8 Manfaat Bergamot, Buah Mirip Jeruk Purut yang Menyehatkan


Manfaat buah bergamot antara lain menurunkan kolesterol dan gula darah, menghilangkan jerawat, baik untuk pencernaan hingga menurunkan risiko kanker.

(0)
12 May 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat buah bergamot salah satunya menurunkan kolesterolManfaat buah bergamor salah satunya bisa menurunkan kolesterol
Bergamot adalah buah mirip jeruk purut yang banyak tumbuh di Italia dan merupakan hasil persilangan antara lemon dan jeruk pahit. Manfaat bergamot untuk kesehatan ada beragam, mulai dari menurunkan kolesterol, mengatasi masalah kulit, hingga mengurangi gejala depresi.Buah yang punya nama Latin Citrus bergamia ini biasanya ditambahkan ke dalam masakan maupun dijadikan minyak esensial. Beberapa orang juga mencampurkannya sebagai bahan pembuat teh.

Manfaat bergamot untuk kesehatan

Berikut ini manfaat bergamot untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.
Buah bergamot dapat menurunkan kolesterol
Buah bergamot dapat membantu menurunkan kolesterol

1. Menurunkan kolesterol

Bergamot dinilai mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Oleh karena itu, buah ini dianggap berpotensi dijadikan sebagai bahan baku suplemen untuk menurunkan kolesterol.Selain bisa menurunkan kolesterol, mengonsumsi bergamot juga dinilai dapat menurunkan kadar trigliserida dan membantu menjaga berat badan tetap ideal. Semuanya adalah hal yang menguntungkan untuk kesehatan jantung.

2. Meredakan gejala gangguan kejiwaan

Essential oil yang dibuat dari ekstrak bergamot sudah cukup populer. Selain bisa memberikan rasa rileks, minyak ini juga dapat membantu meredakan gejala depresi yang kerap mampir pada lansia, pengidap kanker stadium akhir, dan perempuan yang berisiko tinggi mengalami depresi pascapersalinan.Mengonsumsi suplemen yang mengandung bergamot juga dinilai dapat membantu orang dengan skizofrenia berpikir lebih jernih. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat bergamot untuk kesehatan mental.

3. Baik untuk pencernaan

Bergamot dipercaya dapat meredakan kembung dan membantu proses pencernaan apabila dikonsumsi setelah makan. Sari buah bergamot yang dicampur dengan teh Earl Grey juga secara tradisional kerap dijadikan minuman untuk melancarkan pencernaan.

4. Menghilangkan jerawat

Sifat antiperadangan yang dimiliki oleh bergamot juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit dari jerawat, terutama setelah diolah menjadi minyak. Minyak bergamot juga bersifat antibakteri dan antiradang, sehingga dapat menyingkirkan penyebab jerawat sekaligus.
Buah bergamot dinilai baik untuk menurunkan gula darah
Bergamot dapat membantu menurunkan gula darah

5. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak bergamot dinilai dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Pada penelitian yang dilakukan pada 237 subjek penelitian, konsumsi 500 mg suplemen bergamot selama 30 hari terbukti menurunkan kadar gula darah secara signifikan.
Namun, bagi Anda yang ingin mencoba mengonsumsi buah ini untuk mengatasi diabetes, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.Sebab, jenis suplemen serta dosis yang digunakan dalam penelitian belum tentu sama dengan yang beredear di pasaran. Berhati-hatilah dalam membeli suplemen medis yang tidak diresepkan atau disarankan oleh dokter.

6. Meredakan peradangan

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, ekstrak bergamot efektif meredakan radang usus besar. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efek yang sama juga bisa didapatkan oleh manusia.

7. Mengurangi nafsu makan

Bergamot mengandung polisakarida dan komponen-komponen lain yang dapat dimasukkan sebagai suplemen diet yang berguna untuk mengurangi nafsu makan karena dapat menghambat rasa lapar.

8. Mencegah kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bergamot memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.Selain itu, ekstrak buah ini juga sudah pernah beberapa kali diteliti dan dinilai berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker tulang dan usus besar.Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Efek samping mengonsumsi bergamot

Meski alami, bergamot tetap bisa memicu efek samping pada beberapa orang. Berikut ini kondisi yang perlu diwaspadai saat menggunakan ataupun mengonsumsi bergamot.
  • Pusing
  • Nyeri ulu hati
  • Kram otot
  • Membuat gula darah turun drastis
  • Kejang pada anak yang mengonsumsi terlalu banyak minyak bergamot
  • Membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap matahari saat digunakan secara topikal

Catatan dari SehatQ

Bergamot adalah buah yang secara alami memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meski begitu, Anda tetap perlu waspada saat mengonsumsinya agar efek samping tidak terjadi.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat bergamot untuk kesehatan tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
herbalbuah dan sayurantanaman obat
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/bergamot.html
Diakses pada 28 April 2021
WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-bergamot#1
Diakses pada 28 April 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6392855/
Diakses pada 28 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/bergamot-oil#overview
Diakses pada 28 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait