Inilah Manfaat Bayam untuk Kanker dan Diabetes yang Wajib Anda Ketahui

22 Jul 2019 | Oleh
Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari
Ada banyak manfaat bayam untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan diabetes
Bayam ternyata memiliki manfaat untuk penyakit kanker dan diabetes

Di samping harganya yang murah dan mudah didapat, bayam merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi. Bayam mengandung zat besi, protein, vitamin, mineral, dan nutrisi-nutrisi lain yang baik untuk tubuh.

Tak hanya sedap untuk disantap, bayam juga ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Bayam bahkan memiliki manfaat untuk penyakit kanker dan diabetes yang telah terbukti kebenarannya.

Manfaat bayam untuk kanker dan diabetes

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam bayam sangat bermanfaat untuk kanker dan diabetes. Beberapa manfaat bayam untuk kanker dan diabetes, antara lain:

  • Menurunkan glukosa

Diabetes dapat menyebabkan kelebihan gula dalam darah Anda. Hal ini tentu dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Namun, kandungan antioksidan dalam bayam yang disebut dengan asam alfa-lipoat terbukti mampu menurunkan kadar glukosa. Jika Anda penderita diabetes, maka mengonsumsi bayam menjadi pilihan yang baik untuk Anda karena bayam juga rendah gula.

  • Meningkatkan sensitivitas insulin

Ketika Anda mengonsumsi bayam, sensitivitas insulin Anda akan meningkat. Sensitivitas insulin adalah seberapa sensitif tubuh dalam merespons insulin. Jika sensitivitas insulin tinggi, maka sel-sel tubuh dapat menggunakan glukosa darah secara lebih efektif sehingga mengurangi gula yang ada dalam tubuh.

  • Mencegah stres oksidatif

Stres oksidatif merupakan proses kunci yang menimbulkan terjadinya komplikasi diabetes. Namun, kandungan antioksidan dalam bayam bisa mencegah stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh.

  • Menurunkan neuropati perifer dan otonom

Bayam dapat menurunkan neuropati perifer dan neuropati otonom pada penderita diabetes. Yang dimaksud dengan neuropati perifer adalah kerusakan saraf pada telapak kaki, kaki, lengan atau tangan. Sementara, neuropati otonom adalah kerusakan saraf pada jantung, kandung kemih atau lambung atau mata.

  • Mencegah kanker

Kandungan klorofil dalam bayam efektif memblokir karsinogenik, yaitu zat yang menyebabkan kanker. Selain itu, zat lutein dan zeaxanthin yang ada dalam bayam juga dapat melindungi Anda dari kanker mulut, kerongkongan, dan perut. Bahkan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa karotenoid dalam bayam bisa mengurangi risiko kanker ovarium, endometrium, paru-paru, dan kanker kolorektal.

Manfaat lain bayam bagi kesehatan

Selain memiliki manfaat untuk kanker dan diabetes, terdapat berbagai manfaat lain dari bayam untuk kesehatan. Berikut manfaat lain dari bayam yang perlu Anda ketahui:

  • Mencegah asma

Asma lebih jarang terjadi pada orang yang memiliki asupan beta karoten yang tinggi. Adapun salah satu sumber beta karoten yang tinggi adalah bayam. Oleh sebab itu, mengonsumsi bayam dapat membantu mencegah terjadinya asma.

  • Menurunkan tekanan darah

Asupan natrium yang tinggi bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Namun, kandungan kalium yang tinggi dalam bayam mampu mengurangi efek natrium dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, cobalah untuk masukkan bayam ke dalam menu sehari-hari Anda.

  • Kesehatan tulang

Asupan vitamin K yang rendah dalam tubuh dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Namun, bayam memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan tulang.

  • Kesehatan kulit dan rambut

Bayam mengandung banyak vitamin A yang dapat membantu melembapkan kulit dan rambut. Selain itu, kandungan vitamin A dalam bayam juga bermanfaat untuk pertumbuhan seluruh jaringan tubuh. Bukan hanya itu, bayam juga bisa memelihara struktur kulit dan rambut karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Selain itu, zat besi dalam bayam juga dapat mencegah kerontokan rambut.

  • Kesehatan mata

Karoten yang tinggi dalam bayam juga baik untuk kesehatan mata. Bahkan zeaxanthin dan lutein dalam bayam dapat mencegah katarak yang merupakan penyebab utama kebutaan. Bayam juga bisa membantu memperbaiki kerusakan mata yang ada.

  • Mencegah cacat lahir

Kandungan folat yang terdapat dalam bayam bisa membantu memperbaiki DNA. Ini juga penting bagi wanita hamil karena dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin.

Beragam manfaat bayam bagi kesehatan yang disebutkan di atas menjadikan sayuran hijau ini sebagai sayuran yang wajib dikonsumsi. Anda dapat mengonsumsi bayam dengan cara dibuat sup, direbus, ataupun dijadikan jus.

Ketika Anda ingin mengonsumsi bayam, Anda dapat membeli bayam di pasar ataupun toko swalayan. Namun, jika Anda menginginkan bayam organik yang lebih terjamin mutunya karena bebas pestisida, maka Anda harus membelinya di toko sayuran organik meski harganya tentu lebih mahal.

Sebelum mengolah bayam, ada baiknya bila bayam tersebut dicuci terlebih dahulu untuk mengurangi risiko masuknya bakteri atau zat berbahaya bagi tubuh.

Meski diperbolehkan, sebaiknya hindari mengonsumsi bayam yang telah dipanaskan berkali-kali. Proses pemanasan makanan yang terjadi secara berkali-kali akan menghilangkan kandungan nutrisi yang ada di dalam bayam.

Referensi

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270609.php
Diakses pada Juli 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323027.php
Diakses pada Juli 2019

Web MD. https://www.webmd.com/cancer/features/seven-easy-to-find-foods-that-may-help-fight-cancer#1
Diakses pada Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/spinach#downsides
Diakses pada Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/symptoms-causes/syc-20371444
Diakses pada Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetic-neuropathy/symptoms-causes/syc-20371580
Diakses pada Juli 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3286717/
Diakses pada Juli 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top