7 Manfaat Berenang di Laut untuk Fisik dan Mental


Rupanya bukan hanya seru, manfaatnya dapat berdampak baik pada fisik maupun mental seseorang. Bonusnya lagi, manfaat berenang di laut dapat membuat tubuh terpapar mineral penting.

0,0
30 Aug 2021|Azelia Trifiana
Kegiatan berenang di laut menyehatkanKegiatan berenang di laut menyehatkan
Preferensi tiap orang bisa berbeda-beda saat berenang. Ada yang suka melakukannya di kolam renang, pantai, dan tentu saja yang tak kalah seru yaitu berenang di laut. Rupanya bukan hanya seru, manfaatnya dapat berdampak baik pada fisik maupun mental seseorang.Bonusnya lagi, manfaat berenang di laut dapat membuat tubuh terpapar mineral penting. Jadi, tak ada salahnya mencoba melakukan aktivitas fisik yang satu ini dengan tetap memprioritaskan keselamatan.

Manfaat berenang di laut

Bagi yang sedang berencana berlibur ke area dekat dengan laut, tak ada salahnya membawa baju renang dalam koper. Sebab, ada beberapa manfaat berenang di laut untuk kesehatan. Ini di antaranya:

1. Meningkatkan daya tahan dan kekuatan

Tentu ada alasan mengapa dalam olahraga triathlon, berenang termasuk di dalamnya. Sebab, berenang adalah olahraga yang bisa meningkatkan daya tahan sekaligus kekuatan tubuh. Tantangan yang hadir darinya sangat berbeda.Terlebih ketika berenang di laut, tentu tantangannya jauh berbeda dibandingkan dengan berenang di kolam biasa. Adanya ombak, arus, temperatur tak bersahabat, hingga jarak pandang terbatas memberikan tekanan dalam air yang berubah-ubah.

2. Menyehatkan jantung

Memerlukan kekuatan luar biasa, studi pada Mei 2017 ini membuktikan manfaat berenang di laut terhadap kesehatan jantung. Para atlet memiliki batas kapasitas volume maksimum oksigen lebih lama.Ini adalah seberapa lama seseorang bisa memanfaatkan oksigen dalam tubuhnya untuk berolahraga. Tentu saja, semakin lama periodenya, artinya jantung bekerja dengan sangat optimal.

3. Otot core kuat

Dalam setiap aktivitas sehari-hari, otot core bisa dibilang yang memiliki peran cukup signifikan. Kabar baiknya, berenang di laut juga dapat memperkuat otot core. Sebab, selama harus berusaha mengapung di air, otot harus tetap aktif.Selain itu saat terpapar ombak dari segala penjuru, tubuh juga harus terus-menerus bertahan. Cara paling efektif untuk menahannya adalah dengan mengandalkan otot core.

4. Meredakan nyeri sendi

Sedang mengalami nyeri sendi? Jangan hanya berdiam diri karena justru bisa membuat rasa nyeri semakin menjadi-jadi. Dalam pembahasan Seminars in Arthritis and Rheumatism ini, berendam di Laut Mati dapat mengurangi rasa nyeri sendi.Tak hanya itu, partisipan juga merasakan persendian menjadi lebih nyaman setelahnya.

5. Menyembuhkan psoriasis

Psoriasis adalah kondisi penyakit kulit yang ditandai dengan kulit merah, pecah-pecah, dan terasa sakit. Ketika kulit bertemu dengan air laut yang tinggi mineral – terutama magnesium – maka gejala tidak nyaman dan gatal dari psoriasis bisa mereda.Tentunya, penderita psoriasis perlu mengantongi lampu hijau dari dokter sebelum memutuskan berenang di laut. Sebab, kondisi setiap orang berbeda-beda. Ada yang sangat sensitif dan mungkin perlu perlakuan khusus ketika kulit kontak dengan air.

6. Kaya mineral

Air laut kaya akan mineral yang penting untuk banyak sekali fungsi tubuh. Sebut saja magnesium yang ada di air laut, ini sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang, saraf, dan juga otot-otot dalam tubuh.Tak hanya itu, mineral ini juga dapat mengendalikan tekanan darah serta membantu proses metabolisme insulin. Pada Agustus 2017 lalu, riset ini memperlihatkan bahwa kadar magnesium dalam tubuh meningkat bagi orang yang berendam di air laut selama 60-120 menit.

7. Baik untuk mood

Bukan hanya sederet manfaat berenang di laut untuk fisik saja, namun kesehatan mental juga bisa terpengaruh. Utamanya, dalam meredakan stres sekaligus membuat mood menjadi lebih baik.Ini terbukti dalam sebuah studi kasus British Medical Journal. Tim peneliti menemukan bahwa berenang di laut secara berkala setiap pekannya dapat meredakan major depressive disorder, salah satu jenis depresi. Partisipan dalam studi ini adalah seorang perempuan berusia 24 tahun.Lebih jauh lagi, studi ini juga menemukan bahwa berenang di laut dapat membuat mood berubah drastis menjadi lebih baik. Selain itu, gejala depresi kumulatif pada orang yang rutin melakukannya pun bisa berkurang drastis.

Cara aman berenang di laut

Tentu saja, tidak semua orang bernyali untuk berenang di laut bebas. Sebab, begitu banyak hal tak terduga yang bisa terjadi. Mulai dari ombak besar, arus balik, temperatur, hingga binatang laut.Oleh sebab itu, ikuti beberapa langkah ini demi berenang yang lebih aman:
  • Berlatih terlebih dahulu di kolam renang
  • Sempurnakan gaya berenang terutama gaya bebas
  • Siapkan gaya berenang cadangan
  • Bernapas pada dua sisi untuk mengantisipasi ombak
  • Berlatih posisi vertikal saat berada di air (tread water)
  • Berlatih berenang lurus tanpa melihat
  • Berenang dalam kelompok

Catatan dari SehatQ

Ada banyak sekali manfaat berenang di laut yang mungkin mustahil Anda temukan jika berenang di kolam renang biasa. Bahkan bukan hanya manfaat untuk fisik saja, namun juga terkait kesehatan mental.Terbukti secara ilmiah, mood bisa jadi lebih baik serta gejala depresi pun berkurang apabila rutin berenang di laut.Namun tentu saja, harus tahu betul rambu-rambu sebelum berenang di alam bebas. Pastikan sudah membekali diri dengan kemampuan berenang yang andal serta tahu aturan amannya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat olahraga air, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips olahragaberenanghidup sehat
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/400377-what-are-the-health-benefits-of-swimming-in-sea-water/
Diakses pada 16 Agustus 2021
Seminars in Arthritis and Rheumatism. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0049017212000303?via%3Dihub
Diakses pada 16 Agustus 2021
Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5579607/
Diakses pada 16 Agustus 2021
BMJ Case Reports. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30131418/
Diakses pada 16 Agustus 2021
International Journal of Sports Physiology and Performance. https://www.researchgate.net/publication/316611010_Characteristics_and_Challenges_of_Open-Water_Swimming_Performance_A_Review
Diakses pada 16 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait