6 Manfaat Biji Gandum yang Baik untuk Kesehatan Anda

(0)
26 May 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada banyak manfaat biji gandum bagi kesehatanBiji gandum dalam genggaman
Ingin memasukkan biji gandum ke dalam menu harian Anda? Langkah ini dapat menjadi awal yang baik untuk memulai hidup sehat. Sebelum mulai untuk mengonsumsi biji gandum, mari kenali terlebih dahulu apa saja nutrisi dan manfaat yang terkandung di dalamnya.Gandum memiliki karbohidrat sebagai kandungan utamanya, kemudian diikuti dengan jumlah protein dan serat yang cukup tinggi. Setidaknya di dalam 100 gram biji gandum terdapat 300 kalori, 72 gram karbohidrat, 13 gram protein, 10 gram serat, dan 2 gram lemak.

Manfaat biji gandum

Berikut ini adalah beberapa manfaat biji gandum yang menarik untuk Anda ketahui.

1. Mencegah kanker usus besar

Sebuah studi memperkirakan bahwa seseorang yang memiliki pola makan rendah serat, dapat berisiko terkena kanker usus besar. BIji gandum memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga memiliki potensi untuk menurunkan risiko seseorang terkena kanker ini.Bahkan, sebuah studi lainnya juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung gandum yang cukup tinggi, terutama roti gandum hitam (rye), dapat mengurangi risiko kanker usus besar.Selain kaya akan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan, biji gandum juga mengandung fitonutrien dan antioksidan yang berpotensi mengurangi risiko kanker usus besar.

2. Menjaga kesehatan usus

Biji gandum kaya akan serat yang tidak larut. Studi menunjukkan bahwa komponen pada biji gandum dapat berfungsi sebagai prebiotik sehingga dapat memberi makan beberapa bakteri baik dalam usus Anda.Selain itu, konstipasi yang disebabkan oleh kurangnya asupan serat pada anak atau orang dewasa juga dapat dibantu dengan mengonsumsi biji gandum.

3. Membantu mencegah batu empedu

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat tidak larut, seperti roti dan sereal yang terbuat dari gandum utuh, dapat membantu mencegah penyakit batu empedu.Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan kaya akan serat tidak larut memiliki risiko 17 persen lebih rendah untuk terkena batu empedu.Pasalnya, serat tidak larut tidak hanya dapat mempercepat waktu pergerakan makanan melalui usus, tapi juga mengurasi sekresi asam empedu yang jika berlebihan dapat memicu pembentukan batu empedu, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan lemak darah atau trigliserida.

4. Menurunkan kolesterol

Biji-bijian utuh, termasuk biji gandum, dapat membantu menyerap kolesterol jahat dan menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh yang juga erat kaitannya dengan penyakit jantung.Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa wanita yang makan sekitar tiga porsi biji gandum setiap harinya, dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga sekitar 30 persen. Konsumsi biji gandum bahkan  juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Biji gandum juga dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Pasalnya, biji-bijian utuh merupakan sumber magnesium yang bertindak sebagai faktor pendamping lebih dari 300 enzum, termasuk enzim yang berkaitan dengan penggunaan sekresi insulin dan glukosa dalam tubuh.

6. Membantu menurunkan berat badan

Tak hanya membantu tubuh Anda lebih sehat, mengonsumsi biji gandum dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat yang dibutuhkan untuk memudahkan Anda menjaga berat badan.Itulah beberapa manfaat biji gandum yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsinya secara rutin. Untuk menikmati biji gandum, Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk sereal atau roti sebagai sarapan.Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk camilan yang mengandung biji gandum, seperti kue kering. Meski begitu, bagi Anda yang tidak toleran terhadap gluten, sebaiknya hindari konsumsi biji gandum ini.
makanan sehat
Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/foods/wheat#nutrition
Diakses 12 Mei
Whfoods
http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=66
Diakses 12 Mei
Health
https://www.health.com/food/18-health-benefits-of-whole-grains?slide=4c04db30-588d-450e-9b06-b28a626a296f#4c04db30-588d-450e-9b06-b28a626a296f
Diakses 12 Mei
Nature
https://www.nature.com/articles/6602543
Diakses 12 Mei
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait