Manfaat Bengkoang untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa

(0)
22 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat bengkoang untuk ibu hamil adalah sebagai sumber asam folatBengkoang memiliki beberapa manfaat untuk ibu hamil
Bengkoang atau bengkuang (Jícama Pachyrhizus) merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain dikonsumsi sebagai pelengkap rujak dan asinan, tahukah Anda kalau ada manfaat bengkoang untuk ibu hamil?Buah bengkoang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan dalam kehamilan. Sehingga, buah yang sering dijadikan rujak ini dapat dijadikan sebagai salah satu makanan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Manfaat bengkoang untuk ibu hamil

Manfaat bengkoang untuk ibu hamil berkaitan dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti asam folat dan serat. Kedua nutrisi ini dibutuhkan selama masa kehamilan. Selain itu, buah bengkoang juga dapat membantu mengurangi gejala-gejala kehamilan yang mengganggu.

1. Sumber asam folat

Salah satu nutrisi kehamilan yang harus dipenuhi ibu hamil adalah asam folat. Nutrisi ini memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan janin. Selain itu, kekurangan asam folat juga dapat mengakibatkan terjadinya cacat tabung saraf pada janin.Manfaat bengkoang bagi ibu hamil adalah membantu memenuhi kebutuhan asam folat harian. Cobalah untuk mengonsumsi bengkoang setidaknya dua buah setiap hari untuk merasakan manfaatnya. Bengkoang juga memiliki efek samping yang lebih kecil jika dibandingkan dengan suplemen folat .

2. Mencegah sembelit

Sembelit dan gangguan pencernaan termasuk keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Manfaat bengkoang untuk ibu hamil lainnya adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan selama masa kehamilan.Bengkoang memiliki kandungan inulin dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Inulin dapat membantu meredakan radang pencernaan, sementara serat berperan dalam membersihkan pencernaan sehingga nutrisi bisa lebih mudah diserap. Selain itu, serat juga dapat membantu pergerakan usus sehingga sembelit bisa diatasi.

3. Memperkuat sistem imun

Ibu hamil rentan terhadap kelelahan dan infeksi sejumlah penyakit. Manfaat bengkoang untuk ibu hamil dalam hal ini adalah membantu memperkuat sistem imun supaya ibu hamil dan janin tidak mudah terinfeksi penyakit.Manfaat buah bengkoang ini bersumber dari kandungan vitamin C-nya yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dan antiradang bagi tubuh.

Manfaat bengkoang lainnya bagi kesehatan

Buah bengkoang
Bengkoang juga memiliki sejumlah manfaat lain untuk kesehatan
Selain manfaat bengkoang bagi ibu hamil, ada sejumlah manfaat lain yang bisa Anda nikmati dari buah ini.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Seperti tumbuhan umbi akar pada umumnya, bengkoang memiliki manfaat dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah.Manfaat ini berasal dari kandungan serat dalam bengkoang menyerap kelebihan kolesterol yang terdapat pada usus dan membantu untuk membuangnya dari tubuh melalui urine.

2. Mencerahkan kulit

Bengkoang sudah banyak digunakan sebagai bahan campuran kosmetik. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya bermanfaat untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh, termasuk pada kulit. Hasilnya, kulit dapat terlihat lebih muda, segar, dan cerah.

3. Mengontrol gula darah

Jika Anda memiliki kadar gula darah yang kurang stabil, Anda dapat memanfaatkan buah bengkoang sebagai solusi mengatasinya. Buah ini sudah lama dimanfaatkan untuk menstabilkan kadar gula darah.Manfaat ini bisa Anda dapatkan berkat kandungan inulin yang mampu memenuhi kebutuhan gula darah Anda tanpa membuat kadarnya melewati batas. Selain itu, inulin juga tidak mengandung kalori sehingga berat badan Anda tidak akan naik.

4. Menenangkan saraf dan otot

Stres bisa menjadi pemicu ketegangan saraf dan otot. Jika Anda mengalami masalah ini, bengkoang bisa memberi keuntungan bagi kesehatan saraf dan otot. Pasalnya, buah ini dapat membantu merelaksasi otot.Selain itu, ada pula manfaat bengkoang untuk ibu hamil juga bisa didapatkan dari sini, yaitu meringankan kram atau otot kaki tegang yang terkadang muncul di masa kehamilan.

5. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan pada kanker juga berfungsi untuk melindungi sel dan menghalau radikal bebas. Dengan demikian, bengkoang juga dapat membantu menurunkan risiko kanker.

6. Mencegah skorbut

Skorbut adalah gangguan kesehatan yang disebabkan kekurangan vitamin C. Penderita skorbut biasanya ditandai dengan gusi berdarah dan luka atau pecah-pecah di sudut bibir. Selain itu, gejala awal skorbut juga bisa terasa parah, seperti badan terasa lemah, nyeri atau pegal di tangan dan kaki, hingga rasa sakit di punggung.Kandungan vitamin C yang terkandung dalam bengkoang dapat membantu mencegah dan meringankan gejala skorbut. Khasiat vitamin ini juga dapat meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit.Mengonsumsi bengkoang dalam porsi wajar umumnya tidak menimbulkan efek samping. Namun, selain daging pada buah akarnya, bagian bengkoang lainnya tidak boleh dimakan. Sebab, kulit, batang, biji, dan daun bengkoang termasuk beracun.Jika Anda punya pertanyaan makanan sehat untuk ibu hamil, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
nutrisi ibu hamilasam folatbuah dan sayuran
Natura Food Series. https://www.naturalfoodseries.com/11-surprising-health-benefits-jicama/
Diakses 8 Februari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/food-recipes/jicama-health-benefits
Diakses 8 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait