8 Manfaat Bermain Basket untuk Kesehatan, Salah Satunya Memperkuat Tulang!

(0)
06 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bermain basket dapat memberikan manfaat kesehatan fisik dan juga mental.Bermain basket juga harus hati-hati, karena olahraga berintensitas tinggi ini bisa menyebabkan cedera.
Bermain bola basket dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Mulai dari memperkuat tulang dan otot, mengatasi stres, hingga menjaga kestabilan tubuh. Ditambah lagi, olahraga ini dapat dimainkan oleh setiap kalangan usia.

8 manfaat bermain basket untuk kesehatan fisik dan mental

Bermain basket melibatkan gerakan cepat untuk menyerang dan bertahan. Dari gerakan-gerakan inilah Anda bisa mendapatkan manfaat bermain basket untuk kesehatan.

1. Memperkuat ketahanan otot

Bermain basket membutuhkan kecepatan, stamina, dan kekuatan. Setiap pemainnya dituntut untuk bergerak cepat. Dalam setiap gerakannya, olahraga ini juga membutuhkan ketahanan otot.Jadi tidak heran kalau ketahanan otot dapat meningkat saat bermain basket. Ditambah lagi, stamina dan performa fisik tubuh bisa mendapatkan manfaat yang sama jika Anda rutin bermain basket.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Sebuah riset membuktikan, bermain basket atau olahraga tim memiliki efek positif terhadap kekuatan tulang.Dalam studi itu dibuktikan bahwa atlet yang suka bermain basket atau sepak bola memiliki kepadatan tulang yang lebih kuat, dibandingkan orang yang kurang aktif bergerak.

3. Meningkatkan koordinasi dan kestabilan tubuh

Bermain basket memiliki manfaat kesehatan yang melimpah
Manfaat bermain basket untuk kesehatan sangat melimpah
Bermain basket mengharuskan Anda untuk menjaga koordinasi dan kestabilan tubuh di setiap gerakannya. Saat bermain basket, Anda harus menggerakan tubuh dengan cepat untuk melompat dan mengubah arah tubuh.Ditambah lagi, bermain basket menuntut Anda untuk menggunakan kemampuan motorik, seperti melempar, mengoper, dan membawa bola. Jika keterampilan ini terus diasah, kemampuan Anda dalam mengoordinasi dan menstabilkan tubuh juga akan semakin baik.

4. Menjaga kesehatan jantung

Bermain basket dengan intensitas tinggi akan membuat jantung berdetak lebih cepat. Itulah sebabnya olahraga bola basket disebut baik untuk kesehatan jantung.Menurut sebuah studi, gerakan-gerakan fisik yang membuat jantung terpacu dapat mencegah stroke dan penyakit jantung lainnya di masa tua.

5. Membakar kalori

Ingin membakar kalori lebih banyak? Cobalah bermain basket. Segala macam gerakan dalam olahraga bola basket, seperti berlari dan melompat, dapat membantu Anda membakar kalori lebih banyak.Bayangkan saja, bermain basket selama satu jam dapat membakar 600 kalori pada orang dengan berat badan 75 kilogram. Sedangkan orang dengan berat badan 113 kilogram dapat membakar 900 kalori dengan bermain basket selama satu jam.

6. Menjaga komposisi tubuh

Dalam sebuah riset, para peneliti menemukan bahwa bermain basket memiliki dampak positif terhadap komposisi tubuh.Dalam studi tersebut, partisipan yang jarang bermain basket, menjalani latihan basket selama 3 bulan. Di akhir studi, para partisipan mengalami peningkatan massa tubuh dan penurunan kadar lemak di dalam tubuh.

7. Menumbuhkan rasa percaya diri

Saat terlibat dalam olahraga bola basket, anggota tim lainnya dapat memotivasi dan mendukung satu sama lain. Mereka juga bisa memberi tahu kekurangan dari gaya permainan basket Anda. Hal-hal ini dipercaya dapat menumbuhkan rasa percaya diri.Apalagi kalau Anda berhasil memenangkan sebuah pertandingan basket dengan rekan satu tim. Tentunya, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri di luar lapangan.

8. Meredakan stres

Bermain basket atau aktivitas fisik lainnya dapat meningkatkan hormon endorfin alias hormon kebahagiaan. Hormon endorfin dapat meningkatkan rasa senang, membuat tubuh jadi rileks, dan mengurangi rasa nyeri. Bahkan, hormon endorfin juga mampu mengatasi depresi dan meningkatkan rasa percaya diri.

Tips aman untuk bermain basket

Bermain basket dapat membantu Anda meningkatkan kepadatan tulang
Bermain basket juga harus hati-hati
Jika Anda masih pemula dan jarang bermain basket sebelumnya, ada beberapa hal yang harus diingat sebelum melakukan olahraga ini secara rutin.
  • Selalu lakukan pemanasan dan peregangan otot sebelum Anda bermain basket. Hal ini dilakukan guna menghindari cedera dan hal-hal yang tak diinginkan lainnya
  • Jangan lupa untuk menyediakan banyak air putih saat bermain basket agar tetap terehidrasi
  • Bagi orang dewasa yang punya kondisi medis tertentu, ada baiknya berkonsultasi dulu pada dokter sebelum bermain basket
  • Lebih berhati-hati dalam melakukan berbagai gerakan dalam olahraga basket karena cedera dan kecelakaan dapat terjadi dalam sebuah pertandingan
  • Setelah bermain basket, jangan lupa untuk mengistirahatkan otot-otot tubuh sebelum kembali beraktivitas.

Catatan dari SehatQ:

Olahraga bola basket adalah salah satu aktivitas fisik yang menyenangkan untuk setiap kalangan. Selain kesehatan fisik, kesehatan mental pun juga diuntungkan dengan bermain basket.Jadi tidak ada salahnya Anda mengajak teman atau keluarga untuk keluar rumah, mencari lapangan, dan bermain basket agar kesehatan tetap terjaga.Bagi orang dewasa yang menderita kondisi medis tertentu, jangan lupa untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ di App Store atau Google Play sekarang!
olahragatips olahragaolahraga anak
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/basketball-health-benefits
Diakses pada 23 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/benefits-of-basketball#health-benefits
Diakses pada 23 Oktober 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-playing-basketball/
Diakses pada 23 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait