Manfaat Belerang untuk Kulit, Atasi Jerawat Hingga Rosacea

Salah satu manfaat belerang adalah sebagai campuran dalam obat oles untuk mengatasi jerawat
Belerang sering menjadi salah satu bahan dalam produk antijerawat

Tahukah Anda, belerang yang digunakan sebagai bahan dasar pupuk termasuk salah satu pengobatan jerawat yang tertua? 

Ya, sudah berabad-abad belerang atau sulfur dipercaya dapat mengatasi jerawat. Tak heran jika kini belerang banyak dijadikan sebagai bahan utama dalam produk-produk antijerawat.

Meski begitu, manfaat belerang sebenarnya tak sekadar untuk mengatasi jerawat. Mari simak khasiat lainnya di sini!

Apa itu belerang?

Belerang adalah unsur alami yang terdapat dalam tubuh manusia. Setelah kalsium dan fosfor, senyawa yang juga disebut sulfur ini merupakan jenis mineral paling berlimpah dalam tubuh kita. 

Tak hanya itu, belerang juga bisa ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Misalnya, bawang, telur, dan bahan pangan yang kaya protein lainnya. 

Belerang terkenal karena aromanya yang kurang sedap dan menyengat, layaknya bau telur busuk. Sejak zaman kuno, bahan ini sudah dipakai untuk mengatasi beragam masalah kulit. Mulai dari jerawat, ketombe, dermatisis, rosacea, hingga kutil. 

Hingga kini, manfaat belerang tetap dipercaya dalam pengobatan jerawat serta sebagai bahan campuran pada produk kesehatan dan kecantikan kulit. Contohnya, sabun, losion, dan masker. 

Apa sebenarnya manfaat belerang untuk kesehatan kulit?

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa belerang bisa berguna untuk perawatan dan kecantikan kulit. Mari simak penjelasan di bawah ini:

  • Mengobati jerawat

Cara kerja belerang mirip dengan benzoil peroksida dan asam salisilat, yang sering disertakan dalam obat jerawat.

Menurut sebuah penelitian, belerang lebih cocok digunakan untuk jerawat berukuran sedang, yang meradang, dan jenis komedonal. Pasalnya, senyawa ini kurang efektif jika digunakan untuk jerawat yang sudah parah atau tipe kistik yang bermasalah. 

Anda bisa memilih obat jerawat dengan kandungan belerang sekaligus resorcinol atau sodium sulfacetamide. Bahan-bahan ini dapat mengurangi peradangan sekaligus melembapkan kulit sehingga lebih efektif untuk penyembuhan jerawat. 

Agar jerawat cepat hilang, obat jerawat berbahan belerang juga dapat dikombinasikan dengan pengobatan jerawat lain. 

Namun pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan perawatan jerawat apapun, khususnya bila jerawat Anda tergolong parah. 

  • Mengurangi sebum dan mengelupas kulit mati

Manfaat belerang selainjutnya adalah mampu meminimalkan produksi minyak atau sebum pada kulit. Seperti yang Anda tahu, sebum yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori, sehingga bakteri penyebab jerawat bisa berkembang biak di dalamnya. 

Belerang juga dapat mengelupas sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori kulit. Dengan ini, proses membersihkan wajah menjadi lebih terjamin. 

  • Memudarkan bekas jerawat

Bekas jerawat memang sulit dihilangkan, tapi Anda dapat mencoba mengatasinya dengan belerang. Pasalnya, sulfur mampu mengelupas sel-sel kulit mati, sehingga membantu dalam memudarkan bekas jerawat. 

Tapi Anda sebaiknya tak hanya bergantung pada belerang untuk memudarkan bekas jerawat. Apalagi jika noda ini susah sekali hilang. Cobalah untuk memeriksakannya ke dokter kulit agar bisa diatasi dengan tepat. 

  • Mengatasi rosacea

Manfaat belerang yang lainnya adalah untuk mengatasi rosacea, yakni penyakit kulit yang ditandai dengan bercak-bercak kulit kemerahan. Kondisi ini umumnya muncul di hidung, pipi, dan dahi. 

Penyebab rosacea belum diketahui secara pasti hingga sekarang. Namun kombinasi faktor genetik dan lingkungan diduga menjadi dalangnya. 

Rosacea dapat ditangani dengan pemberian krim yang mengandung belerang. Bahkan krim ini dikatakan sama efektifnya dengan obat antibiotik tetrasiklin yang biasa digunakan untuk mengobati rosacea

Anda dapat mengoleskan krim belerang pada wajah sebanyak satu kali dalam sehari. Lakukan langkah ini selama delapan minggu untuk mengurangi gejala rosacea

Menurut penelitian tertentu, belerang tak hanya dapat membantu dalam mengatasi rosacea. Senyawa ini juga bisa meningkatkan manfaat dari terapi topikal (oles) dan oral (minum) lainnya untuk rosacea. 

  • Menangani kulit gatal akibat gigitan tungau

Tungau adalah hewan kecil yang mirip dengan serangga, tapi tidak bersayap maupun memiliki mata. Ukurannya yang sangat kecil, jadi Anda bisa saja tak menyadari jika telah terpapar dan digigit oleh hewan ini. 

Meski tak berbahaya, gigitan tungau dapat menimbulkan gejala yang mengganggu. Kulit bisa mengalami gatal-gatal dan kemerahan.

Biasanya, gigitan tungau menular melalui kontak fisik. Misalnya, karena saling meminjamkan pakaian atau handuk dengan orang yang sudah terinfeksi.

Salah satu cara mengatasi keluhan karena gigitan tungau adalah dengan mengoleskan salep yang mengandung belerang pada area kulit yang terkena.

Anda bisa mengoleskan pada malam hari selama 3-6 malam. Tapi ingatlah bahwa obat yang mengandung belerang umumnya memiliki aroma yang kurang sedap. 

Adakah efek samping belerang?

Seperti bahan lainnya yang terdapat dalam obat jerawat, belerang bisa memiliki efek samping. Kulit kemerahan, kering, terkelupas, dan gatal termasuk efek samping yang paling sering terjadi akibat pemakaian belerang. Khususnya ketika Anda baru pertama kali menggunakannya. 

Dalam bentuk topikal (seperti krim, losion, dan salep), belerang tergolong aman. Bahkan senyawa ini bahkan dianggap lebih aman dari bahan lainnya untuk orang dengan kulit sensitif

Sementara efek samping suplemen yang mengandung belerang belum diketahui secara pasti. Jadi pastikan Anda senantiasa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Catatan dari SehatQ

Manfaat belerang untuk kesehatan dan kecantikan kulit memang sudah terbukti. Untuk jerawat yang ringan hingga sedang, Anda dapat memanfaatkan salep belerang agar kondisi kulit Anda cepat pulih.

Tapi jika jerawat Anda sudah parah, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kulit. Dengan ini, bisa mendapatkan langkah pengobatan yang tepat untuk mempercepat penyembuhan.

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap belerang, Anda juga harus berhati-hati. Belerang bisa menyebabkan gatal-gatal, kulit kemerahan, hingga bengkak. Jika Anda mengalami keluhan ini, segeralah ke dokter.

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/sulfur-what-should-i-know-about-it-89517
Diakses pada 21 Februari 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/treating-acne-with-sulfur-15860
Diakses pada 21 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sulfur-for-acne
Diakses pada 21 Februari 2020

RxList. https://www.rxlist.com/sulfur/supplements.htm
Diakses pada 21 Februari 2020

Artikel Terkait