5 Manfaat Bermain Paintball yang Seru dan Menyenangkan


Paintball adalah salah satu olahraga intens. Beberapa manfaat paintball yang bisa dirasakan adalah seluruh tubuh aktif bergerak, menambah kekuatan dan daya tahan, meninggalkan skill interpersonal, meredakan stres.

0,0
22 Aug 2021|Azelia Trifiana
Permainan paintball dapat meningkatkan daya tahan tubuhPermainan paintball dapat meningkatkan daya tahan tubuh
Bukan cuma seru dan menyenangkan, bermain paintball juga merupakan aktivitas yang menyenangkan. Sebenarnya ini termasuk olahraga yang intens, namun aturan main paintball yang interaktif memberikan sensasi tersendiri. Dalam satu tim, orang mulai dari yang baru mulai mencoba hingga yang sudah terbiasa sama-sama bisa merasakan serunya paintball.Jadi, bagi yang sejak lama ingin mencoba aktivitas seru sekaligus berolahraga, paintball bisa jadi pilihan. Lalu bagi yang sudah sering melakukannya, ternyata ada banyak manfaat untuk kesehatan fisik Anda.

Manfaat bermain paintball

Orang yang tidak bisa meluangkan waktu beberapa kali seminggu untuk ke gym bisa memilih paintball sebagai alternatif berolahraga. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Sebab saat bermain paintball bersama teman, rekan kerja, pasangan, atau saudara, ini sekaligus jadi wadah bersosialisasi.Menariknya lagi, berikut ini beberapa manfaat dari bermain paintball:

1. Seluruh tubuh aktif bergerak

Tidak salah jika paintball disebut sebagai full body workout. Sebab, ketika bermain maka ada aktivitas merangkak, berlari cepat, menembak, melompat, dan sebagainya. Terlebih, paintball harus dilakukan dalam tempo cepat dan tanpa sadar tubuh sudah aktif bergerak selama hampir satu jam.Jadi, olahraga yang satu ini bisa jadi alternatif bagi orang yang sulit konsisten menjalankan satu rutinitas olahraga tertentu. Bisa dibilang, paintball adalah cara berolahraga yang menyenangkan tanpa harus merasa seperti sedang dipaksa bergerak.

2. Menambah kekuatan dan daya tahan

Ketika bermain paintball, maka tubuh akan bergerak sedemikian rupa sehingga daya tahan dan kekuatannya meningkat. Tak hanya itu, bermain paintball juga mengharuskan Anda bergerak dengan cepat sembari membawa peralatan. Ini tentu juga membangun kekuatan.Bagian tubuh yang paling terasa menjadi lebih kuat saat bermain paintball adalah kaki karena melakukan squat dan berlari. Selain itu, tangan juga menjadi lebih kuat karena membawa senjata dan menembak. Bonusnya lagi, tentu saja otot core menjadi lebih stabil dan membuat postur tubuh kian baik.

3. Meningkatkan skill interpersonal

Tentu saja, paintball adalah olahraga yang dilakukan berkelompok. Perlu ada strategi, saling memberi aba-aba, hingga eksekusi yang perlu kerja sama di dalamnya. Hal ini dapat membangun kebersamaan sebagai tim dan juga mengasah skill interpersonal, terutama jika Anda yang memberi komando.Bonusnya, permainan yang berlangsung intens akan membuat setiap individu dalam tim mencurahkan kemampuan terbaik mereka. Dari sinilah kepercayaan diri pun bertambah. Aktivitas fisik juga akan membuat tubuh mengeluarkan endorfin yang meningkatkan mood.

4. Membakar kalori

Tentu saja seluruh gerakan saat sedang bermain paintball akan membakar banyak kalori. Ini bisa jadi pilihan aktivitas fisik bagi yang sedang menjaga berat badan. Jika ingin mencari olahraga tanpa harus ke gym, maka paintball bisa jadi pilihan. Bonusnya tentu saja metabolisme tubuh kian optimal dan tidur jadi lebih nyenyak.

5. Meredakan stres

Merasa penat dengan kesibukan atau pekerjaan? Paintball bisa jadi stress relief yang tepat. Merasa frustrasi dan ingin melampiaskannya lewat aktivitas fisik? Olahraga ini bisa jadi pilihan tanpa membahayakan orang lain. Lagi-lagi, endorfin yang muncul dari latihan intens ini dapat menghilangkan stres dan menenangkan pikiran.

Aturan main paintball

Kunci dari aturan main paintball adalah memastikan setiap orang dalam kelompok berada di halaman yang sama. Jadi, sebelum mulai bermain, pastikan sudah menyusun strategi untuk memenangkan permainan.Berikut ini beberapa aturan main paintball secara umum:
  • Tentukan boundaries

Sebelum permainan dimulai, kenali area lapangan dan tentukan batasan dari setiap anggota dalam kelompok. Jangan sampai area terlalu besar atau terlalu kecil. Sesuaikan dengan jumlah orang yang berpartisipasi.Begitu pula dengan area pihak lawan. Tentukan seberapa luasannya dan sebisa mungkin buat agar tidak bisa saling melihat dengan baik. Artinya, perlu ada banyak semak-semak dan pepohonan untuk bersembunyi
  • Tandai dead zone
Pastikan setiap orang tahu lokasi staging area atau dead zone dan jangan mendekati atau menembaknya. Ini adalah area tempat orang berkumpul setelah tereliminasi. Biasanya, di titik ini pula peralatan bermain paintball diletakkan.Idealnya, dead zone harus cukup jauh dari area bermain. Tujuannya agar pemain bisa melepaskan helm mereka dan membersihkannya tanpa risiko terkena tembakan.
  • Buat aturan tentang tertembak

Seorang pemain dikatakan tertembak apabila meninggalkan jejak peluru cat pada tubuh atau peralatannya. Terkadang, ada juga permainan yang tidak menghitung jejak peluru pada senjata. Selain itu, mungkin juga seseorang baru dikatakan tertembak apabila telah tertembak beberapa kali.Perbedaan aturan ini juga harus disepakati sebelum permainan dimulai. Apabila belum yakin sudah tertembak atau belum, bisa meminta paint check. Ini adalah prosedur pemeriksaan pada pemain terdekat.Jika sudah tertembak, maka pemain harus mengangkat senjatanya di atas kepala, memberi aba-aba bahwa telah tertembak, dan menuju dead zone. Pastikan selalu mengangkat senjata di atas kepala setiap kali bertemu dengan pemain lain.
  • Penentuan pemenang

Sebuah tim dikatakan menang apabila sudah mencapai seluruh target. Apa saja target ini pun bisa berbeda-beda bergantung pada kesepakatan awal. Apakah untuk eliminasi pemain lawan? Atau menangkap bendera? Jika sudah ada pemenang, seluruh pemain di lapangan harus diberi tahu.Idealnya, permainan paintball jangan berlangsung terlalu lama. Sebab, intensitas dari paintball bisa membuat pemain cepat kelelahan. Dalam bermain paintball Anda harus mengutamakan keselamatan dan keamanan. Pastikan seluruh personel tahu aturan aman untuk tetap mengenakan alat pelindung (helm,goggles) dan mengenkan pakaian yang sesuai selama berada di lapangan.Selain itu, jangan pula minum alkohol sebelum atau saat bermain. Setiap individu juga tidak diperkenankan menembak sembarangan atau blind firing. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar pentingnya beraktivitas fisik untuk kesehatan fisik dan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragapola hidup sehat
Live About. https://www.liveabout.com/how-to-play-paintball-basic-rules-2565752
Diakses pada 6 Agustus 2021
Frontline Action. https://frontlineaction.com/10-health-benefits-of-paintball/
Diakses pada 6 Agustus 2021
Health Fitness Revolution. https://www.healthfitnessrevolution.com/top-10-health-benefits-paintball/
Diakses pada 6 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait