7 Manfaat Baking Soda yang Baik untuk Badan dan Gigi

Seperempat sendok teh baking soda yang dicampur air dapat dijadikan sebagai obat maag
Campuran seperempat sendok teh baking soda dengan air putih dapat digunakan sebagai obat maag

Siapa sangka, baking soda yang sering digunakan untuk membuat kue ternyata punya manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Apa sebabnya?

Baking soda mengandung zat yang berguna untuk tubuh, yaitu alkali dan sodium bikarbonat. Zat alkali dalam baking soda bisa mengurangi kadar keasaman (pH) di dalam tubuh. Ketika kadar asam di dalam tubuh terlalu tinggi, hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan, dan yang terparah, dapat menyebabkan kematian.

Sementara kandungan sodium bikarbonat dapat digunakan untuk meredakan gejala sakit maag. Oleh karena itu bahan masakan satu ini dapat digunakan sebagai obat maag darurat.

4 Manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari

Selain dari dua manfaat tadi, baking soda juga memiliki manfaat lainnya seperti:

  • Mengatasi masalah pencernaan

Jika Ada sedang sakit perut, cobalah untuk meminum segelas air putih yang sudah ditaburi seperempat sendok teh baking soda. Kandungan yang terdapat pada baking soda bisa membantu meredakan kondisi asam lambung yang meningkat di lambung. Umumnya baking soda ini digunakan untuk menenangkan perut yang sakit dan mengatasi gangguan pencernaan.

  • Membersihkan sayur dan buah dari pestisida

Baking soda juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan sayur dan buah yang ingin dikonsumsi. Pestisida yang disemprotkan pada buah dan sayur dapat dibersihkan oleh baking soda tanpa harus mengurangi nutrisi dari kulit buah tersebut. Caranya, cukup rendam buah ke larutan baking soda selama 12 hingga 15 menit.

  • Mengatasi bau ketiak

Apakah Anda tahu, bahwa sebenarnya keringat tidak berbau? Bau ketiak disebabkan oleh protein yang dipecah oleh bakteri yang hidup di area lipatan kulit yang berkeringat, oleh karena itu bakteri bersebut mengubah keringat menjadi asam sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap. Penggunaan baking soda dapat menghilangkan bau keringat yang kecut. Cara penggunaannya adalah dengan menepuk-nepuk baking soda di area ketiak.

  • Mengatasi kulit gatal dan terbakar sinar matahari

Mandi dengan air baking soda mampu mengatasi kulit yang gatal dan iritasi. Baking soda sangat efektif untuk meredakan gatal akibat gigitan serangga. Jika kulit Anda terasa gatal akibat terbakar sinar matahari, Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah, campurkan baking soda dengan air dengan perbandingan 1:3 dan aplikasikan di area kulit yang bermasalah. Tetapi jangan menggunakannya pada area kulit yang terinfeksi.

  • Membersihkan alat masak

Baking soda juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan alat masak seperti kompor, panci, microwave hingga ubin dapur. Cara penggunaannya cukup mudah, campurkan baking soda dengan sedikit air hingga teksturnya seperti pasta dan oleskan ke area yang ingin dibersihkan menggunakan spons atau sikat.

3 Manfaaat baking soda untuk kesehatan gigi dan mulut

Bukan hanya untuk bagian perut dan kulit, baking soda juga punya manfaat yang tak kalah baiknya untuk gigi, lho. Apa saja? Ini dia.

  • Memutihkan gigi

Jika Anda tidak percaya diri dengan gigi kuning, Anda bisa memanfaatkan baking soda untuk memutihkan gigi. Caranya campurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air, sikat gigi Anda dengan campuran tersebut. Menurut penelitian pasta gigi yang mengandung baking soda lebih baik untuk memutihkan gigi. Hal ini dikarenakan baking soda memilki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya.

  • Membersihkan plak

Buat Anda yang ingin menghilangkan plak, Anda bisa mengaplikasikan baking soda untuk gigi dalam bentuk pasta gigi. Plak yang tidak cepat dibersihkan akan membentuk asam sehingga bisa merusak enamel dan mengakibatkan gigi berlubang.

  • Mengatasi bau mulut

Selain menyikat gigi dengan baking soda, banyak orang juga menggunakan baking soda sebagai obat kumur. Berkumur dengan baking soda akan membantu menyegarkan mulut, karena sifat antibakteri dan antimikroba baik untuk menjaga kesehatan mulut.

Apakah baking soda bisa mengatasi jerawat?

Meski efektif untuk bagian lain dari tubuh, sayangnya baking soda tidak efektif untuk mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan baking soda memiliki tingkat pH yang tinggi dan zat alkali yang dapat menghilangkan minyak alami pada kulit dan membuatnya tidak terlindungi dari bakteri.

Penggunaan baking soda pada kulit bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Menggunakan baking soda pada kulit yang berjerawat bisa membuat kulit menjadi lebih kering, timbul garis halus, jerawat semakin meradang, hingga iritasi kulit.

Catatan dari SehatQ

Walaupun baking soda punya banyak manfaat, Anda tetap harus berhati-hati saat ingin menggunakannya. Seperti, tidak boleh berkumur atau menyikat gigi dengan baking soda setiap hari, karena bisa mengikis email gigi. Sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi baking soda karena jika terlalu banyak dapat menyebabkan muntah, diare, hingga kejang. Jika Anda mengalami kondisi tersebut setelah menggunakan baking soda, segera berkonsultasi dengan dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/baking-soda-benefits-uses#section5

Diakses 10 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/baking-soda-vs-baking-powder#baking-powder

Diakses 10 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/baking-soda-acne#treatment

Diakses 10 Maret 2020

Artikel Terkait