Manfaat Bawang Putih untuk Telinga, Memang Ada?

(0)
20 Nov 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Bawang putih dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksiBawang putih disinyalir punya manfaat bagi kesehatan telinga
Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga dipercaya sejak zaman dahulu sebagai obat herbal yang mujarab. Bawang putih dianggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk telinga.Meski belum bisa dibuktikan secara ilmiah, namun ada banyak orang yang memercayai anggapan ini. Lantas, sebenarnya apa manfaat bawang putih untuk telinga?

Manfaat bawang putih untuk infeksi telinga

Bawang putih kaya akan antioksidan yang memiliki sifat antivirus, antibakteri, antijamur, dan antiperadangan. Oleh sebab itu, bawang putih dapat membantu menghilangkan rasa sakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melawan infeksi.Bawang putih juga digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah telinga, seperti infeksi telinga, sakit telinga, dan tinnitusInfeksi ini terjadi ketika bakteri atau virus menyebabkan peradangan di belakang gendang telinga. Mengonsumsi bawang putih mentah pun dianggap bisa mengurangi sakit telinga yang Anda alami.Senyawa dalam bawang putih dikenal dengan Allicin. Senyawa ini dianggap dapat membantu memerangi infeksi bakteri yang menyebabkan sakit telinga. Sebuah studi yang melibatkan 103 anak dengan infeksi telinga tengah menemukan bahwa tetes telinga naturopatik yang mengandung bawang putih dan bahan herbal lain, sama efektifnya dengan obat tetes telinga yang dijual bebas dalam menangani sakit telinga.Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar memastikan keamanan dan manfaat bawang putih untuk telinga.

Menggunakan bawang putih untuk sakit telinga

Disarankan untuk tidak melakukannya karena keamananya belum terbukti. Suatu penelitian menjelaskan mengenai cara membuat obat tetes telinga.Dijelaskan bahwa  dapat membuat minyak bawang putih sendiri dengan mudah, seperti:
  • Kupas 1 siung bawang putih dan cincang dengan kasar. Selalu gunakan bawang putih yang segar karena memasok senyawa yang paling kuat.
  • Masukkan bawang putih tersebut ke dalam wajan dan tambahkan 2-4 sdm minyak zaitun.
  • Panaskan dengan api yang kecil, dan aduk minyak hingga harum.
  • Jika sudah, angkat panci agar panas minyak berkurang menjadi hangat.
  • Selanjutnya, tuang minyak bawang putih ke dalam toples kaca kecil yang memiliki pipet dan saring potongan bawang putihnya.
Menggunakan tetes telinga minyak bawang putih tentu tidak boleh dilakukan sembarangan. Orang yang mengalami sakit telinga atau infeksi telinga harus berbaring miring dengan telinga yang sakit menghadap ke atas.Lalu, masukkan 2 atau 3 tetes minyak bawang putih hangat ke dalam telinga. Anda dapat meletakkan kapas di atas telinga untuk mencegah minyak merembes keluar.Bawang dapat menyebabkan perdarahan maka jangan coba-coba tips di atas tanpa arahan dokter, jika sakit telinga semakin parah, segera periksakan diri Anda pada dokter. Bawang putih juga dapat mengganggu kerja antibiotik, jadi sebelum menggunakannya pastikan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.
infeksi telingabuah dan sayuranbawang putih
Healthline. https://www.healthline.com/health/garlic-in-ear#takeaway
Diakses pada 20 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/312634.php#2
Diakses pada 20 November 2019
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/379976-a-home-remedy-for-ear-infection-with-garlic/
Diakses pada 20 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait