Manfaat Bawang Merah untuk Rambut, Fakta atau Hanya Mitos?

(0)
06 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat bawang merah untuk rambut didapat dari kandungan nutrisinyaManfaat bawang merah untuk rambut dipercaya bisa atasi kebotakan.
Manfaat bawang merah untuk rambut tak lepas dari berbagai macam kandungan nutrisinya. Faktanya, manfaat bawang merah untuk rambut sudah dipercaya selama puluhan tahun sebagai solusi rumahan rambut rusak.Jika Anda masih ragu akan manfaat bawang merah untuk rambut, kenali dulu penjelasan ilmiahnya ini.

Manfaat bawang merah untuk rambut

Manfaat bawang merah untuk rambut memang belum diteliti secara mendalam oleh para ahli. Namun beberapa riset menunjukkan, manfaat bawang merah untuk rambut cukup manjur dalam mengatasi masalah rambut.Penelitian ini melibatkan penderita alopecia areata, penyakit penyebab kebotakan berpola. Dalam riset ini, para peneliti menemukan, setelah mengoleskan cairan bawang merah ke kulit kepala dua kali sehari selama dua minggu, rambut mulai tumbuh pada bagian kulit kepala yang mengalami kebotakan.Lebih dari 74% responden mendapatkan hasil yang menjanjikan setelah menggunakan air bawang merah selama empat minggu. Di minggu keenam, pertumbuhan rambut pada kulit kepala yang mengalami kebotakan pun meningkat hingga 87%.Perlu dicatat, riset ini diikuti responden pria dan wanita. Namun, responden pria lah yang paling merasakan manfaat bawang merah untuk rambut.Walaupun menunjukkan hasil positif, penelitian mengenai manfaat bawang merah untuk rambut ini masih berskala kecil karena hanya diikuti oleh 38 partisipan.

Manfaat bawang merah untuk rambut tak lepas dari kandungan nutrisinya

Rambut
Manfaat bawang merah untuk rambut
Manfaat bawang merah untuk rambut tak bisa dilepaskan dari kandungan nutrisinya. Sebab, berbagai nutrisi yang dimiliki bawang merah dapat menyehatkan folikel rambut, sehingga mampu meningkatkan ketebalan, kecantikan, dan kekuatan rambut itu sendiri.Bahkan, manfaat bawang merah untuk rambut dianggap ampuh dalam merangsang pertumbuhan rambut pada sebagian orang.Berikut ini adalah penjelasan pentingnya kandungan nutrisi bawang merah untuk mengatasi masalah rambut:
  • Sulfur

Satu teori mengenai manfaat bawang merah untuk rambut datang dari kandungan sulfurnya. Sulfur adalah salah satu zat mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi enzim dan protein.Selain itu, sulfur juga ditemukan dalam keratin, yang tak lain adalah komponen penting pada rambut. Itulah sebabnya, sulfur pada bawang merah dianggap bisa merangsang pertumbuhan rambut.
  • Antimikroba

Komponen antimikroba juga berperan penting pada manfaat bawang merah untuk rambut. Sebab, kandungan antimikroba yang dimiliki bumbu dapur ini bisa mencegah infeksi kulit kepala.Dalam beberapa kasus, infeksi kulit kepala dapat menyebabkan rontoknya rambut. Sedangkan kulit kepala yang sehat dianggap mampu memperkuat folikel rambut.
  • Antioksidan

Manfaat bawang merah untuk rambut tak lepas dari kandungan antioksidannya. Antioksidan dikenal ampuh dalam melawan radikal bebas.Radikal bebas bisa berkontribusi pada proses penuaan, termasuk rusaknya folikel rambut yang memcu kerontokan rambut.Dengan melawan radikal bebas, antioksidan yang dikandung bawang merah mampu menjaga kesehatan folikel rambut.

Cara menggunakan bawang merah untuk rambut

Rambut
Manfaat bawang merah untuk rambut
Cara menggunakan bawang merah untuk rambut tentu harus dipahami. Jika tidak dilakukan dengan cara yang benar, bagaimana Anda bisa merasakan manfaat bawang merah untuk rambut tersebut?Menggunakan bawang merah untuk rambut cukup mudah, dengan tahapan berikut ini:
  • Kupas empat bawang merah dan potong menjadi bagian kecil
  • Buat ekstrak cairan bawang merah dengan memerasnya atau menghancurkannya dengan blender.
  • Kemudian letakkan di dalam kain bersih. Setelah itu, Anda bisa memerasnya hingga bawang merah mengeluarkan air.
  • Oleskan air bawang merah itu ke bagian kulit kepala dan akar rambut lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan sampo.
Aroma bawang merah yang sangat menyengat mungkin tidak disukai banyak orang. Maka dari itu, Anda juga boleh meneteskan sedikit minyak atsiri atau essential oil seperti lavender atau peppermint untuk memberikan aroma wangi.

Efek samping 

Manfaat bawang merah untuk rambut ternyata tak lepas dari efek sampingnya. Beberapa orang memiliki alergi terhadap bawang merah, sehingga dapat menyebabkan reaksi alergi.Bagi orang yang tak memiliki alergi bawang, efek samping seperti kulit kemerahan dan gatal-gatal juga bisa muncul.Untuk lebih amannya, Anda disarankan mengoleskan sedikit air bawang merah ke kulit terlebih dahulu. Jika ada reaksi alergi, sebaiknya Anda tidak menggunakannya lagi.Selain itu, pastikan air bawang merah tidak mengenai mata. Sebab, akan ada sensasi terbakar dan kemerahan yang muncul. Ditambah lagi, bau bawang merah yang tak sedap itu bisa mengganggu orang di sekitar Anda.

Catatan dari SehatQ:

Jangan main-main dengan bahan alami seperti bawang merah. Walaupun datang dari alam, bawang merah juga bisa menyebabkan efek samping yang merugikan jika terkena kulit.Maka dari itu, Anda disarankan untuk lebih mengutamakan pengobatan medis yang bisa diresepkan oleh dokter. Apalagi, manfaat bawang merah untuk rambut juga belum didukung penelitian yang kuat.
rambut rontokkulit dan kecantikankesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/onion-juice-for-hair
Diakses pada 19 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319515#how-onion-juice-may-help-hair
Diakses pada 19 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait