6 Manfaat Benzyl Alkohol yang Ada dalam Kosmetik Anda

(0)
12 May 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Benzyl alkohol berbentuk larutan tidak berwarna dan berbau sedikit manisIlustrasi sebuah botol yang berisikan cairan benzyl alkohol
Pernah dengar benzyl alkohol? Kandungan ini biasanya ada di dalam produk kesehatan maupun produk kosmetik. Benzyl alkohol atau C7H80 adalah cairan yang berasal dari buah dengan karakteristik tidak berwarna dan beraroma sedikit manis.Benzyl alkohol banyak digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk perawatan kulit, kosmetik, dan produk-produk kecantikan lainnya. Contohnya seperti pelembap, lip balm, pembersih wajah, hingga makeup.Bahan ini umumnya digunakan sebagai pengawet untuk menghentikan pertumbuhan mikroorganisme berlebih dalam produk yang berpotensi menyebabkan infeksi. Benzyl alkohol juga kerap digunakan sebagai pengawet alternatif pengganti paraben yang umumnya terdapat di dalam produk kecantikan.Dalam dunia farmasi, benzyl alkohol biasanya terkandung dalam obat-obatan antiparasit untuk mengobati kutu rambut. Sama seperti dalam produk kecantikan, bahan ini juga difungsikan sebagai pengawet dalam banyak obat suntik.

Manfaat benzyl alkohol

Salah satu alasan mengapa benzyl alkohol digunakan sebagai bahan dalam produk kosmetik adalah manfaatnya yang dapat membantu mengoptimalkan formula perawatan kulit sehingga dapat bekerja lebih baik.Selain itu, berikut ini adalah beberapa manfaat benzyl alkohol lainnya yang jarang diketahui.

1. Memiliki sifat antioksidan

Benzyl alkohol memiliki sifat antioksidan sehingga bahan ini dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

2. Mengurangi kekentalan dalam produk kosmetik

Sebuah studi menunjukkan bahwa benzyl alkohol mampu mengurangi kekentalan dalam produk seperti kosmetik sehingga memungkinkan produk tersebut mengalir dengan lebih mudah.

3. Memberikan aroma pada produk

Sebagai jenis alkohol yang memiliki aroma yang sedikit manis secara alami, benzyl alkohol kerap digunakan sebagai komponen pewangi dalam berbagai produk, terutama kecantikan.

4. Melarutkan bahan

Selain beberapa manfaat di atas, benzyl alkohol juga digunakan sebagai pelarut bahan karena bentuknya yang cair. Alkohol ini terbukti dapat membantu melarutkan bahan-bahan lainnya yang digunakan dalam formula suatu produk.

5. Menstabilkan formula produk

Bahan ini juga berfungsi sebagai zat penstabil yang dapat mencegah kerusakan oksidatif sebuah produk. Fungsi ini memungkinkan sebuah produk bekerja lebih efektif dalam periode waktu yang lebih lama.

6. Pengawet alami

Manfaat benzyl alkohol lainnya adalah sebagai pengawet dalam produk kosmetik dan perawatan kulit karena kemampuannya membunuh mikroba, terutama parasit.Produk kecantikan apa pun yang dibuat tanpa bahan pengawet umumnya dipasarkan dalam wadah kecil sekali pakai, guna mencegah kontaminasi. Penggunaan benzyl alkohol memungkinkan produk dikemas dalam kemasan yang lebih besar sehingga dapat digunakan dalam jangka pajang.

Efek samping benzyl alkohol

Selain memiliki kegunaan, benzyl alkohol juga memiliki beberapa efek samping yang perlu Anda ketahui. Efek samping tersebut dapat berupa iritasi, kulit kemerahan, gatal, atau kebas. Efek ini biasanya terjadi bagian yang dioleskan losion berbahan benzyl alkohol.Selain itu, iritasi pada mata bisa terjadi jika penggunaan produk mengenai mata. Jika Anda mengalami efek samping ini dan kondisinya semakin memburuk, segera periksakan diri Anda ke dokter.Umumnya berbagai efek samping di atas jarang terjadi karena ketika dokter memberikan Anda obat yang mengandung benzyl alkohol atau dalam bentuk losion, artinya dokter telah mempertimbangkan bahwa manfaat penggunannya akan lebih besar dibandingkan kemungkinan munculnya efek samping.Itulah beberapa hal mengenai benzyl alkohol yang menarik untuk Anda ketahui. Penggunaan bahan ini dalam suatu produk dapat membantu produk tersebut menjadi lebih tahan lama dan memiliki aroma yang sedikit manis.Sebagai pengobatan, benzyl alkohol umumnya tidak berbahaya meski memiliki efek samping. Namun, jika Anda menunjukkan gejala alergi, seperti ruam, bengkak, gatal, dan kesulitan untuk bernapas, segeralah periksakan diri Anda ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.
produk kecantikan
Webmd
https://www.webmd.com/drugs/2/drug-150360/benzyl-alkohol-topical/detai
Diakses 25 April
Drugs
https://www.drugs.com/inactive/benzyl-alkohol-334.html
Diakses 25 April
Birdie
https://www.byrdie.com/benzyl-alkohol-for-skin-4774552#what-is-benzyl-alkohol
Diakses 25 April
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait