9 Manfaat Baby Oil untuk Wajah Serta Cara Aman Menggunakannya


Manfaat baby oil untuk wajah orang dewasa ternyata bisa Anda coba. Selain baik untuk kulit bayi, minyak serbaguna ini bisa melembapkan wajah, mengatasi bibir kering dan pecah, hingga menghapus make up. Namun, waspadai bahaya baby oil untuk wajah yang mungkin mengintai di baliknya.

(0)
Salah satu manfaat baby oil untuk wajah adalah menghapus make upManfaat baby oil untuk wajah bisa menghapus make up
Manfaat baby oil untuk wajah, pernahkah terpikirkan oleh Anda? Memang, baby oil adalah salah satu produk perawatan yang biasanya digunakan oleh bayi. Namun, tak hanya baik untuk bayi, minyak serbaguna ini ternyata dapat digunakan oleh orang dewasa untuk berbagai hal, termasuk untuk wajah. Baby oil adalah sejenis minyak mineral yang tidak memiliki bau ataupun warna. Sama halnya dengan petroleum jelly, baby oil adalah produk sampingan dari minyak yang sudah disuling atau melalui proses tertentu. Kandungan baby oil terdiri dari 98% minyak mineral dan 2% zat pewangi. Baby oil merupakan produk perawatan yang bersifat hypoallergenic (tidak rentan menimbulkan alergi) dan bebas dari kandungan paraben, phthalate, dan zat pewarna. 

Apa manfaat baby oil untuk wajah?

Walaupun kegunaan baby oil awalnya ditujukan untuk melembapkan dan merawat kulit bayi, sebenarnya ada manfaat baby oil untuk wajah orang dewasa, lho.  Kendati demikian, perlu diketahui bahwa manfaat baby oil untuk wajah di bawah ini masih belum teruji secara ilmiah mengenai keefektifannya. Maka dari itu, penggunaannya pada wajah tetap memerlukan kehati-hatian. Adapun manfaat baby oil untuk wajah dan cara menggunakannya adalah sebagai berikut.

1. Melembapkan kulit

Salah satu manfaat baby oil untuk wajah adalah melembapkan kulit. Baby oil merupakan produk perawatan noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori. Jadi, bagi Anda yang memiliki tipe kulit normal cenderung kering, kegunaan baby oil untuk melembapkan kulit bisa dilakukan. 
Salah satu manfaat baby oil untuk wajah adalah melembapkan kulit
Kulit yang lembap pertanda bahwa kulit terhidrasi dengan baik
Sebuah studi terdahulu mengungkapkan bahwa para peneliti melakukan uji terhadap beberapa kandungan pelembap yang baik untuk kulit. Salah satunya adalah minyak mineral, yang merupakan kandungan utama dalam baby oilDibandingkan dengan etanol, gliserin, dan air, kombinasi air dan baby oil merupakan kandungan pelembap yang paling baik untuk kulit. Para peneliti juga menemukan bahwa minyak mineral bisa membantu menghidrasi kulit dan membuat kulit tampak kenyal. Dengan demikian, Anda juga dapat terhindar dari kulit kering dan pecah-pecah. Cara menggunakan baby oil untuk wajah satu ini adalah dengan mengoleskannya langsung ke permukaan wajah secara merata. Pastikan Anda menuangkan baby oil secukupnya pada telapak tangan. Kemudian, tepuk-tepuk pada seluruh permukaan wajah Anda secara merata.Lakukan langkah ini secara rutin dan berulang guna mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menghapus make up

Manfaat baby oil untuk wajah berikutnya adalah menghapus make up yang menempel di wajah Anda. Ya, baby oil bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menggunakan make up remover atau produk pembersih make up yang lembut di kulit.
Manfaat baby oil untuk wajah adalah menghapus make up
Tuang beberapa tetes baby oil ke kapas, lalu usapkan pada wajah
Cara membersihkan wajah dengan baby oil sangat mudah. Anda cukup menuangkan beberapa tetes baby oil ke bola kapas. Lalu, usap seluruh riasan wajah Anda secara lembut. Bersihkan secara menyeluruh sampai tidak terlihat sisa make up yang menempel di kapas.Jika sudah selesai, bilas wajah menggunakan air hangat. Selanjutnya, keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk wajah perlahan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa kegunaan baby oil satu ini belum terbukti secara ilmiah mengenai keefektifannya. Meski tergolong aman, bagi pemilik kulit rentan berjerawat sebaiknya perlu berhati-hati menggunakannya agar tidak memperparah kondisi jerawat yang sedang dialami. 

3. Menghilangkan noda di kulit wajah

Manfaat baby oil untuk wajah juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda di kulit wajah. Misalnya, jika wajah Anda tidak sengaja terkena coretan spidol atau tinta. Cara menggunakan baby oil untuk menghilangkan noda di kulit wajah sama seperti langkah menghapus make up dengan baby oilCukup tuangkan beberapa tetes baby oil ke kapas. Kemudian, usap noda yang terdapat pada kulit secara lembut. Bersihkan secara menyeluruh sampai nodanya berangsur hilang. 

4. Menyamarkan kantung mata

Menyamarkan kantung mata yang menghitam atau bengkak juga menjadi salah satu manfaat baby oil untuk wajah. Cara menggunakan baby oil untuk samarkan kantung mata adalah cukup teteskan baby oil secukupnya pada area bawah mata. Kemudian, pijat ringan area bawah mata menggunakan jari-jari tangan Anda selama kira-kira 2 menit. Lalu, bersihkan sisa-sisa minyak menggunakan kapas atau tisu. 

5. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Manfaat baby oil untuk wajah bisa untuk mengatasi bibir kering dan pecah
Bibir kering dan pecah-pecah bisa diatasi dengan baby oil
Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah juga menjadi manfaat baby oil untuk wajah orang dewasa. Bibir kering dan pecah-pecah tentu dapat mengganggu penampilan. Penggunaan lipstik pun jadi tidak terasa maksimal karenanya. Anda bisa membuat scrub bibir alami dengan mencampurkan beberapa tetes baby oil, perasan jeruk lemon segar, dan ½ sendok teh gula pasir dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk merata. Oleskan pada permukaan bibir Anda seraya menggosoknya secara perlahan selama 3-4 menit. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan warna bibir pink alami yang lembap dan lembut. Anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin saat sedang tidak menggunakan lipstik. 

6. Merapikan bulu alis

Manfaat baby oil untuk wajah bisa digunakan untuk alis
Gunakan spoolie untuk merapikan alis menggunakan baby oil
Manfaat baby oil untuk wajah selanjutnya adalah merapikan bulu alis. Jika Anda memiliki bulu alis yang sulit untuk dirapikan, cara menggunakan baby oil ini bisa menjadi pilihannya. Kegunaan baby oil bisa membantu membentuk alis sesuai yang Anda inginkan dan membuatnya tampak lebih rapi. Cara menggunakan baby oil untuk merapikan bulu alis adalah dengan spoolie. Spoolie adalah sikat yang digunakan untuk merapikan alis, bentuknya mirip dengan aplikator maskara. Oleskan sedikit baby oil pada spoolie, lalu aplikasikan sedikit eyeshadow atau maskara untuk mempertegas warna alis yang Anda inginkan. 

7. Sebagai pengganti krim cukur

Ternyata, manfaat baby oil untuk wajah juga bisa digunakan sebagai pengganti krim cukur. Bagi sebagian pria, mencukur rambut di wajah harus dilakukan secara rutin guna menjaga penampilan. Namun, mencukur tanpa menggunakan krim cukur bisa menyebabkan kulit wajah iritasi. Jadi, jika Anda kehabisan krim pencukur, cara menggunakan baby oil bisa jadi solusinya. Anda cukup mengoleskan baby oil sebelum dan sesudah mencukur di area kulit wajah yang dicukur.Kegunaan baby oil bisa membuat kulit lebih licin dan lembap. Hasilnya, kulit menjadi lebih mulus setelah dicukur. Meski belum ada hasil studi ilmiah yang dapat membuktikan keefektifannya sebagai pengganti krim cukur, kegunaan baby oil ini bisa membuat kulit terasa lembap dan kenyal sehingga memudahkan proses pencukuran. 

8. Mengurangi bekas luka

Bagi Anda yang memiliki bekas luka di wajah, penggunaan baby oil bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kemunculan bekas luka. Mengoleskan beberapa tetes baby oil secara rutin diyakini mampu mengurangi tampilan bekas luka dan kulit wajah terasa kenyal. 

9. Meredakan rasa gatal akibat kondisi kulit tertentu

Para peneliti menemukan bahwa manfaat baby oil untuk wajah bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman pada kulit, seperti rasa gatal. Ini mungkin umum terjadi pada orang yang memiliki kulit kering dan kondisi kulit, misalnya psoriasis. Sebuah Journal of Clinical Nursing mengemukakan bahwa pada orang-orang yang menjalani hemodialisis, rasa gatal yang ditimbulkan secara signifikan dapat berkurang saat memijat area kulit dengan baby oil setidaknya selama 15 menit per hari selama 3 minggu berturut-turut.

Bagaimana cara memakai baby oil untuk wajah yang aman?

Jika tertarik ingin menggunakannya, berikut adalah cara memakai baby oil untuk wajah yang aman dilakukan. 
  • Cuci muka menggunakan sabun pembersih yang kandungannya ringan. 
  • Keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuknya perlahan. 
  • Tuang beberapa tetes baby oil pada telapak tangan. 
  • Oleskan pada seluruh permukaan wajah Anda secara merata menggunakan jari-jari tangan yang sudah bersih. 
Baby oil bisa digunakan pada pagi, siang, atau malam hari untuk mendapatkan manfaatnya. 

Apakah baby oil bisa menghilangkan jerawat? 

Pada dasarnya, baby oil memang bersifat noncomedogenic atau tidak rentan menyebabkan pori-pori tersumbat.Meski demikian, lapisan kulit yang terbentuk bisa membuat kotoran dan minyak berlebih yang masuk ke pori-pori terperangkap sehingga memperburuk kondisi jerawat yang sedang dialami. Tak ayal jika salah satu bahaya baby oil untuk wajah adalah munculnya jerawat.Selain itu, ukuran molekul baby oil yang besar dapat mencegah minyak mineral menembus ke dalam kulit. 
Manfaat baby oil untuk wajah tidak lepas dari efek sampingnya
Bahaya baby oil untuk wajah bisa menimbulkan jerawat pada beberapa orang
Risiko bahaya baby oil untuk wajah memang cenderung rendah untuk menyumbat pori-pori wajah secara langsung karena teksturnya berat dan sulit dihilangkan.Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, hal tersebut bisa membentuk lapisan yang dapat mencegah regenerasi kulit. Akibatnya, sel-sel kulit mati di wajah akan menumpuk sehingga menyebabkan jerawat.Terlebih bagi orang dengan tipe kulit wajah yang mudah berjerawat. 

Apa efek samping baby oil untuk wajah?

Meski ada berbagai manfaat baby oil untuk wajah, penting diperhatikan bahwa belum tentu setiap orang dapat menggunakan baby oil pada wajahnya. Adapun beberapa risiko efek samping baby oil untuk wajah yang mungkin timbul adalah sebagai berikut.  

1. Reaksi alergi

Salah satu risiko efek samping baby oil untuk wajah adalah reaksi alergiMemang, sebuah hasil riset yang dimuat dalam Journal of the European Academy of Dermatoloy and Venereology mengemukakan bahwa reaksi alergi akibat penggunaan minyak mineral, kandungan utama pada baby oil, sangat jarang terjadi. Akan tetapi, bahaya baby oil untuk wajah ini bisa saja dialami oleh orang yang memiliki kulit sensitif. Maka dari itu, pemilik kulit sensitif sebaiknya lakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan baby oil pada wajah. Caranya, oleskan sedikit baby oil pada area kulit siku bagian dalam. Diamkan selama 24 jam, lalu lihat reaksi yang ditimbulkan. Jika tidak ada tanda-tanda iritasi kulit, seperti rasa gatal dan kulit kemerahan, Anda bisa mengoleskannya pada wajah. Di samping itu, keamanan kegunaan baby oil untuk wajah tergantung pada cocok tidaknya Anda menggunakan produk yang berasal dari petroleum jelly.Jika kulit wajah Anda tidak cocok menggunakan petroleum jelly, maka demikian halnya dengan penggunaan baby oil untuk wajah. Akan tetapi, bagi beberapa orang yang tidak memiliki masalah dengan kandungan petroleum jelly, baby oil untuk wajah mungkin bisa Anda gunakan sehari-hari. 

2. Kulit tidak bisa mengeluarkan keringat

Baby oil dapat membentuk lapisan pelindung pada kulit. Ketika cuaca sedang panas, lapisan pelindung kulit dapat memerangkap terlalu banyak kelembapan. Kondisi ini bisa membuat Anda lebih sulit untuk mengeluarkan keringat. Jika Anda ragu tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu guna mengetahui apakah Anda aman menggunakan baby oil untuk wajah atau tidak. Jangan sampai manfaat baby oil untuk wajah berakhir dengan mudarat karena jenis kulit wajah Anda yang tidak cocok menggunakannya. Penasaran ingin coba fungsi baby oil untuk wajah, tetapi masih merasa ragu dan takut? Yuk, konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQPastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanperawatan wajahperawatan kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/baby-oil-for-hair#purported-benefits
Diakses pada 30 April 2020
New Health Advisor. https://www.newhealthadvisor.org/Is-Baby-Oil-Good-for-Your-Skin.html
Diakses pada 30 April 2020
Your Tango. https://www.yourtango.com/2019320875/should-you-use-baby-oil-your-face-plus-6-alternative-products-try
Diakses pada 30 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/baby-oil-on-face#can-you-use-it-as-a-face-mask
Diakses pada 25 November 2020
Journal of the European Academy of Dermatoloy and Venereology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/jdv.15946
Diakses pada 25 November 2020
Journal of Clinical Nursing. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1365-2702.2011.03906.x
Diakses pada 25 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7906448/
Diakses pada 25 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait