Manfaat Blewah yang Beragam dan Sebaiknya Tidak Dilewatkan

Karena mengandung antioksidan, mencegah kanker menjadi salah satu manfaat blewah yang tak boleh terlewatkan.
Salah satu manfaat blewah adalah kandungan beta karotennya yang sangat banyak.

Manfaat blewah tidaklah main-main. Buah yang sering ditemukan dalam es campur yang menyegarkan. Buah yang memiliki daging berwarna oranye ini ternyata memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat blewah yang sayang untuk dilewatkan itu?

Sebagai buah, mungkin blewah tidaklah sepopuler apel, pisang, jambu, atau semangka. Namun ternyata, manfaat blewah bagi kesehatan sangatlah banyak dan sayang untuk dilewatkan. Buah yang juga memiliki panggilan spanspek atau rock melon dalam bahasa Inggris ini bisa menjaga tubuh dari kanker hingga diabetes.

Manfaat blewah yang “manis” untuk kesehatan

Di luar negeri, blewah dikenal sebagai buah musim panas, yang sering dikonsumsi oleh anak kecil hingga orang dewasa. Di Indonesia, buah blewah biasa disajikan dalam es campur atau jajanan saat bulan Ramadan.

Manfaat blewah ternyata sangatlah manis, semanis dagingnya yang berwarna oranye itu. Maka dari itu, langsung saja kenali segudang manfaat blewah yang sayang jika dilewatkan, seperti berikut ini.

1. Buah dengan beta karoten terbanyak

Blewah adalah buah berwarna kuning-oranye dengan kadar beta karoten terbanyak. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, United States Department of Agriculture (USDA), blewah memiliki beta karoten melebihi buah-buah seperti jeruk, mangga, hingga jeruk bali. Bahkan, sebuah studi menyatakan bahwa kadar beta karoten pada blewah, dapat menyaingi wortel.

Saat dikonsumsi oleh manusia, beta karoten diubah menjadi vitamin A yang bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas, yang menyerang sel-sel dalam tubuh Anda.

Vitamin A yang dikandung oleh blewah, ternyata bisa berguna untuk:

  • Kesehatan mata
  • Menyehatkan sel darah merah
  • Meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh

Jika selama ini masih “meremehkan” manfaat blewah, mungkin setelah mengetahui manfaat blewah yang satu ini, pikiran Anda akan berubah.

2. Meredakan tekanan darah tinggi

Serat, kalium, dan vitamin C yang bisa Anda dapatkan dari manfaat blewah, bisa mendukung kesehatan jantung.
Sebab, mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium, dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. American Heart Associaton (AHA) bahkan merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi 4.700 miligram (mg) kalium per harinya, demi jantung yang sehat.

Satu cangkir blewah memiliki 471 mg kalium atau setara dengan 10% kebutuhan per hari kalium Anda.

3. Efektif meredakan gejala flu

Bayangkan saja, satu cangkir blewah ternyata mengandung 100% kebutuhan harian vitamin C seseorang. Vitamin C sangatlah penting untuk pembuluh darah, otot, kolagen dalam tulang, hingga tulang rawan.

Vitamin C juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit seperti asma, kanker, hingga diabetes. Walau begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan, untuk membuktikan efektivitas vitamin C terhadap penyakit-penyakit itu.

Hebatnya lagi, mengonsumsi blewah yang sangat tinggi akan vitamin C, bisa memperpendek “usia” gejala flu. Jika mengalami flu, maka gejala-gejalanya tidak akan bertahan lama pada tubuh Anda.

4. Mencegah kanker

Sebagai salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang, kanker ternyata bisa dicegah dengan mengonsumsi blewah. Sebab, beta karoten, tokoferol (antioksidan yang larut dalam lemak), dan antioksidan lainnya dalam blewah, bisa mencegah kerusakan sel akibat stres oksidatif.

Ada beberapa bukti yang memperlihatkan kemampuan suplemen yang mengandung beta karoten, tokoferol, dan antioksidan lainnya, dalam menurunkan risiko kanker paru-paru dan kanker prostat.

Serat yang ada di dalam blewah ternyata juga mampu mencegah kanker kolorektal (kanker usus besar). Setidaknya, satu cangkir blewah mengandung 1,6 gram serat.

5. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Bagi Anda yang ingin mempercantik kulit dan rambut, mengonsumsi blewah adalah salah satu opsi yang tepat. Vitamin A yang dikandungnya, berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perawatan jaringan dalam tubuh, termasuk pada kulit dan rambut.

Sementara itu, vitamin C yang dimiliki blewah, membantu tubuh memproduksi kolagen untuk memberikan struktur pada sel, kulit, dan rambut.

Vitamin seperti vitamin A, C, dan E, hingga zat mineral seperti folat, zat besi, selenium, dan zinc (seng), berperan penting dalam mencegah kerontokan rambut.

Karena blewah juga menjaga Anda agar tetap terhidrasi, maka kesehatan kulit juga akan terjaga. Jangan ragukan manfaat blewah untuk kecantikan diri Anda.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Sama seperti semangka, buah blewah mengandung banyak air. Selain itu, blewah juga mengandung serat. Serat dan air adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan Anda, untuk mencegah sembelit. Maka dari itu, blewah yang kaya serat dan air, bisa menyehatkan saluran pencernaan.

7. Degenerasi makula karena usia

Degenerasi makula adalah penyakit mata yang akan memburuk seiring berjalannya waktu. Degenerasi makula juga bisa menyebabkan kebutaan permanen pada orang lanjut usia (lansia) 60 tahun ke atas.

Buah blewah mengandung dua antioksidan bernama lutein dan zeaxanthin. Keduanya bisa membantu penyaringan sinar cahaya biru, yang membahayakan mata. Dokter percaya, kombinasi keduanya bisa menyehatkan mata serta mencegah degenerasi makula pada orang lansia.

Tips memilih blewah yang baik untuk dikonsumsi

Di Indonesia, buah blewah sangat mudah ditemukan, baik itu di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan seperti mall atau swalayan. Ketika memilih blewah, pastikan bahwa blewah yang Anda pilih berbentuk simetris, dan berat ketika diangkat.

Pilihlah buah blewah yang sudah tercium aroma wangi dan manisnya, walau belum dipotong atau dibelah. Selain itu, untuk bisa menikmati rasa terbaiknya, langsung konsumsi buah blewah, dan jangan menyimpannya lebih dari 3 hari.

Catatan dari SehatQ

Apapun yang dikonsumsi berlebihan, bisa menimbulkan efek yang tidak baik pada tubuh. Jika merasakan gatal di bagian mulut, bahkan hingga pembengkakan pada wajah, segera hentikan konsumsi blewah dan berkonsultasilah dengan dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-cantaloupe#betacarotene
Diakses pada 18 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/279176.php#benefits
Diakses pada 18 Desember 2019

Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/macular-degeneration/age-related-macular-degeneration-overview#1
Diakses pada 18 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/do-you-have-a-cantaloupe-allergy#symptoms
Diakses pada 18 Desember 2019

Artikel Terkait