7 Manfaat Bernyanyi bagi Anak, Mulai dari Fisik hingga Bahasa


Manfaat bernyanyi bagi anak sangat beragam, mulai dari fisik, sosial, hingga psikologisnya. Bernyanyi bersama anak juga akan menyenangkan.

0,0
17 Aug 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat bernyanyi bagi anak dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasinyaBernyanyi bersama anak dapat memberi dampak yang positif
Bernyanyi bersama anak menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di waktu senggang. Selain menyenangkan, ada berbagai manfaat bernyanyi bagi anak yang dapat mendukung tumbuh kembangnya. Anda bisa mengajak anak bernyanyi bersama secara langsung ataupun diiringi dengan musik. 

Manfaat bernyanyi bagi anak

Dilansir dari jurnal The Benefits of Singing Children for Children yang ditulis oleh Professor Graham Welch dari Institute of Education, University of London, bernyanyi bermanfaat untuk perkembangan fisik, sosial, dan psikologis anak.Berikut adalah manfaat bernyanyi bagi anak yang perlu diketahui orangtua.

1. Meningkatkan fungsi pernapasan dan jantung

Bernyanyi bermanfaat bagi fungsi pernapasan dan jantung anak. Sebab, aktivitas ini bersifat aerobik yang dapat meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) tubuh. Bernyanyi juga mampu meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Selain itu, bernyanyi melibatkan aktivitas toraks yang dapat meningkatkan struktur dan fungsi mekanisme pernapasan. Dengan bernyanyi, banyak otot tubuh bagian atas yang juga ikut terlibat.

2. Memperbaiki suasana hati

bernyanyi meningkatkan suasana hati anak
Bernyanyi dapat memperbaiki suasana hati anak
Salah satu manfaat bernyanyi bagi anak adalah memperbaiki suasana hati. Ketika bernyanyi, anak bisa merasa lebih baik karena kegiatan ini menyenangkan. Bahkan, tak sedikit orangtua yang menyanyikan lagu atau mengajak anak bernyanyi bersama untuk menenangkannya.

3. Meningkatkan keterampilan komunikasi

Bernyanyi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi anak. Melalui nyanyian, anak belajar untuk merangkai kata dan suara menjadi satu. Selain itu, anak juga dapat belajar mengekspresikan suasana hatinya melalui bernyanyi untuk didengar oleh diri sendiri ataupun orang lain. 

4. Meningkatkan fungsi neurologis

Manfaat bernyanyi bagi anak selanjutnya adalah meningkatkan fungsi neurologis. Anak bisa mengingat lirik, melafalkan lagu, dan menyanyikannya sesuai irama. Aktivitas ini melibatkan banyak jaringan di otak sehingga berdampak pada aspek musik, bahasa, perilaku motorik halus, citra visual, dan emosi anak.Kemampuan anak untuk berkonsentrasi pun dapat meningkat. Selain itu, bernyanyi bersama melibatkan area neurologis yang berhubungan dengan interaksi dan koordinasi sosialnya.

5. Membangun imajinasi dan kreativitas

Bernyanyi dapat membangun imajinasi dan kreativitas anak. Sebab, aktivitas ini membantu meningkatkan plastisitas otak yang berhubungan dengan kemampuan berpikir untuk mempelajari hal-hal baru. Hasilnya, anak pun bisa menjadi lebih kreatif.

6. Meningkatkan keterampilan bahasa

keterampilan bahasa anak meningkat
Keterampilan bahasa anak bisa meningkat dengan bernyanyi
Bernyanyi dapat mendorong anak mempelajari berbagai kosa kata baru. Anak mungkin bisa mencoba mengikuti kata-kata yang Anda ucapkan dalam nyanyian sehingga keterampilan bahasanya meningkat.Sementara itu, apabila anak sudah bisa membaca, ia mungkin akan belajar membaca liriknya. Hal ini juga dapat meningkatkan keterampilan anak dalam membaca agar lebih fasih.

7. Mendorong rasa percaya diri

Manfaat bernyanyi bagi anak yang tak kalah penting adalah mendorong rasa percaya diri. Mengetahui bahwa ia bisa bernyanyi dapat membuat anak merasa puas dan bangga pada dirinya. Tak ada salahnya juga bagi Anda untuk mendukung anak saat bernyanyi supaya ia lebih percaya diri.Bernyanyi bersama anak dapat dilakukan sejak dini, bahkan sebelum ia bisa berbicara. Musik akan membuat anak merasa tertarik dan ingin mengikutinya. Anda dapat mengajarkan anak nyanyi berbagai lagu anak-anak yang populer, seperti balonku ada lima, bangun tidur, satu ditambah satu, dan lainnya.Siapa tahu si kecil juga memiliki bakat menyanyi secara alami. Kemampuan ini tentunya harus dikembangkan. Jika perlu, Anda juga dapat memasukkan anak ke kursus menyanyi. Namun, jangan sampai memaksa anak secara berlebihan.Sementara itu, jika anak memiliki masalah seputar kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 
ibu dan anaktumbuh kembang anakperkembangan anak
EFDM. http://efdm.org/wp-content/uploads/2017/10/ThebenefitsofsingingforchildrenGFW.pdf
Diakses pada 03 Agustus 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/singing-for-children-benefits-and-tips-to-help-your-child-sing-2/
Diakses pada 03 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait