Manfaat Baking Soda untuk Gigi dan Cara Aman Menggunakannya

Baking soda untuk gigi sebenarnya aman, asal digunakan dalam bentuk pasta gigi
Baking soda dalam toples

Menggunakan baking soda untuk gigi disebut-sebut dapat menjadi alternatif pengganti penggunaan pasta gigi. Selain dapat membuat gigi lebih putih, napas Anda pun bisa lebih segar setelah menggunakan baking soda ini. Benarkah demikian?

Baking soda adalah sebutan untuk zat kimia bernama sodium bikarbonat. Pada dasarnya, baking soda adalah zat alkali yang dapat mengubah level keasaman zat yang mengandung asam menjadi lebih netral.

Dalam dunia medis, sodium bikarbonat banyak digunakan sebagai obat antasida yang dapat bereaksi cepat untuk meredakan asam lambung. Sodium bikarbonat juga sering digunakan untuk obat maag yang bersifat jangka pendek, termasuk untuk meredakan gejala heartburn maupun gangguan pencernaan lainnya.

Sedangkan dalam kesehatan gigi, baking soda juga sudah banyak digunakan dalam produk pemutih gigi. Belakangan, orang bahkan mengaplikasikan bubuk ini secara langsung ke gigi demi mencapai hasil yang sama.

Manfaat baking soda untuk gigi

Baking soda memang sudah banyak digunakan untuk menyehatkan gigi, termasuk oleh dokter gigi. Namun, baking soda biasanya digunakan sebagai campuran dalam pasta gigi, bukan dalam bentuk bubuk sodium bikarbonat yang digosok-gosokkan langsung pada gigi.

Ketika Anda menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda, Anda akan mendapatkan manfaat baking soda untuk gigi, antara lain:

  • Memutihkan gigi

Manfaat baking soda untuk gigi ini merupakan kabar baik bagi Anda yang gemar minum teh, kopi, maupun noda bandel yang melekat pada gigi. Penelitian mengungkap bahwa penggunaan pasta gigi yang mengandung baking soda memang dapat mengurangi noda pada gigi karena sifatnya yang sedikit abrasif.

Semakin banyak kandungan baking soda di dalam pasta gigi, semakin ampuh pasta gigi itu menghilangkan noda pada gigi Anda. Bahkan, penelitian mengungkap bahwa pasta gigi yang mengandung 65 persen baking soda masih aman digunakan dan efektif menghilangkan noda gigi.

  • Menghilangkan bakteri gigi

Penelitian lain yang menggunakan baking soda (NaHCO3) untuk gigi juga menunjukkan penurunan jumlah bakteri jahat yang berpotensi merusak gigi. Semakin banyak baking soda yang digunakan dalam pasta gigi, semakin cepat bakteri di gigi dapat dimatikan.

Hasil penelitian ini membuat Anda memiliki pilihan yang lebih murah, mudah didapat, namun tetap efektif dan aman dalam membersihkan bakteri dari gigi. Selain menggunakan NaHCO3, Anda dapat membersihkan gigi menggunakan natrium florida (NaF) atau surfaktan (SLS).

  • Membersihkan plak

Plak gigi adalah lapisan bakteria yang terbentuk di lapisan terluar gigi (enamel) dan terasa lengket serta tidak memiliki warna. Plak yang tidak segera dibersihkan akan membentuk asam sehingga dapat merusak enamel dan mengakibatkan gigi berlubang hingga sakit gigi.

Untuk menghilangkan plak ini, Anda dapat mengaplikasikan baking soda untuk gigi dalam bentuk pasta gigi. Studi menyatakan menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif menghilangkan plak dibanding menggosok gigi dengan odol tanpa baking soda.

Bagi Anda yang ingin memaksimalkan efek ini, pilihlah pasta gigi yang tinggi konsentrasi baking sodanya. Namun bila plak sudah menyebabkan kerusakan gigi, Anda sebaiknya memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Selain digunakan dalam bentuk pasta gigi, Anda dapat melarutkan baking soda dalam air dan menggunakannya sebagai obat kumur untuk mengurangi bau mulut.

Jangan gunakan baking soda mentah

Semakin tinggi kandungan baking soda pada pasta gigi, semakin baik khasiatnya bagi kesehatan gigi. Namun, hal ini bukan berarti Anda dapat menjadikan penggunaan baking soda mentah yang masih berbentuk kristal sebagai cara alternatif memutihkan atau membersihkan gigi.

Saat ini, tindakan menggosok-gosokkan kristal baking soda ke gigi cukup ngetren karena dipercaya memiliki manfaat yang sama dengan penggunaan baking soda pada pasta gigi. Padahal, klaim ini belum pernah dibuktikan secara medis.

Asosiasi Dental Amerika (ADA) bahkan menyebut penggosokan kristal baking soda untuk gigi akan meningkatkan sifat abrasifnya. Akibatnya, enamel gigi akan tergerus sehingga gigi akan menjadi lebih sensitif dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

Memutihkan gigi dengan pasta gigi yang mengandung baking soda memang tidak akan memperlihatkan hasilnya dalam semalam. Bila Anda ingin efek yang lebih instan, kunjungi dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi yang lebih efektif dan aman bagi kesehatan mulut Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/baking-soda-do-dont
Diakses pada 15 Februari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-11325/sodium-bicarbonate-oral/details
Diakses pada 15 Februari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/plaque-and-your-teeth
Diakses pada 15 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/whiten-teeth-naturally
Diakses pada 15 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10518866
Diakses pada 15 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/6094783
Diakses pada 15 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19278079
Diakses pada 15 Februari 2020

Healthy Mouth by ADA. https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/w/natural-teeth-whitening
Diakses pada 15 Februari 2020

Artikel Terkait