Manfaat Birthing Ball untuk Membantu Kelancaran Persalinan


Birthing ball punya banyak manfaat untuk meringankan keluhan selama hamil. Untuk memilih ukuran yang tepat, cobalah sesuaikan dengan tinggi badan dan kenyamanan saat menggunakannya.

(0)
11 Apr 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Birthing ball dapat membantu mengurangi nyeri tubuh selama masa kehamilanJika baru pertama kali menggunakan birthing ball, pastikan Anda didampingi oleh trainer saat melakukan gerakan
Menyambut kelahiran buah hati, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Tak hanya persiapan barang kebutuhan bayi saja, tetapi persiapan fisik agar proses persalinan lancar. Beberapa dokter biasanya menyarankan Anda mengikuti senam hamil untuk melatih pernapasan saat persalinan nanti. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan birthing ball untuk mempermudah proses persalinan nantinya. Birthing ball adalah bola besar yang sering ada di pusat kebugaran atau lebih dikenal dengan gym ball. Bola ini ternyata memiliki manfaat untuk meringankan rasa nyeri di beberapa bagian tubuh selama masa kehamilan.

Mengenal birthing ball

Benda yang disebut sebagai birthing ball sebenarnya serupa dengan gym ball atau exercise ball. Bedanya, ukuran dari birthing ball biasanya lebih besar dan memiliki lapisan antislip agar Anda tidak mudah terpeleset saat duduk di atasnya.Bola besar yang satu ini bisa digunakan selama masa kehamilan, persalinan, bahkan setelah melahirkan. Fungsi bola ini sebenarnya untuk memberikan kenyamanan kepada tubuh Anda saat menjalani masa kehamilan dan melewati persalinan. Dengan kata lain, Anda sudah bisa menggunakannya sejak jauh hari sebelum waktu persalinan.Penggunaan birthing ball juga termasuk olahraga untuk memperlancar persalinan dengan cara yang alami. Anda bisa menggunakan alat ini ketika santai di rumah bahkan sambil menonton televisi. 

Manfaat birthing ball

Menggunakan birthing ball dapat membantu meringankan rasa sakit sebelum melahirkan
Melakukan latihan di atas birthing ball akan membantu menguatkan otot
Sebuah studi menyebutkan, menggunakan birthing ball bisa memberikan banyak manfaat. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan:
  • Membuat postur tubuh lebih baik
  • Membantu menguatkan otot perut dan punggung selama masa kehamilan
  • Meredakan rasa sakit di punggung dan panggul dengan mengurangi tekanan pada bagian tersebut
  • Mendorong terbukanya otot panggul sehingga memberikan ruang untuk bayi turun menuju jalan lahir
  • Menurunkan stres dan memberikan kenyamanan saat menjalani proses persalinan
  • Meringankan rasa sakit sebelum melahirkan
  • Membantu memberikan kenyamanan saat duduk setelah melahirkan
Membawa birthing ball ke rumah sakit mungkin bisa Anda lakukan, tapi semua kembali lagi ke diri Anda. Asalkan semua perlengkapan melahirkan sudah siap, Anda bisa memikirkan benda tambahan lainnya untuk dibawa. 

Cara memilih birthing ball

Sama dengan bola untuk olahraga, birthing ball juga hadir dalam beberapa ukuran. Memilih ukuran yang tepat akan membuat Anda nyaman menggunakannya. Anda hanya tinggal menyesuaikannya dengan tinggi badan.Untuk mengukurnya, Anda bisa mencoba duduk di atas birthing ball tersebut. Jika kaki Anda tidak bisa menapak pada lantai, berarti bola terlalu besar untuk Anda. Sebaliknya, posisi lutut yang terlalu menekuk menandakan bola tersebut terlalu kecil untuk Anda.Biasanya, ada panduan untuk memilih bola yang tepat dalam kemasan. Anda juga bisa menggunakan panduan di bawah ini untuk memilih ukuran yang tepat:
  • Tinggi di bawah 163 cm disarankan menggunakan bola dengan ukuran 55 cm
  • Tinggi di antara 163-172 cm disarankan menggunakan bola dengan ukuran bola 65 cm
  • Tinggi di atas 172 cm disarankan menggunakan bola dengan ukuran 75 cm
Pedoman tersebut tidak selalu harus ditaati saat memilih birthing ball. Beberapa produk kadang memiliki panduannya sendiri untuk para penggunanya.

Cara menggunakan birthing ball

Senam hamil dengan menggunakan alat ini sudah banyak dipraktikkan. Apabila Anda baru menggunakan benda ini untuk pertama kalinya, sebaiknya meminta suami atau anggota keluarga lain untuk mendampingi. Sebelum menggunakan bola, gunakanlah alas agar tidak licin. Untuk memberikan keseimbangan di dalam bola, Anda pun bisa menambahkan pasir ke dalamnya sebelum dipompa.Anda tidak perlu khawatir bola tersebut tidak bisa menahan bobot tubuh. Pasalnya, birthing ball dirancang untuk menahan bobot lebih dari 140 kg agar tidak pecah. Setelah itu, Anda bisa menggunakan bola ini untuk beberapa posisi latihan:

1. Squat di atas birthing ball

Posisikan bola menempel di tembok. Lalu, berdiri dengan kaki terbuka di depan bola. Turunkan tubuh hingga bagian bokong menyentuh bola dan pastikan punggung juga menyentuh tembok. Lakukan gerakan ini dengan perlahan.

2. Memantul di atas bola

Duduk di atas bola dan buatlah sebuah pantulan lembut dengan menggerakkan tubuh ke atas dan ke bawah. Latihan ini bisa meningkatkan keseimbangan dan memperkuat kaki di masa kehamilan agar tidak cepat lelah saat berjalan.

3. Putaran pinggul di atas bola

Latihan ini bisa mengencangkan bagian perut dan panggul. Anda hanya cukup duduk di atas bola dan lakukan gerakan memutar lembut dengan memanfaatkan gerak bola. Pertahankan keseimbangan dengan bagian kaki.

4. V-Sit

Siapkan alas matras atau yoga mat dan berbaring di atasnya. Letakkan bagian pergelangan kaki di atas birthing ball. Kemudian angkat badan perlahan hingga membentuk huruf V. Pertahankan pinggul tetap menyentuh matras sambil menghitung sampai lima. Ulangi gerakan tersebut untuk mengencangkan kaki dan perut.

5. Overhead squat

Berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu. Pegang bola di bagian depan tubuh. Tekuk lutut hingga Anda seperti ingin duduk. Sambil menurunkan tubuh, angkat bola di atas kepala dan tahan hingga lima hitungan. Lalu, kembali ke posisi semula.

Catatan dari SehatQ

Penggunaan birthing ball bisa membantu meringankan gejala selama masa kehamilan dan membantu persalinan nantinya. Anda hanya butuh memilih ukuran bola yang tepat untuk digunakan. Jika baru pertama kali menggunakannya, pastikan Anda didampingi oleh trainer  saat melakukan gerakan dengan alat tersebut.Untuk berdiskusi lebih lanjut birthing ball dan langkah yang tepat untuk menggunakannya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kehamilanolahraga ibu hamilmelahirkanperlengkapan kehamilan
Very Well Family https://www.verywellfamily.com/birth-ball-for-pregnancy-labor-and-birth-2759033
Diakses pada 30 Maret 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/pregnancy/what-is-a-birthing-ball-and-should-i-use-one|
Diakses pada 30 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait