6 Manfaat Bantal Duduk yang Tidak Diduga-duga

(0)
06 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat bantal duduk adalah memperlancar sirkulasi darahBantal duduk dapat membantu menjaga postur tubuh
Tidak jarang ada beberapa aktivitas mengharuskan Anda untuk duduk dalam waktu yang lama. Akibatnya, Anda dapat merasakan berbagai ketidaknyamanan pada beberapa bagian tubuh, sebut saja di antaranya kesemutan, sendi kaku, pegal-pegal, nyeri otot, bahkan kram perut.Jika Anda sering melakukan aktivitas yang membutuhkan duduk dalam waktu lama, baik di kursi ataupun di lantai, ada baiknya Anda menggunakan bantal duduk demi kesehatan tubuh.Meski terlihat sepele, penggunaan bantal duduk dapat meminimalisir risiko munculnya gangguan kesehatan akibat terlalu lama duduk di atas permukaan yang keras, seperti kursi kayu atau plastik hingga di lantai.

Manfaat bantal duduk

Bantal duduk bermanfaat untuk mengatasi gangguan-gangguan kesehatan yang biasanya muncul karena tekanan yang tidak merata pada beberapa bagian tubuh. Berikut adalah manfaat bantal duduk secara umum bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Menjaga postur tubuh

Bantal duduk dapat membantu mengangkat postur tubuh dan menyokong area panggul ketika Anda duduk. Duduk dengan posisi panggul yang terangkat akan memudahkan Anda untuk mempertahankan posisi duduk yang baik.Selain itu, memiliki postur tubuh yang baik juga membawa manfaat kesehatan tersendiri. Di antaranya adalah mengurangi risiko terhadap nyeri kronis sekaligus meningkatkan fokus dan energi tubuh. Postur tubuh yang baik tentunya juga akan membuat Anda terlihat lebih menarik dan lebih percaya diri.

2. Mengurangi tekanan pada pinggul, tulang belakang, dan tulang ekor

Alas duduk dengan desain yang buruk (baik secara estetika maupun kenyamanan), akan memberikan tekanan besar pada pinggul, tulang belakang, dan tulang ekor. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan kelelahan pada tubuh.Seiring waktu, hal ini dapat menimbulkan masalah pada tulang belakang dan sendi. Pada akhirnya, kualitas hidup Anda juga akan terpengaruh oleh masalah ini.Sebagai langkah untuk mengantisipasinya, bantal duduk yang baik dapat mendistribusikan gaya tekan secara merata pada bagian tubuh yang digunakan ketika duduk, serta membuat tulang dan sendi terjaga kesehatannya.

3. Sirkulasi darah lebih lancar

Tekanan dari permukaan keras yang diduduki bisa membatasi aliran darah di panggul, kaki, dan punggung sehingga otot dan jaringannya tidak mendapatkan cukup oksigen sebagaimana seharusnya.Hasilnya, kaki akan mudah kesemutan. Posisi duduk yang tidak nyaman juga menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Penggunaan bantal duduk dapat membuat tekanan lebih merata dan membuat sirkulasi darah lebih lancar sehingga dapat melindungi kesehatan jantung.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Bukan hanya darah yang harus bergerak melalui perut dan panggul Anda. Demikian juga dengan pencernaan Anda. Efek dari tekanan yang berlebihan akibat duduk terlalu lama bisa berpengaruh buruk terhadap fungsi pencernaanSebagai solusinya, penggunaan bantal duduk mampu mencegah masalah pencernaan pada sistem pencernaan, seperti sembelit, mulas, hingga irritable bowel syndrome (IBS).

5. Menciptakan kenyamanan ekstra

Bantal duduk akan membuat Anda duduk dengan lebih nyaman walaupun dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini karena busa pada bantal duduk dapat menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda dan mampu menyokong tubuh Anda dengan baik ketika duduk.

6. Membuat Anda merasa lebih berenergi

Bantal duduk akan membuat postur tubuh dan sirkulasi darah menjadi lebih baik ketika duduk. Selain itu, kemungkinan nyeri juga dapat diminimalisir sehingga membuat Anda merasa lebih berenergi ketika duduk.

Jenis bantal duduk yang baik bagi kesehatan

Bantal duduk memiliki jenis yang berbeda-beda, di antaranya bantal busa, gel, maupun dengan teknologi udara. Masing-masing bantal tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda.Apabila Anda sedang mencari bantal duduk yang baik bagi kesehatan, pilihlah jenis bantal yang ergonomis sehingga mampu menopang bokong, tulang ekor, dan panggul Anda.Anda juga bisa memilih bantal duduk yang dilengkapi penyokong tulang lumbar (pinggang) sehingga dapat mengurangi risiko nyeri punggung bawah dan membantu menjaga postur tubuh dengan lebih baik.
masalah tulang
Buttpillow
https://www.buttpillow.org/benefits-of-butt-pillow/
Diakses 24 Juli 2020
Flexi Spot
https://www.flexispot.com/spine-care-center/why-you-need-a-foam-seat-cushion/
Diakses 24 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait