Manfaat Berkhayal Saat Melamun, Asah Kreativitas hingga Bantu Capai Tujuan


Berkhayal saat melamun mempunyai banyak manfaat positif. Manfaat halu di antaranya meningkatkan motivasi, mengasah kreativitas, dan menjaga hubungan dengan orang lain.

(0)
Berkhayal saat melamun dapat memberikan banyak dampak positifBerkhayal tak hanya bermanfaat bagi anak-anak, tapi juga orang dewasa
Berkhayal saat melamun merupakan salah satu aktivitas yang cukup sering dilakukan pada waktu luang. Bagi beberapa orang, kebiasaan ini dapat memberi dampak buruk, apalagi jika dilakukan berlebihan. Namun, bukan berarti aktivitas tersebut tidak memiliki manfaat sama sekali. Sejumlah manfaat halu berdampak positif bagi kesehatan mental dan hubungan Anda dengan orang lain.

Apa saja manfaat berkhayal?

Ketika berkhayal, orang bisa saja memikirkan banyak hal dalam angan-angannya. Contohnya, Anda mungkin membayangkan soal bagaimana rasanya hidup menjadi orang kaya. Khayalan tersebut bisa saja membuat Anda termotivasi untuk bekerja lebih keras lagi.Berikut beberapa manfaat halu pada kehidupan Anda:

1. Menenangkan pikiran

Melakukan pekerjaan yang sama dalam waktu lama seringkali membuat pikiran menjadi terasa sesak dan bosan. Melamun sambil berkhayal dapat menjadi salah satu cara untuk melepaskan penat sejenak dari kondisi tersebut. Setelah selesai melakukannya, pikiran pun jadi terasa lebih rileks dan segar untuk kembali melanjutkan aktivitas.

2. Membantu mengelola konflik

Ketika tengah menghadapi konflik, beberapa orang memilih melamun sambil berkhayal untuk membantu mengelolanya. Dalam pikiran, mereka membayangkan berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menangani konflik tersebut.Dengan begitu, Anda dapat meninjau situasi-situasi yang mungkin muncul setelah mengambil keputusan. Hasilnya, Anda akan menjadi lebih siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi.

3. Menjaga hubungan dengan orang lain

Manfaat halu berikutnya yaitu dapat membantu menjaga hubungan dengan orang lain. Saat terpisah jarak dan waktu dengan pasangan, Anda bisa membayangkan momen-momen indah yang dilakukan bersama.Berkhayal mungkin tak akan membuat Anda merasakan kehadiran pasangan secara langsung. Namun, aktivitas ini membantu Anda dalam mengingat pasangan dengan penuh kasih sayang sehingga rasa cinta dengannya dapat terus terjaga.

4. Meningkatkan produktivitas

Khayalan yang ada dalam pikiran ketika melamun bisa membantu meningkatkan produktivitas Anda. Dalam lamunan, pikirkan masalah yang tengah Anda hadapi. Secara tidak sadar, Anda kemudian akan mulai memikirkan bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah yang ada.Selain itu, aktivitas ini juga dapat membuat suasana hati Anda akan menjadi lebih baik. Saat mood sedang baik, Anda tentunya akan jadi lebih produktif dan bersemangat menyelesaikan tugas dan pekerjaan.

5. Lebih termotivasi dalam mencapai tujuan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berkhayal ketika melamun dapat membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas. Hal tersebut tentunya akan membuat tujuan hidup menjadi lebih mudah untuk dicapai.Sebagai contoh, seorang atlet membayangkan bagaimana ia berhasil menjadi juara pertama dan mendapatkan medali emas dalam ajang olahraga. Khayalan tersebut kemudian membuat dirinya termotivasi untuk mewujudkan apa yang ada dalam pikirannya. 

6. Melatih fokus dan konsentrasi

Fokus dapat dilatih dengan melamun sambil berkhayal. Semakin tinggi khayalan yang muncul dalam pikiran, Anda akan makin fokus dan berkonsentrasi untuk meraih tujuan. Jika diimbangi dengan kerja keras secara nyata, bukan tidak mungkin tujuan tersebut akan tercapai dengan mudah.

7. Mengasah kreativitas

Berkhayal dapat membantu Anda mengasah kreativitas. Ketika melakukannya, pikiran Anda mungkin akan menuntun pada hal-hal baru yang tidak biasa dilakukan. Secara tak langsung, kreativitas dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah terasah dengan sendirinya.Manfaat halu yang dirasakan oleh masing-masing orang mungkin berbeda. Selain itu, meski bermanfaat, hindari berkhayal secara berlebihan dan tidak rasional karena dapat berdampak buruk bagi kehidupan Anda.

Perlukah mendapat penanganan?

Berkhayal sebenarnya bukan merupakan kondisi yang membutuhkan penanganan, asalkan tidak berlebihan atau memberikan dampak buruk terhadap bagaimana cara Anda menjalani hidup. Apabila khayalan yang muncul dalam pikiran berpengaruh negatif dan mengganggu, segera berkonsultasi dengan dokter.Kondisi ini mungkin saja muncul karena adanya masalah kesehatan mental dalam diri Anda. Beberapa masalah kesehatan mental yang berkontribusi dalam khayalan negatif tersebut, di antaranya depresi, gangguan obsesif kompulsif, dan ADHD.

Catatan dari SehatQ

Berkhayal saat melamun dapat memberikan banyak dampak positif. Manfaat halu yang bisa dirasakan, antara lain meningkatnya motivasi dalam mencapai tujuan, mengasah kreativitas, menenangkan pikiran, hingga menjaga hubungan dengan orang lain.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait manfaat halu, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalstres
Everyday Health. https://www.webmd.com/sex-relationships/features/sex-and-health
Diakses pada 11 Mei 2021
WebMD. https://www.health.harvard.edu/blog/the-health-advantages-of-marriage-2016113010667
Diakses pada 11 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait