Manfaat Bersikap Optimis yang Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental


Apakah Anda memiliki sikap optimis? Jika iya, berbahagialah! Manfaat optimis tidak hanya berdampak pada kesehatan mental saja, tapi juga kesehatan fisik.

(0)
01 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat optimis dapat berdampak baik untuk kesehatan fisik maupun mental.Mereka yang optimis cenderung memiliki kebiasaan hidup yang sehat.
Menjadi orang yang optimis ternyata sangat menguntungkan. Selain bisa menjaga kesehatan mental, sikap ini juga berdampak baik untuk kesehatan fisik. Sebuah penelitian bahkan membuktikan kalau optimisme dapat memanjangkan usia seseorang.

8 manfaat bersikap optimis untuk kesehatan mental dan fisik

Optimis adalah sikap mental yang ditandai dengan harapan dan keyakinan dalam menghadapi setiap masalah dalam kehidupan. Mereka yang bersikap optimis cenderung yakin bahwa hal-hal baik akan terjadi. Hilangkan sifat pesimis di dalam diri Anda dan kenalilah berbagai manfaat optimis untuk kehidupan ini.

1. Menjaga kesehatan fisik

Beberapa studi telah membuktikan bahwa optimisme dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler sebanyak 50 persen.Ditambah lagi, bersikap optimis juga bisa meningkatkan angka kelangsungan hidup pasien kanker. Sebaliknya, orang-orang yang pesimis lebih berisiko terserang penyakit menular.

2. Mengurangi stres

Jika Anda sering dilanda stres, cobalah menjadi pribadi yang lebih optimis. Sebab, orang yang optimis akan lebih percaya diri dan bisa melihat potensi di dalam dirinya.Faktor-faktor inilah yang membuat orang-orang yang optimis menjadi lebih yakin untuk mengambil risiko dan menciptakan suasana positif di dalam kehidupannya. Dengan demikian, stres dapat diatasi.

3. Memanjangkan umur

Mungkin manfaat optimis yang satu ini sulit dipercaya, tapi sebuah studi sudah membuktikan kalau menjadi orang yang optimis dapat memanjangkan usia.Di dalam studi tersebut, 34 partisipan yang merupakan atlet baseball, terbukti bisa hidup lebih lama karena memiliki sifat optimis di dalam dirinya.Tidak hanya itu, pasien kanker yang memiliki sifat optimis dalam melawan penyakitnya dapat hidup lebih lama dibandingkan pasien lain yang pesimis terhadap kondisi kesehatannya.Meski demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan manfaat optimis yang satu ini.

4. Meningkatkan kegigihan

Mereka yang optimis tidak akan putus asa dengan mudah. Mereka akan berusaha sekeras tenaga untuk mencapai kesuksesan. Itulah mengapa orang-orang yang optimis dapat meningkatkan kegigihannya dalam mencapai sebuah tujuan, dibandingkan orang yang pesimis.

5. Meningkatkan kewaspadaan akan penyakit

Di dalam sebuah riset, para psikolog menemukan bahwa orang yang optimis memiliki tingkat kewaspadaan tinggi akan penyakit. Misalnya, partisipan yang bersifat optimis di dalam studi itu ternyata lebih tahu bagaimana dan mengapa serangan jantung dapat terjadi.Mereka juga lebih sadar kalau mengonsumsi alkohol, merokok dan stres dapat meningkatkan risiko serangan jantung.Dengan menjadi orang yang optimis, Anda diharapkan akan lebih bisa menjaga kesehatan sehingga tercegah dari berbagai penyakit.

6. Cenderung memiliki kebiasaan yang menyehatkan

Orang yang optimis cenderung memiliki kebiasaan sehat
Orang yang optimis cenderung memiliki kebiasaan sehat
Masih dari studi yang sama, para psikolog juga meneliti kebiasaan orang-orang yang optimis. Terbukti, mereka yang optimis cenderung memiliki kebiasaan yang menyehatkan.Di dalam studi itu, para peneliti melihat bahwa orang yang optimis tidak merokok dan terhindar dari penyalahgunaan alkohol. Mereka juga memiliki kualitas tidur yang baik. Lebih dari itu, mereka pun mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah.

7. Dapat menyelesaikan masalah dengan baik

Tak peduli seberapa optimis Anda, masalah dan rintangan di dalam hidup pasti akan ada. Namun perlu diingat, mereka yang optimis ternyata lebih baik dalam mengatasi masalah di dalam hidupnya.Sebuah penelitian menunjukkan, optimisme dapat membuat seseorang menemukan solusi efektif untuk mengatasi masalah mereka.Orang yang optimis cenderung menggunakan metode engagement coping (menghadapi masalah di awal dan mencari cara untuk mengurangi tingkat keparahannya).Misalnya, pasien kanker di dalam penelitian itu akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca jurnal dan pilihan pengobatan. Selain itu, mereka akan menghubungi dokter dan pakar kesehatan untuk mendapatkan jawaban dari penyakit yang mereka idap.

8. Kehidupan sosial yang lebih baik

Sifat optimisme sangat disukai oleh orang-orang di sekitar kita. Studi telah mengonfirmasi bahwa manfaat bersikap optimis dapat mendatangkan lebih banyak teman dan mengurangi interaksi sosial yang negatif. Selain itu, orang yang optimis dianggap lebih pandai dalam menjaga hubungannya dengan orang lain.

Ciri-ciri orang optimis, adakah di dalam diri Anda?

Setelah memahami berbagai manfaat bersikap optimis, sebaiknya Anda juga mengetahui ciri-ciri orang yang optimis. Sudahkah Anda memenuhi kriteria orang yang optimis?
  • Merasa bahwa hal baik akan terjadi di masa depan
  • Selalu yakin bahwa usaha Anda akan berakhir baik
  • Selalu percaya diri dalam menghadapi segala masalah kehidupan
  • Yakin kalau masa depan Anda akan cemerlang
  • Selalu melihat adanya hal positif dari situasi yang buruk
  • Melihat rintangan dan masalah sebagai kesempatan untuk belajar
  • Selalu merasa bersyukur atas hal-hal baik di dalam kehidupan
  • Selalu berusaha sekeras mungkin untuk mendapatkan hasil yang baik dari kerja keras Anda
  • Memiliki sifat yang positif terhadap diri sendiri dan orang lain
  • Menerima tanggung jawab atas kesalahan yang Anda perbuat.
Selain bisa membawa banyak manfaat untuk diri sendiri, menjadi optimis dapat menyebarkan aura positif kepada orang-orang di sekitar Anda. Untuk Anda yang masih pesimis, jangan berkecil hati. Teruslah bekerja keras untuk menumbuhkan sifat optimis di dalam diri Anda.Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
kesehatan mentalstreshidup sehat
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-benefits-of-optimism-3144811
Diakses pada 17 November 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-science-behind-behavior/201607/4-reasons-why-optimistic-outlook-is-good-your-health
Diakses pada 17 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait