Manfaat biji semangka baik untuk kesehatan
Jangan dibuang, biji semangka bisa diolah jadi makanan sehat

Setiap kali makan semangka, banyak orang membuang biji semangka. Padahal siapa sangka, di balik bentuknya yang hitam dan kecil, manfaat biji semangka untuk tubuh ternyata ada.

Bagaimana cara mengolah biji semangka?

Sebelum mengetahui manfaat biji semangka bagi tubuh, tentu Anda bertanya-tanya bagaimana cara memakannya? Memakannya begitu saja tentu agak aneh, bukan?

Tenang, Anda bisa mengolah biji semangka dengan cara yang mudah, yaitu dengan memanggangnya.

Letakkan biji semangka dalam oven di atas talangan dengan suhu sebesar 162-163 celcius.

Biarkan biji semangka terpanggang dalam oven sekitar 15 menit. Saat sedang di tengah proses memanggang, aduk biji semangka agar bisa terpanggang seutuhnya.

Anda bisa menambahkan sedikit garam, minyak zaitun, gula, jeruk nipis, bubuk cabai, ataupun kayu manis setelah biji semangka sudah selesai di oven. Anda juga dapat mencampurkan biji semangka yang sudah terpanggang dengan kacang-kacangan lainnya, seperti almond, dan sebagainya.

Selain memanggang biji semangka, Anda juga bisa mengeringkan biji semangka di bawah sinar matahari ataupun membelinya di pasar swalayan dalam bentuk kemasan siap jadi. Jadi, jangan langsung membuang biji semangka, cobalah konsumsi dan rasakan manfaatnya!

Manfaat biji semangka untuk kesehatan

Setelah tahu bagaimana Anda bisa mengonsumsinya, sekarang giliran Anda mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapat dari biji semangka. Ini dia.

1. Cemilan sehat rendah kalori

Tidak hanya buahnya saja yang bisa dijadikan cemilan sehat rendah kalori, biji semangka juga bisa dimanfaatkan sebagai kudapan di kala lapar menyambangi Anda.

Kadar protein di dalam biji semangka mampu membuat Anda lebih kenyang dan menekan nafsu makan. Oleh karenanya, biji semangka cocok untuk dijadikan cemilan sehat berprotein tinggi untuk orang yang menerapkan diet vegan atau vegetarian.

2. Membuat kulit lebih glowing

Rahasia manfaat biji semangka dalam mencerahkan kulit terletak pada kandungan nutrisi di dalamnya, seperti magnesium, zinc, dan antioksidan. Kandungan zinc pada biji semangka membantu melindungi kulit dari jerawat.

Sementara senyawa magnesium mencegah penuaan dini dan penyakit-penyakit yang muncul karena faktor usia. Tidak hanya itu, protein dalam biji semangka juga merupakan salah satu kunci lain yang membantu mencerahkan dan meremajakan kulit.

3. Membantu meningkatkan massa otot

Protein yang terkandung dalam biji semangka dapat membantu Anda yang sedang berusaha meningkatkan massa otot. Anda dapat menjadikan biji semangka sebagai cemilan sehabis ataupun sebelum berolahraga.

4. Melindungi organ jantung

Kecil-kecil tetapi berperan dalam melindungi organ jantung yang vital. Biji semangka memiliki kandungan potasium dan magnesium yang membantu mengatur tekanan darah menjaga kadar cairan tubuh dan darah, serta melindungi jantung dari penyakit jantung dan stroke.

5. Mengandung lemak sehat

Siapa sangka, biji semangka juga bermanfaat sebagai salah satu sumber makanan yang mengandung lemak sehat untuk tubuh. Lemak sehat penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit jantung.

6. Baik untuk ibu hamil

Wanita yang sedang hamil bisa mempertimbangkan mengonsumsi biji semangka sebagai cemilan sehat. Salah satu manfaat biji semangka adalah menurunkan peluang lahir prematur melalui kandungan folatnya yang tinggi.

7. Tinggi magnesium

Senyawa magnesium dalam empat gram biji semangka dapat memenuhi lima persen kebutuhan harian magnesium Anda. Mineral magnesium sangat berperan dalam menjaga fungsi otot dan saraf, serta kesehatan tulang, jantung, dan sistem imun tubuh.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda suka makan semangka, lain kali jangan buru- buru membuang bijinya karena Anda bisa mendapatkan manfaat biji semangka. Kumpulkan dan olah menjadi camilan yang lezat dan menyehatkan. Selamat mencoba.

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/best-watermelon-seed-benefits
Diakses pada 10 Januari 2020

LiveStrong. https://www.livestrong.com/article/24243-health-benefits-watermelon-seeds/
Diakses pada 10 Januari 2020

Artikel Terkait