15 Manfaat Berhenti Merokok untuk Hidup yang Lebih Berkualitas

Manfaat berhenti merokok sangatlah berharga untuk kesehatan.
Manfaat berhenti merokok dapat langsung dirasakan setelah beberapa jam.

Manfaat berhenti merokok tidak hanya menurunkan risiko kanker ataupun penyakit jantung. Manfaat berhenti merokok ternyata berpengaruh baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bukan rahasia lagi bahwa manfaat berhenti merokok akan sangat menguntungkan segala aspek dalam kehidupan Anda. Sayangnya, masih banyak orang yang "menutup mata" dan tidak mau meninggalkan kebiasaan merokok.

Maka dari itu, pahamilah berbagai manfaat berhenti merokok ini, dan jadikan motivasi untuk segera meninggalkannya!

Manfaat berhenti merokok untuk kesehatan

Tahukah Anda bahwa merokok dapat mengundang kematian diusia muda? Ya, merokok disebut bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit mengerikan, seperti kanker ataupun serangan jantung.

Tidak ada kata terlambat bagi para perokok yang ingin menghentikan kebiasaan buruk ini. Terlebih faktanya, beberapa jam setelah berhenti merokok saja, sudah ada manfaat kesehatan yang bisa dirasakan.

Kenalilah segudang manfaat berhenti merokok yang bisa Anda jadikan motivasi untuk tidak lagi mengisap tembakau ini.

1. Menghilangkan kecanduan

Berhenti merokok
Manfaat berhenti merokok sangatlah berharga

Manfaat berhenti merokok yang pertama ialah menghilangkan kecanduan. Candu adalah “pemantik” rasa ingin merokok yang terus-menerus menyerang pikiran.

Namun ternyata, setelah berhenti merokok selama satu bulan, reseptor nikotin yang ada di otak akan kembali normal, sehingga kecanduan rokok pun hilang.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat berhenti merokok selanjutnya adalah meningkatkan sirkulasi darah. Setelah 2-12 minggu berhenti merokok, sirkulasi darah akan meningkat, sehingga melakukan aktivitas fisik pun terasa lebih mudah.

3. Meningkatkan indra perasa dan penciuman

Merokok dapat merusak ujung saraf yang ada pada hidung dan mulut, sehingga fungsi indra perasa dan penciuman terganggu. Namun setelah berhenti merokok, ujung saraf-saraf itu akan kembali tumbuh sehingga indra perasa dan penciuman akan pulih. Makanan pun terasa lebih lezat!

4. Meningkatkan energi

Selama merokok, asupan oksigen untuk tubuh akan terhambat. Itulah sebabnya, perokok sering kekurangan energi untuk beraktivitas.

Manfaat berhenti merokok selanjutnya ialah meningkatnya kadar oksigen di dalam tubuh, serta memperbaiki sistem pernapasan. Hal ini membuat energi Anda meningkat pesat.

5. Memperkuat sistem imun tubuh

Tahukah Anda bahwa manfaat berhenti merokok bisa memperkuat sistem imun tubuh? Ya, manfaat berhenti merokok ini terjadi karena sirkulasi darah meningkat, kadar oksigen dalam tubuh terjaga, dan peradangan teratasi. Pada akhirnya, sistem imun tubuh pun akan semakin kuat.

6. Gigi dan mulut yang lebih bersih

Berhenti merokok
Manfaat berhenti merokok sangat baik untuk Anda

Merokok bisa membuat gigi kuning, bau napas tak sedap, dan meningkatnya risiko infeksi mulut. Untungnya, setelah Anda berhenti merokok selama satu minggu, perbedaan signifikan akan sangat terasa pada kesehatan mulut.

7. Meningkatkan gairah seks

Merokok ternyata dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi pada pria dan disfungsi seksual pada wanita. Bahkan, merokok berisiko mengurangi frekuensi orgasme pada saat berhubungan intim.

Manfaat berhenti merokok ini tentunya dibutuhkan bagi pasangan suami dan istri yang ingin meningkatkan keintiman mereka di ranjang.

8. Mencegah kanker

Manfaat berhenti merokok ini akan dirasakan setelah Anda berhenti merokok selama bertahun-tahun. Ya, penyakit kanker bisa dicegah jika Anda berhenti merokok. Berikut ini adalah beberapa jenis kanker yang dapat dihindari setelah Anda meninggalkan rokok:

  • Kanker paru-paru
  • Kanker ginjal
  • Kanker kandung kemih
  • Kanker pankreas
  • Kanker kerongkongan

Bertahun-tahun memang bukan waktu yang sebentar, tapi tentu saja manfaat berhenti merokok yang satu ini patut untuk diperjuangkan.

9. Selamat tinggal batuk-batuk!

Batuk memang bisa disebabkan oleh berbagai penyakit. Namun bagi perokok, batuk adalah “teman” yang sering mengganggu. Hal ini disebabkan oleh rusaknya cilia (rambut yang membersihkan lendir dari paru-paru).

Manfaat berhenti merokok selanjutnya ialah memperbaiki fungsi cilia, sehingga paru-paru jadi lebih bersih, dan batuk pun tak lagi datang.

10. Meningkatkan kemampuan indra penglihatan

Tidak hanya paru-paru dan jantung saja yang rusak akibat rokok, tetapi juga mata. Indra penglihatan ini akan rusak di saat terkena paparan asap rokok.

Manfaat berhenti merokok ini akan meningkatkan penglihatan di malam hari, sehingga Anda bisa melihat lebih jelas.

11. Mempercantik kulit

Bagi wanita, manfaat berhenti merokok ternyata juga bisa mempercantik kulit. Nyatanya, berhenti merokok dianggap lebih ampuh dari losion apapun dalam mencegah penuaan dini (kulit berkerut).

12. Menurunkan kolesterol

Menurunkan kolesterol menjadi salah satu manfaat berhenti merokok yang akan berpengaruh besar untuk kehidupan Anda.

Di saat kadar kolesterol di darah menurun, maka risiko tersumbatnya pembuluh darah akan berkurang. Penyakit mematikan seperti serangan jantung pun dapat dicegah!

13. Mengempiskan perut buncit

Para ilmuwan percaya, manfaat berhenti merokok dapat membantu seseorang untuk menjaga berat badannya.
Sebab, merokok bisa “mendorong” lemak menuju ke area perut, sehingga menimbulkan kebuncitan. Jika dibarengi dengan olahraga dan pola makan sehat, manfaat berhenti merokok ini tidak sulit dicapai.

14. Memperkuat otot

Masih ingat dengan manfaat berhenti merokok yang bisa meningkatkan sirkulasi darah? Ternyata otot pun juga merasakan dampak baiknya, lho. Sebab, di saat kadar oksigen dalam darah terjaga dengan baik, otot-otot Anda akan menguat.

15. Memperkuat tulang

Berhenti merokok dipercaya ampuh dalam menurunkan risiko patah tulang, baik di masa muda maupun tua. Bagi Anda yang ingin merasakan manfaat berhenti merokok ini, segera tinggalkan rokok dan mulailah hidup sehat!

Catatan dari SehatQ:

Berhenti merokok memang tidak mudah. Namun berbagai manfaat berhenti merokok di atas sangatlah patut diperjuangkan.

Bagi Anda yang merasa kesulitan berhenti merokok, datanglah ke dokter untuk meminta bantuan atau hubungi hotline dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di nomor 0-800-177-6565.

Healthline. https://www.healthline.com/health/effects-of-quitting-smoking
Diakses pada 19 Juni 2020

Cancer. https://www.cancer.org/healthy/stay-away-from-tobacco/benefits-of-quitting-smoking-over-time.html
Diakses pada 19 Juni 2020

Smoke Free Government. https://smokefree.gov/quit-smoking/why-you-should-quit/benefits-of-quitting
Diakes pada 19 Juni 2020

Kementerian Kesehatan RI. http://p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/pusat-/anda-perokok-ingin-berhenti-merokok
Diakses pada 19 Juni 2020

Web MD. https://www.webmd.com/smoking-cessation/news/20150821/pot-belly-linked-to-heavy-smoking
Diakses pada 19 Juni 2020

Artikel Terkait