Manfaat Bawang Merah untuk Rambut Lengkap dengan Cara Menggunakannya


Manfaat bawang merah untuk rambut diyakini bisa menyehatkan folikel rambut sehingga meningkatkan ketebalan dan kekuatan rambut. Namun, ketahui cara menggunakannya dengan aman agar terhindar efek sampingnya.

(0)
06 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat bawang merah untuk rambut dipercaya bisa atasi kebotakanManfaat bawang merah untuk rambut didapat dari kandungan nutrisinya
Manfaat bawang merah untuk rambut tidak lepas dari berbagai macam kandungan nutrisinya. Sebab, berbagai nutrisi yang dimiliki bawang merah diyakini dapat menyehatkan folikel rambut sehingga meningkatkan ketebalan dan kekuatan rambut. Bahkan, khasiat bawang merah untuk rambut sudah dipercaya selama puluhan tahun sebagai solusi perawatan rambut rusak alami. Penasaran dengan manfaat bawang merah untuk rambut selengkapnya? Kenali dulu ulasan selengkapnya dalam artikel ini.

Manfaat bawang merah untuk rambut

Manfaat bawang merah untuk rambut memang belum diteliti secara mendalam oleh para ahli. Namun, beberapa riset menunjukkan bahwa khasiat bawang merah cukup manjur dalam mengatasi sejumlah masalah rambut.Adapun manfaat bawang merah untuk rambut adalah sebagai berikut. 

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat bawang merah untuk rambut lebih lebat
Manfaat bawang merah untuk merangsang pertumbuhan rambut
Salah satu manfaat bawang merah untuk rambut adalah merangsang pertumbuhan rambut pada sebagian orang.Khasiat ini muncul berkat kandungan sulfur pada bawang merah. Sebuah teori menyatakan khasiat bawang merah untuk rambut berasal dari kandungan sulfur di dalamnya. Sulfur adalah salah satu zat mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi enzim dan protein. Sulfur ditemukan dalam asam amino, komponen dalam protein. Protein, terutama keratin, dikenal kaya akan kandungan sulfur yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Drug Delivery and Therapeutics melihat kemampuan khasiat bawang merah untuk pertumbuhan rambut. Studi tersebut juga menemukan bahwa sampo bawang merah memberikan lebih banyak nutrisi lebih baik untuk folikel rambut, melembapkan rambut, dan mempercepat pertumbuhan rambut secara alami.

2. Mencegah rambut rontok

Mencegah rambut rontok juga menjadi manfaat bawang merah untuk rambut berikutnya.Ketika dioleskan pada kulit kepala dan rambut, bawang merah dapat memperkuat dan menebalkan rambut. Dengan demikian, masalah kerontokan rambut dapat dicegah. Di samping itu, khasiat bawang merah untuk rambut satu ini tidak terlepas dari kandungan antioksidannya. Antioksidan dikenal ampuh dalam melawan radikal bebas.Radikal bebas bisa menjadi penyebab penuaan terjadi, termasuk rusaknya folikel rambut yang memicu kerontokan rambut.Dengan melawan radikal bebas, antioksidan dalam bawang merah mampu menjaga kesehatan folikel rambut.

3. Mencegah rambut beruban

Manfaat bawang merah untuk rambut beruban
Manfaat bawang merah diyakini bisa cegah rambut beruban
Manfaat bawang merah untuk rambut beruban mungkin bisa menjadi kabar baik bagi beberapa orang yang mengalami masalah satu ini. Khasiat bawang merah untuk rambut sudah lama dilakukan sebagai cara menghilangkan rambut uban alamiKandungan senyawa antioksidan pada bawang merah, yang disebut katalase, dapat membantu mengurangi hidrogen peroksida di akar rambut. Hal inilah yang dianggap dapat mencegah rambut agar tidak beruban.Kendati demikian, perlu diketahui bahwa manfaat bawang merah untuk rambut beruban ini belum terbukti ilmiah mengenai keefektifannya sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

4. Mengurangi ketombe

Manfaat bawang merah untuk rambut berikutnya adalah mengurangi ketombe.Sifat antibakteri, antijamur, dan antiseptik yang tinggi pada bawang merah diklaim mampu melawan ketombe membandel. Kendati demikian, belum banyak hasil studi yang membuktikan khasiat bawang merah untuk rambut ini secara ilmiah. Jika ingin menggunakannya, gunakan bawang merah untuk mengurangi masalah ketombe yang bersifat ringan.

5. Melembapkan rambut kering dan rapuh

Manfaat bawang merah untuk rambut kering dan rapuh agar lebih lembap
Melembapkan rambut kering dan rapuh jadi khasiat bawang merah untuk rambut
Manfaat bawang merah untuk rambut disinyalir bisa melembapkan rambut kering dan rapuh. Bawang merah diyakini mengandung sejumlah senyawa yang dapat membantu mengatasi rambut kering dan rusak. Misalnya, flavonoid, seperti kaempferol dan quercetin. Senyawa ini memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan vasodilatasi (melebarkan pembuluh darah) yang membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

6. Merangsang produksi kolagen

Merangsang produksi kolagen disebut sebagai manfaat bawang merah untuk rambut dan kulit kepala. Kandungan sulfur pada bawang merah dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen dapat membantu meningkatkan sel-sel kulit dan pertumbuhan rambut yang sehat. 

7. Mencegah infeksi kulit kepala

Tahukah Anda kalau manfaat bawang merah untuk rambut dipercaya dapat mencegah infeksi kulit kepala? Bawang merah mengandung zat antimikroba yang diklaim mampu mencegah infeksi kulit kepala. Dalam beberapa kasus, infeksi kulit kepala dapat menyebabkan rambut rontok. Jika kulit kepala sehat maka folikel rambut dianggap menjadi lebih kuat. 

8. Menenangkan kulit kepala

Untuk kulit kepala, manfaat bawang merah dipercaya bisa menenangkan kulit kepala, terutama saat kulit kepala kering dan terasa gatal.Sifat antiradang di dalamnya dapat membantu menenangkan kulit kepala yang gatal. Cara menggunakannya, Anda bisa mencampurkan ekstrak bawang merah dengan bahan alami lainnya yang berkhasiat menenangkan kulit kepala. 

9. Mengatasi masalah kebotakan

Manfaat bawang merah untuk rambut yang botak
Oleskan bawang merah pada area kulit kepala yang mengalami kebotakan
Mengatasi masalah kebotakan juga diyakini menjadi manfaat bawang merah untuk rambut.Sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Dermatology melibatkan partipisan penderita alopecia areata, yakni kondisi penyebab kebotakan berpola. Dalam riset tersebut, para peneliti menemukan bahwa rambut mulai tumbuh pada area kulit kepala yang mengalami kebotakan setelah  mengoleskan air bawang merah ke permukaan kulit kepala 2 kali sehari selama 2 minggu. Lebih dari 74% responden mendapatkan hasil yang menjanjikan setelah menggunakan air bawang merah selama 4 minggu. Pada minggu keenam, pertumbuhan rambut pada area kulit kepala yang mengalami kebotakan pun meningkat hingga 87%.Perlu dicatat, riset ini diikuti responden pria dan wanita. Namun, responden pria yang terbukti ampuh merasakan manfaat bawang merah untuk rambut.Walaupun menunjukkan hasil positif, penelitian mengenai khasiat bawang merah untuk rambut ini masih berskala kecil karena hanya diikuti oleh 38 partisipan.Maka dari itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya.

Cara menggunakan bawang merah untuk rambut

Cara menggunakan bawang merah untuk rambut tentu harus dipahami. Jika tidak dilakukan dengan benar, khasiat bawang merah untuk rambut mungkin tidak akan terasa maksimal.Cara menggunakan bawang merah untuk rambut cukup mudah dengan tahapan berikut ini.
  • Kupas 4 siung bawang merah dan potong kecil-kecil.
  • Buat ekstrak cairan bawang merah dengan cara memerasnya atau menghancurkannya dengan blender.
  • Kemudian, letakkan bawang merah yang sudah dihaluskan di atas kain bersih. Setelah itu, Anda bisa memeras sampai bawang merah mengeluarkan air.
  • Oleskan air bawang merah ke permukaan kulit kepala dan akar rambut.
  • Diamkan selama 15 menit, bilas rambut sampai bersih menggunakan sampo.
Aroma bawang merah yang sangat menyengat mungkin tidak disukai banyak orang. Tak perlu khawatir dengan aroma bawang yang ditimbulkan, Anda bisa menggunakan tambahan wewangian dan sedikit air lemon guna menyamarkan aromanya. Anda juga bisa meneteskan sedikit minyak atsiri atau essential oil, seperti lavender atau peppermint untuk memberikan aroma wangi.Selanjutnya, Anda bisa mencampurkan bawang merah dan bahan alaminya sesuai dengan masalah rambut yang ingin ditangani. Misalnya:

1. Cara menggunakan bawang merah untuk rambut beruban

Cara memperoleh manfaat bawang merah untuk rambut beruban adalah sebagai berikut.
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan 3 sendok teh air bawang merah dan 2 sendok teh air lemon. Aduk merata.
  • Oleskan pada kulit kepala dan helaian rambut secara menyeluruh.
  • Diamkan selama 30 menit. 
  • Bilas rambut dengan sampo sampai bersih. 
Lakukan langkah ini 3-4 kali dalam seminggu guna mendapatkan khasiat bawang merah untuk rambut beruban yang maksimal.Anda juga bisa menggunakan kapas yang dibasahi air bawang merah, lalu oleskan pada kulit kepala. Pijat kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas rambut sampai bersih.

2. Cara menggunakan bawang merah untuk kulit kepala kering

Anda bisa menggunakan bawang merah untuk kulit kepala kering dengan memilih salah satu kombinasi penggunaan bahan alami sebagai berikut. 
  • Campurkan 2 sendok makan air bawang merah dan ½ sendok makan madu asli;
  • Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun dan 3 sendok teh air bawang merah;
  • Campurkan 3 sendok makan air bawang merah, 5 sendok teh minyak kelapa, dan 1 sendok teh air jeruk nipis.
Aduk merata bahan alami yang Anda pilih. Oleskan pada kulit kepala seraya memijatnya perlahan. Diamkan selama 20-30 menit. Kemudian, bilas rambut sampai bersih menggunakan sampo. 

3. Cara menggunakan bawang merah untuk ketombe

Ada dua cara menggunakan bawang merah untuk ketombe, yaitu:
  • Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dan 3 sendok makan air bawang merah. Oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih. 
  • Giling 2 sendok makan biji fenugreek. Kemudian, tambahkan 2 sendok makan air bawang merah dan air putih. Aduk merata sampai teksturnya menjadi pasta masker kental. Oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, bilas sampai bersih. 

Efek samping bawang merah untuk rambut

Efek samping bawang merah untuk rambut mungkin saja mengintai beberapa orang yang memiliki riwayat alergi, terutama alergi bawang. Namun, bagi orang yang tidak mudah mengalami reaksi alergi, efek samping bawang merah untuk rambut berupa kulit kemerahan dan gatal-gatal bisa saja muncul.Untuk lebih amannya, Anda disarankan mengoleskan sedikit air bawang merah ke kulit terlebih dahulu. Jika muncul reaksi alergi, sebaiknya jangan menggunakannya pada area kulit kepala dan rambut.Selain itu, pastikan air bawang merah tidak menyentuh area mata. Sebab, bisa timbul mata merah dan sensasi panas seperti terbakar. Efek samping bawang merah untuk rambut lainnya adalah aroma yang ditimbulkan dapat mengganggu orang-orang di sekitar Anda.

Catatan dari SehatQ

Ingatlah untuk senantiasa berhati-hati sebelum menggunakan bahan alami apa pun, termasuk bawang merah.Pasalnya, efek samping bawang merah untuk rambut bisa saja mengintai Anda. Maka dari itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cocok tidaknya memperoleh khasiat bawang merah untuk rambut.Dengan ini, manfaat bawang merah untuk rambut bisa Anda dapatkan dengan efektif, optimal, dan tetap aman.
Penasaran ingin coba khasiat bawang merah untuk rambut? Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. 
Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
rambut rontokkulit dan kecantikankesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/onion-juice-for-hair
Diakses pada 19 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319515#how-onion-juice-may-help-hair
Diakses pada 19 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/onion-juice-on-hair#possible-side-effects
Diakses pada 25 Februari 2021
Journal of Drug Delivery and Theurapetics. http://www.jddtonline.info/index.php/jddt/article/view/1810/1095
Diakses pada 25 Februari 2021
Journal of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1346-8138.2002.tb00277.x
Diakses pada 25 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait