7 Manfaat Berbenah Rumah yang Bisa Latih Otak Lebih Fokus


Meski akhir pekan bisa menjadi alasan untuk bermalas-malasan, ternyata mengisi waktu tersebut dengan berbenah rumah malah bermanfaat. Anda bisa bisa lebih fokus, terhindar dari depresi, hingga mood membaik.

0,0
13 May 2021|Azelia Trifiana
Berbenah memiliki manfaat baik bagi kesehatan mentalBerbenah memiliki manfaat baik bagi kesehatan mental
Akhir pekan yang biasanya diisi dengan rebahan ternyata menjadi berbeda ketika Anda memutuskan untuk berbenah. Mungkin bukan jadi agenda weekend populer, namun tanpa terasa bisa membuat tenggelam dalam keseruannya hingga lupa waktu. Rupanya, menerapkan tips merapikan rumah memang bisa berdampak positif bagi fisik dan mental.Di sisi lain, rumah berantakan bisa menjadi sumber distraksi yang mengganggu. Bukan hanya menimbulkan energi negatif, ini juga berpengaruh terhadap kemampuan fokus dan kreativitas.

Manfaat berbenah 

Apabila Anda belum tergerak untuk berbenah baik sudut di rumah maupun kantor, ada baiknya melihat manfaat-manfaatnya di bawah ini:

1. Mencegah depresi

Tahukah Anda, tumpukan barang tak berguna yang sudah ada di sudut-sudut rumah selama bertahun-tahun bisa menjadi sumber depresi? Segala objek ini memang diam. Tapi, bisa jadi sumber distraksi karena meminta penghuni rumah untuk bertanggungjawab, baik dengan membersihkan, memperbaiki, dan lain sebagainya.Bayangkan jika ada banyak benda semacam ini di rumah. Energi akan terserap habis-habisan dan membuat seseorang sulit beristirahat. Jangankan pikiran rileks, justru bisa memunculkan risiko mengalami depresi.

2. Semakin fokus dan tenang

Tim peneliti dari Princeton University pernah menemukan fakta bahwa tumpukan barang akan menyulitkan seseorang fokus menuntaskan pekerjaannya. Secara spesifik, bagian otak yang memproses visual atau visual cortex akan merasa kewalahan dengan banyaknya objek tak terkait di sekitar.Terletak di bagian belakang otak, visual cortex yang melihat terlalu banyak di sekitar bisa membuat seseorang lebih sulit fokus dan menuntaskan tugas secara efisien. Itulah mengapa sangat disarankan seseorang bekerja di meja yang tidak penuh barang, begitu pula dengan ruangan-ruangan lainnya.

3. Menghindari energi negatif

Sebenarnya tidak ada label positif maupun negatif pada energi atau perasaan. Namun, biasanya emosi seperti rasa bingung, mudah marah, atau mudah tersinggung memang dikonotasikan secara negatif. Nah, berbenah dapat mencegah munculnya hal-hal semacam itu.Rumah yang nyaman akan menghasilkan emosi positif seperti tenang dan sadar akan kebutuhan dirinya. Pikiran menjadi lebih jernih dan tahu apa yang diinginkan, sehingga tidak rentan menjadi uring-uringan.

4. Meredakan stres

Banyaknya barang yang dibiarkan tanpa berbenah bisa memicu rasa stres. Ada persepsi di otak bahwa barang-barang ini belum tuntas dan menuntut tanggung jawab dari orang yang ada di sekitarnya. Contohnya tumpukan baju yang baru selesai dicuci dan belum dilipat. Melihatnya saja sudah bisa menghabiskan energi.Oleh sebab itu, coba terapkan tips merapikan rumah untuk membuat lingkungan rumah ada di bawah kendali Anda. Bukan barang-barang yang menuntut dan menghisap energi, justru Anda yang menata rumah atau kantor sedemikian rupa sehingga bisa lebih rileks.

5. Lebih sehat

Ada penelitian dari profesor Indiana University yang berjudul Tidier Homes, Fitter Bodies? yang menemukan benang merah antara berbenah dan kesehatan fisik. Orang dengan kondisi rumah bersih dan tidak terlalu banyak barang akan menjadi lebih sehat.

6. Memegang kendali

Terkadang ada orang yang memilih untuk berbenah saat sedang stres. Ternyata, membersihkan rumah atau kantor memang memberikan sensasi memegang kendali atas apa yang ada di sekitarnya.Sebuah studi dari University of Connecticut membenarkan hal ini. Ketika seseorang sedang merasa stres, mereka cenderung melakukan perilaku repetitif atau berulang seperti berbenah. Ini memberikan rasa kendali saat situasi sedang memicu stres.

7. Mood membaik

Ada sebuah studi menarik bahwa orang yang sepenuh hati meresapi pengalamannya mencuci piring, merasakan rasa tegang berkurang 27% serta inspirasi mental membaik 25%. Tidak mengada-ada, ternyata memang ada hubungan antara rumah bersih dan meredakan kecemasan berlebih.Ini juga akan membuat mood seseorang mennjadi lebih baik, tenang, rileks, dan banyak lagi. Dengan berbenah saja, kesehatan mental akan mendapat manfaat luar biasa.

Tips merapikan rumah

Dengan begitu banyaknya manfaat dari berbenah, terkadang orang masih sulit meluangkan waktu atau tergerak untuk membersihkan rumah. Coba mulai dengan beberapa tips merapikan rumah berikut ini:
  • Mulai dari hal kecil

Jangan merasa kewalahan terlebih dahulu dengan kewajiban bersih-bersih. Mulailah dari hal kecil seperti mengalokasikan waktu 10-15 menit setiap harinya untuk membersihkan area tertentu. Lakukan hal kecil. Tanpa disadari, lingkungan rumah Anda akan jauh lebih bersih dan tidak memicu stres.
  • Pasang waktu

Selain mulai dari hal kecil, alokasikan waktu sesuai dengan kondisi Anda. Sebagai contoh, 15 menit untuk membersihkan kamar tidur. Mulai dengan menyingkirkan hal tak diperlukan, mengembalikan benda pada tempatnya, hingga merapikan tempat tidur. Ini bahkan bisa bermanfaat terhadap kualitas tidur Anda di malam hari.
  • Ajak penghuni rumah lain

Apabila ingin lebih seru dan memudahkan, ajak penghuni rumah lain untuk ikut berbenah. Sampaikan apa manfaat dari aktivitas ini sehingga bisa menjadi motivasi tersendiri. Terlebih, ini bisa diterapkan ketika sedang melakukan deep cleaning.

Catatan dari SehatQ

Ketika berbenah menjadi sumber ketenangan yang bisa membuat Anda lupa waktu, jangan ragu untuk melakukannya. Mood akan jadi jauh lebih baik setelah rampung melakukannya. Namun, pastikan kebiasaan berbenah ini masih berada di bawah kendali Anda, bukan menjadi kewajiban yang melelahkan.Coba mulai dengan hal kecil dan alokasikan waktu secukupnya. Dengan cara ini, Anda bisa merasakan dampak cukup signifikan dari berbenah. Tidak ada distraksi berlebih, tidak ada penghisap energi dari benda tak tersentuh, serta lingkungan lebih bersih.Perasaan tidak kewalahan dan punya kendali atas lingkungan tempat Anda tinggal juga akan membantu pikiran lebih fokus. Stres pun bisa mereda.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang dampak negatif rumah berantakan terhadap kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/how-mental-health-and-cleaning-are-connected-5097496
Diakses pada 29 April 2021
Current Biology. https://www.cell.com/current-biology/fulltext/S0960-9822(15)00652-1?_returnURL=https%3A%2F%2Flinkinghub.elsevier.com%2Fretrieve%2Fpii%2FS0960982215006521%3Fshowall%3Dtrue
Diakses pada 29 April 2021
Mindfulness. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs12671-014-0360-9
Diakses pada 29 April 2021
Indiana University. https://newsinfo.iu.edu/web/page/normal/14627.html
Diakses pada 29 April 2021
The Journal of Neuroscience. https://www.jneurosci.org/content/31/2/587
Diakses pada 29 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait