Manfaat Bayam Merah, Lebih Bergizi dari Bayam Hijau?


Manfaat bayam merah adalah menyehatkan pencernaan, mengatasi anemia, dan sebagai alternatif protein yang baik untuk kesehatan. Simak ulasan lengkapnya di sini.

(0)
19 Nov 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat bayam merah tidak kalah dengan bayam hijauBayam merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan
Bagi Anda yang sering mengonsumsi bayam hijau, tidak ada salahnya mencoba sedikit variasi dengan menjajal bayam merah. Selain warnanya yang menarik, manfaat bayam merah untuk kesehatan juga tak kalah dengan bayam hijau. Sayuran ini juga memiliki rasa yang cenderung sama dengan bayam hijau.Bayam merah datang dari keluarga Amaranthacea dengan genus Amaranthus dan dikenal juga sebagai bayam China. Meski kurang populer di Indonesia, tumbuhan yang memiliki daun warna merah atau keunguan ini sering digunakan untuk pengganti bayam hijau yang biasa kita jumpai.

Manfaat bayam merah bagi kesehatan

Bayam merah teruji secara klinis kaya akan serat dan zat besi. Selain itu, ia juga mengandung antioksidan yang kesemua kandungannya ini berguna bagi kesehatan manusia.Banyak nutrisi yang terkandung dalam bayam merah, terutama vitamin C (60,33%), mangan (49,43%), zat besi (37,25%), Kalsium (27,60%), dan vitamin A (26,14%).Sebuah penelitian bahkan mengungkap kandungan prorein, kalsium, dan zat besi yang dikandung pada bayam merah lebih tinggi dari bayam hijau. Semakin tua bayam merah, kadar zat besinya juga semakin meningkat.Berikut beberapa manfaat bayam merah untuk kesehatan tubuhyang dapat Anda rasakan.

1. Menyehatkan pencernaan

Kandungan bayam merah yang tinggi serat dapat menyehatkan saluran cerna, bahkan aman dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar. Selain itu, makanan berserat seperti bayam merah ini juga cocok dikonsumsi oleh Anda yang ingin menurunkan berat badan, menderita diabetes melitus, dan kolesterol darah tinggi.

2. Mengatasi anemia

Pusing karena anemia dapat diatasi dengan konsumsi bayam merah
Bayam merah cocok dikonsumsi oleh penderita anemia defisiensi besi
Bayam merah memiliki kandungan  zat besi tinggi yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan menyehatkan metabolisme tubuh secara keseluruhan. Selain itu,  bayam merah juga mengandung vitamin C yang dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

3. Menguatkan sistem imun

Manfaat bayam merah ini datang dari kandungan vitamin C yang penting untukmengatasi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Vitamin C juga dapat menangkal radikal bebas di lingkungan yang kerap dihubungkan sebagai penyebab penuaan dini hingga penyakit kanker.

4. Alternatif protein

Kandungan protein yang tinggi menjadikan manfaat daun bayam merah sebagai sumber protein nabati yang baik. Protein nabati cenderung rendah lemak dibanding protein dari daging hewan dan tidak mengandung kolesterol.

5. Mengatasi rambut rontok

Kandungan asam amino lisin dalam bayam merah dapat membantu merangsang penyerapan energi dan kalsium lebih baik pada tubuh. Selain itu, lisin juga mampu mengatasi masalah rambut, seperti rambut rontok dan rambut memutih sebelum waktunya.

6. Mencegah osteoporosis

Bayam merah merupakan sayuran yang kaya akan kandungan kalsium dan vitamin K. Kedua nutrisi ini terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah datangnya berbagai penyakit, salah satunya ialah osteoporosis.[[artikel-terkait]]

Apakah bayam merah beracun?

Hindari mengonsumsi bayam merah yang sudah didiamkan selama lebih dari 5 jam. Pasalnya, bayam merah akhirnya bisa mengandung nitrat (NO3) yang bila teroksidasi dengan udara akan menjadi nitrit (NO2) yang bersifat tidak berwarna, tidak berbau, dan beracun sehingga sulit untuk dikenali. Selain itu, konsumsi bayam sesegera mungkin setelah Anda membeli dan mengolahnya. Jangan terlalu lama disimpan dalam lemari es, karena senyawa nitrit yang bersifat racun kadarnya akan terus meningkat.

Hal yang harus diperhatikan saat mengolah bayam merah

Pilih bayam merah organik yang bebas pestisida dan aman bagi tubuh
Bayam merah dapat diolah dengan cara direbus, dikukus, maupun dijadikan campuran jus
Beragam manfaat bayam bagi kesehatan yang disebutkan di atas menjadikan sayuran hijau ini sebagai sayuran yang wajib dikonsumsi. Ketika Anda ingin mengonsumsi bayam, Anda dapat membeli bayam di pasar ataupun toko swalayan. Namun, jika Anda menginginkan bayam organik yang lebih terjamin mutunya karena bebas pestisida, maka Anda harus membelinya di toko sayuran organik meski harganya tentu lebih mahal.Sama seperti bayam hijau, bayam merah bisa diolah dengan berbagai cara. Untuk mendapatkan manfaat bayam merah terbaik, sebaiknya konsumsi dalam bentuk mentah seperti salad.Meski demikian, bayam merah juga bisa direbus (sayur bayam merah), dikukus (untuk pecel), ditumis, maupun diminum sebagai jus. Bayam merah pun bisa menjadi campuran makanan lain, seperti mie maupun sup.Untuk mendapatkan manfaat bayam merah,  Anda juga harus memerhatikan cara mengolahnya. Jangan memasak bayam merah terlalu lama karena akan merusak nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan zat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Jangan mengonsumsi bayam merah secara berlebihan, apalagi jika Anda memiliki alergi lisin. Sekalipun manfaat bayam merah untuk kesehatan cukup banyak, sayuran ini dapat menyebabkan sakit perut hingga diare yang menandakan Anda sebaiknya membatasi konsumsi makanan kaya nutrisi ini.Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar bayam merah dan manfaatnya bagi tubuh, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmakanan dietbuah dan sayuran
Academia. https://www.academia.edu/31056729/PEMANFAATAN_BAYAM_MERAH_BLITUM_RUBRUM_UNTUK_MENINGKATKAN_KADAR_ZAT_BESI_DAN_SERAT_PADA_MIE_KERING_USE_OF_SPINACH_RED_BLITUM_RUBRUM_TO_INCREASE_LEVELS_IRON_AND_FIBER_ON_DRY_NOODLE
Diakses pada 19 November 2019
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/232276940_Amaranth_A_New_Millennium_Crop_of_Nutraceutical_Values
Diakses pada 19 November 2019
Health Benefits Times. https://www.healthbenefitstimes.com/amaranth-greens/
Diakses pada 19 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/spinach#downsides
Diakses pada 23 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait