Manfaat Berhubungan Seks di Pagi Hari, Termasuk Libido Tinggi dan Tahan Lama

Ada beragam manfaat berhubungan seks di pagi hari, seperti pria lebih tahan lama, Anda menjadi lebih bergairah, dan sebagai pelepas stres memulai hari
Hubungan seks juga bisa Anda lakukan di pagi hari, yang juga memiliki sederet manfaat

Hubungan seks identik dengan aktivitas bersama pasangan, yang dilakukan di malam hari. Anda pun mungkin sering mendengar istilah sunah malam Jumat, yang kerap dikaitkan masyarakat, dengan berhubungan intim bersama pasangan di Kamis malam hari.

Walau begitu, seks dengan suami atau istri juga bisa dilakukan, saat memulai aktivitas di pagi hari, atau dikenal dengan istilah morning sex. Ternyata, memang ada beberapa manfaat hubungan seks di pagi hari, yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja manfaat tersebut?

Serba-serbi manfaat berhubungan seks di pagi hari

Salah satu kunci dari manfaat berhubungan seks di pagi hari, yakni hormon seksual yang lebih tinggi. Kondisi tingginya hormon tersebut, memberikan manfaat berupa libido yang optimal, atau membuat fungsi seksual pria yang lebih prima.

Berikut ini alasan Anda harus berhubungan seks, sebelum memulai rutinitas.

  • Tubuh berada dalam kondisi prima untuk berhubungan seks

Sangat tepat bagi Anda dan pasangan, untuk berhubungan seks di pagi hari. Sebab, tubuh berada dalam kondisi prima untuk melakukannya, karena level hormon testosteron dan estrogen yang memuncak di pagi hari.

Libido dapat dipengaruhi oleh hormon seksual tersebut. Semakin tinggi kadarnya, semakin tinggi pula gairah seksual Anda.

  • Melepas stres untuk memulai hari

Denting alarm yang berisik bisa saja membuat stres, karena bunyi tersebut menjadi penanda untuk rutinitas harian. Solusinya? Jadwalkan hubungan seks di pagi hari bersama teman hidup Anda.

Berhungan seks, termasuk di pagi hari, dapat menurunkan kadar hormon stres, sehingga meringankan kepala Anda. Hubungan intim juga melepaskan hormon-hormon yang berkaitan dengan rasa senang, seperti oksitosin dan endorfin.

Hormon endorfin dapat membuat Anda lebih bahagia. Sementara itu, hormon oksitosin membuat Anda lebih terkoneksi dengan pasangan. Tentunya, ini cara paling baik untuk menyongsong hari.

  • Pria lebih tahan lama saat berhubungan seks di pagi hari

Pria yang terlalu cepat ejakulasi saat berhubungan seks, dapat menjadi malapetaka. Sebab, ada kemungkinan pasangan perempuan belum menikmati kepuasan. Untuk mengatasi hal ini, Anda juga bisa mencoba berhubungan seks di pagi hari.

Hormon testosteron yang tinggi di pagi hari, tak hanya membuat gairah seksual menjadi optimal. Tingginya testosteron, juga dapat meningkatkan fungsi seksual, termasuk ereksi penis yang lebih kuat.

  • Baik untuk kesehatan otak

Selain melepaskan hormon oksitosin dan endorfin, tubuh juga memproduksi hormon dopamin. Hormon ini berkaitan juga dengan rasa senang atau meningkatkan suasana hati, yang dapat memberikan manfaat untuk kognisi dan kesehatan otak.

  • Bentuk olahraga di pagi hari

Berhubungan seks di pagi hari dapat dianggap sebagai bentuk aktivitas fisik. Walau tentu tak setara dengan olahraga lari di treadmillI, berhubungan seks dapat membakar 5 kalori dalam satu menit. Nilai ini sama dengan energi yang dikeluarkan, saat Anda berjalan kaki.

Bisa dibayangkan, dengan berhubungan seks selama 30 menit saja, Anda bisa membakar energi sebesar 150 kalori. Bukanlah jumlah yang buruk, setuju?

Tips berhubungan seks di pagi hari

Walau terlihat menyenangkan, berhubungan seks di pagi hari mungkin memiliki beberapa pertimbangan tertentu bagi Anda. Pertimbangan tersebut, misalnya yakni perihal waktu, malas bangun pagi, atau khawatir membuat Anda lelah untuk melanjutkan aktivitas lain. Bagaimana tipsnya?

  • Atur jam bangun di alarm lebih awal

Apabila Anda khawatir berhubungan seks di pagi hari dapat mengganggu rutinitas pagi, Anda dan pasangan bisa mengantur jam bangun lebih awal, dari biasanya.

Apabila malas untuk bangun pagi, Anda bisa melakukan seks kilat di sela-sela rutinitas pagi. Misalnya, berhubungan seks kilat saat mandi. Tentunya hal tersebut juga menjadi variasi dalam kehidupan seksual Anda dan pasangan.

  • Lakukan gaya berhubungan seks yang tidak terlalu membuat capek

Karena mengeluarkan energi, Anda mungkin khawatir berhubungan seks membuat Anda letih, untuk melanjutkan rutinitas selanjutnya. Solusinya, Anda dan pasangan bisa menerapkan gaya berhubungan seks, yang tidak terlalu merepotkan.

Gaya berhubungan seks tersebut, seperti doggy style atau berbaring menyamping (spooning)

  • Terapkan pemanasan atau foreplay

Apabila Anda merasa tidak memiliki mood untuk berhubungan seks di pagi hari, pancing gairah seksual dengan melakukan foreplay. Lankahini bisa dicoba sebelum melakukan hubungan, untukmeningkatkan kualitas hubungan seks Anda. Foreplay dapat merangsang respons fisik maupun psikologis, yang membuat seks menjadi lebih dapat dinikmati.

  • Sediakan permen mint atau hindari ciuman

Tips ini berkaitan dengan bau mulut di pagi hari, yang mungkin membuat Anda malas untuk berhubungan seks setelah bangun tidur. Anda bisa menyediakan beberapa permen mint, begitu alarm berbunyi.

Cara lainnya yakni tidak melakukan ciuman bibir saat berhubungan seks, untuk menghindari bau tak sedap. Ciuman juga bisa dilakukan di area tubuh lain, seperti leher, bahu, atau badan pasangan. Sebagai solusi lain, Anda bisa mengajak pasangan untuk bersama-sama menyikat gigi terlebih dulu.

Catatan dari SehatQ

Berhubungan seks di pagi hari tak kalah menarik dengan senggama di waktu malam. Jika kesulitan menemukan waktu untuk berhubungan seks di malam hari, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukannya sebelum memulai beraktivitas.

Manfaat berhubungan seks di pagi hari juga beragam. Mulai dari gairah yang lebih optimal, pasangan pria dapat menjadi tahan lama, serta sebagai pelepas stres sebelum memulai aktivitas.

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/foreplay-sex

Diakses pada 18 September 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/morning-sex

Diakses pada 18 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed