logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Balsamic Vinegar yang Melezatkan Makanan dan Menyehatkan

open-summary

Balsamic vinegar kian popular sebagai salah satu bahan untuk melaksanakan diet sehat. Selain terkenal mahal, bahan ini punya sederet manfaat yang sayang jika dilewatkan.


close-summary

29 Okt 2020

| Dedi Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Balsamic vinegar sudah lama digunakan karena manfaat sehatnya

Balsamic vinegar berwarna cokelat tua dengan rasa asam yang khas

Table of Content

  • 8 manfaat balsamic vinegar untuk tubuh
  • Adakah efek negatif balsamic vinegar?

Salah satu yang menarik dari balsamic vinegar adalah proses pembuatannya yang lama, bisa berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Jadi tak heran jika bahan yang biasa digunakan untuk salad dressing ini dihargai dengan amat mahal.

Advertisement

Balsamic vinegar atau cuka balsamik sendiri berasal dari jus anggur yang tidak difermentasi. Bahan ini umumnya berwarna cokelat tua dan memiliki rasa asam unik yang khas sekaligus kompleks. Wajar saja jika umur pemakaiannya bisa bertahan lama dan kian popular.

Di daerah asalnya, cuka balsamik sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Selain untuk membersihkan sayuran, orang-orang memakainya karena diyakini dapat membantu dalam memperbaiki pencernaan.

Meski kini ada produksi massal sehingga pembuatannya lebih singkat, penggunaan cuka ini tetap dalam pengawasan ketat.

8 manfaat balsamic vinegar untuk tubuh

Bukan hanya untuk meningkatkan rasa kuliner, cuka ini juga dianggap memiliki banyak manfaat untuk tubuh, antara lain:

1. Menurunkan kolesterol

Untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh, cuka balsamik mengandalkan kandungan antioksidannya. Senyawa ini menargetkan sel-sel yang bisa menumpuk kandungan kolesterol jahat (LDL).

Manfaat balsamic vinegar ini juga sudah menjadi topik dalam penelitian tertentu oleh para ahli. Studi ini mempelajari efek positif cuka balsamik terhadap oksidasi LDL dan penumpukan lemak dalam sel-sel tertentu tubuh.

2. Menyembuhkan luka

Balsamic vinegar dianggap bagus untuk menyembuhkan luka. Pasalnya, bahan ini memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus.

Hanya saja, belum ada penelitian medis yang mendukung klaim tersebut. Jadi Anda harus berhati-hati saat menggunakan cuka balsamik untuk tujuan ini.

3. Menurunkan gula darah

Sebuah jurnal kesehatan menyebutkan bahwa balsamic vinegar memiliki efek antiglikemik. Artinya, jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung bahan ini, kenaikan kadar gula darah dalam tubuh setelah Anda makan bisa dapat ditekan.

Dengan menyertakan bahan ini dalam makanan Anda, stabilitas kadar gula darah dikatakan dapat berlangsung selama lima jam setelah Anda makan.

4. Menyehatkan kulit

Cuka unik ini dianggap bagus untuk memperbaiki warna kulit. Manfaat balsamic vinegar tersebut tak lepas dari kandungan antimikroba, asam asetat, dan antioksidan di dalamnya.

Meski ada jenis cuka (seperti cuka apel) yang boleh dioleskan langsung ke kulit untuk menghilangkan jerawat, cara ini sebaiknya tidak dipraktikkan pada cuka balsamik. Kenapa?

Pasalnya, cuka balsamik justru dapat meninggalkan bekas pada kulit Anda. Cara yang lebih baik adalah mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat balsamic vinegar adalah kandungan senyawa probiotik di dalamnya. Kandungan ini akan membantu perut kenyang lebih lama, sehingga program diet Anda menjadi lebih optimal.

Tapi pastikan Anda tidak menggantungkan program menurunkan berat badan hanya pada bahan ini. Olahraga dan pola makan sehat tetap diperlukan agar nutrisi dan kebugaran tubuh Anda tetap terjaga.

6. Menyehatkan sistem pencernaan

Keunggulan dari cuka jenis ini adalah kandungan aktif asam asetat di dalamnya. Sebagaimana kita tahu, asam asetat kaya akan bakteri probiotik.

Fungsi dari bakteri probiotik bukan hanya mengawetkan makanan. Bakteri baik ini juga bisa meningkatkan kesehatan usus dan membuat Anda kenyang lebih lama.

7. Meredakan hipertensi

Sebuah studi terbatas menunjukkan bahwa balsamic vinegar juga baik untuk sistem peredaran darah Anda. Jumlah konsumsi cuka yang disarankan adalah 1-2 sendok teh sebagai saus salad atau bumbu pelengkap.

Selain menambah kelezatan hidangan, takaran konsumsi cuka balsamik tersebut diprediksi bagus untuk kesehatan jantung.

8. Sumber nutrisi

Cuka balsamik kaya akan nutrisi. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya meliputi kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan asam asetat. Yang juga menggembirakan, cuka ini ternyata rendah kolesterol.

Adakah efek negatif balsamic vinegar?

Bagi kebanyakan orang, konsumsi cuka balsamik tergolong aman dan tanpa efek samping. Namun untuk sebagian orang, beberapa risiko di bawah ini mungkin muncul:

  • Mengalami radang tenggorokan
  • Sakit perut karena konsumsi cuka balsamik yang terlalu banyak
  • Kerusakan pada kerongkongan akibat minum cuka balsamik secara berlebihan

Orang yang memiliki kondisi alergi pun sebaiknya berhati-hati. Jangan sembarangan mengonsumsi balsamic vinegar tanpa konsultasi ke dokter.

Salah satu hal yang juga harus diperhatikan saat membeli cuka balsamik adalah adanya kandungan gulanya. Tambahan gula umumnya dilakukan agar rasanya terasa lebih cocok bagi kalangan tertentu. Namun hal ini tentu bisa mengurangi sederet manfaatnya.

Jika digunakan sesuai takaran, balsamic vinegar akan memberikan khasiat optimal bagi kesehatan tubuh. Tapi jika kebanyakan dikonsumsi, bukan tidak mungkin aneka risiko dapat muncul dan malah merugikan.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar balsamic vinegar dan keamanannya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kolesterolgula darahantioksidanmanfaat probiotik

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved