dibutuhkan  produk perawatan kulit dengan formula berbeda untuk wajah dan tubuh.Hand and body lotion biasanya mengandung formula yang lebih berat dan berminyak untuk melembapkan kulit tubuh yang cenderung lebih tebal dan kering.Terlebih, sebagian besar lotion badan yang dijual di pasaran diperkaya dengan zat pewangi dan pewarna.Jika dioleskan pada wajah, lotion tubuh justru bisa memicu kulit wajah iritasi.
manfaat body lotion berbeda dengan produk perawatan wajah lain
Anda tidak disarankan menggunakan body lotion untuk wajah
Pada kulit yang berminyak dan rentan berjerawat, penggunaan lotion tubuh pada wajah justru bisa menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga kulit dapat berjerawat.Sedangkan, pada penderita eksim dan psoriasis, pemakaian lotion badan pada wajah justru bisa mengiritasi kulit dan memperburuk gejala penyakit kulit.Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan body lotion untuk wajah. Sebagai solusinya, gunakan lotion khusus wajah atau pelembap sesuai jenis kulit.Sebab, produk perawatan kulit wajah biasanya mengandung bahan yang lembut dan ringan.

Apa perbedaan body lotion, body cream, dan body butter?

Manfaat body lotion bisa didapat maksimal bila tahu waktu pemakaiannya
Ada perbedaan antara body lotion, body cream, dan body butter
Selain body lotion, ada berbagai produk perawatan kulit lainnya di pasaran yang juga berfungsi melembapkan kulit, seperti body cream dan body butter. Apa perbedaan ketiganya?

1. Kandungannya

Perbedaan body lotion dan body cream serta body butter bisa dilihat dari kandungannya.Body lotion adalah produk perawatan kulit yang banyak mengandung air, minyak, dan zat pelembap.Body cream juga terbuat dari air dan minyak, tetapi kadar minyak di dalamnya cenderung lebih banyak dibandingkan body lotion.Sementara, body butter mengandung minyak esensial dan butter serta diperkaya dengan zat pelembap. Body butter juga mempunyai kandungan air di dalamnya.

2. Teksturnya

Cara melihat perbedaan body lotion, body cream, dan body butter dapat dirasakan melalui teksturnya.Tekstur body lotion biasanya lebih ringan daripada body cream. Akan tetapi, body cream cenderung lebih ringan daripada body butter.Ini artinya, body butter memiliki tekstur yang lebih berat di antara produk perawatan kulit yang berfungsi melembapkan.

3. Jenis kulit yang menggunakan

Kegunaan body oil biasanya lebih maksimal dirasakan oleh pemilik kulit berminyak.Jika Anda memiliki kulit kering, penggunaan body cream bisa menutrisi jenis kulit ini dengan lebih baik dibandingkan lotion badan.Penggunaan body butter bisa melembapkan kulit yang sangat kering dan mengelupas dengan lebih optimal.

4. Waktu pemakaian yang direkomendasikan

Waktu pemakaian body lotion, body cream, dan body butter juga berbeda.Body lotion biasanya lebih mudah menyerap dalam kulit. Maka, cara pakai body lotion yang tepat sebaiknya dilakukan sesaat setelah mandi.Anda bisa menggunakan body butter pada malam hari lantaran proses penyerapannya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan body lotion dan body cream.Body cream membutuhkan waktu 1,5 jam untuk dapat diserap oleh kulit tubuh dengan baik.

Catatan dari SehatQ

Pentingnya fungsi body lotion digunakan untuk perawatan kulit, membuat Anda tidak boleh melewatkan pemakaian produk ini sehari-hari.Namun, untuk mendapatkan manfaat body lotion secara maksimal, pastikan Anda tahu waktu pemakaian dan cara pakai body lotion dengan tepat.Tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu guna mendapatkan rekomendasi kandungan lotion badan dengan tepat agar terhindar dari reaksi efek samping yang mungkin ditimbulkan.Konsultasikan dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui hand and body lotion tepat sesuai jenis kulit Anda melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.Temukan juga berbagai produk body lotion di sini
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikan
Web MD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-61621/body-lotion-topical/details
Diakses pada 29 Maret 2021
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/body-butter-vs-body-cream-vs-body-lotion
Diakses pada 29 Maret 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/7-body-lotion-benefits/
Diakses pada 29 Maret 2021
Harvard Health Publishing. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/advice/a6441/things-you-should-never-put-on-your-face
Diakses pada 29 Maret 2021
Self. https://www.self.com/story/the-best-time-to-moisturize
Diakses pada 29 Maret 2021
Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/advice/a6441/things-you-should-never-put-on-your-face
Diakses pada 29 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait