Kenali Manfaat Baby Gym dan Gerakan Sederhana yang Bisa Anda Lakukan di Rumah


Baby gym atau senam bayi memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak, khususnya perkembangan motoriknya. Meski banyak tempat sudah menyediakan sarana play gym, senam ini juga bisa dilakukan di rumah. Tummy time salah satunya.

0,0
baby gym dapat dilakukan dengan tummy timeBaby gym dapat dilakukan dengan mudah di rumah dengan peralatan yang sudah dimiliki atau tanpa alat
Baby gym atau senam bayi nyatanya memiliki banyak manfaat untuk proses tumbuh kembang bayi. Kegiatan yang diisi dengan aktivitas permainan ini dilakukan dengan atau tanpa alat bantu berupa mainan berwarna-warni atau yang dapat mengeluarkan suara. Itu sebabnya, aktivitas ini juga akrab disebut sebagai play gym.Biasanya, baby gym sudah mulai dapat dilakukan ketika bayi berumur 3 bulan ke atas atau setelah bayi mampu mengangkat kepalanya sendiri pada posisi tengkurap. Anda bisa mendaftarkan anak Anda di baby gym terdekat atau bahkan melakukannya sendiri di rumah. Untuk itu, simak manfaat senam bayi dan gerakan mudah yang dapat dilakukan di rumah.

Apa manfaat baby gym bagi kesehatan?

Baby gym (senam bayi) dapat bermanfaat untuk perkembangan motorik anak
Baby gym (senam bayi) dapat bermanfaat untuk perkembangan motorik anak
Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa olahraga pada bayi di bawah 1 tahun merupakan bentuk stimulasi sebagai sarana bermain dan belajar bagi bayi. Senam bayi ini bertujuan untuk membantu perkembangan motorik anak, baik motorik kasar ataupun motorik halus.Berikut ini adalah beberapa manfaat baby gym bagi tumbuh kembang bayi.
  1. Membangun kedekatan atau ikatan (bonding) antara orang tua dan bayi.
  2. Membantu bayi mengembangkan kekuatan dan ketahanan otot tubuhnya, sekaligus mempersiapkan perkembangan gerakan selanjutnya. 
  3. Melatih koordinasi dan stabilitas penggunaan otot tubuh.
  4. Membantu perkembangan motorik bayi, seperti menggapai, menggenggam, menarik, menendang, dan menggerakkan kepala.
  5. Membantu perkembangan kognitif bayi dengan mengembangkan kemampuan berpikir, memahami, berkomunikasi, mengingat, dan berimajinasi. 
  6. Membantu bayi bereksplorasi, berinteraksi, dan mengenali lingkungannya. 
  7. Memperlancar peredaran darah dan pasokan oksigen ke seluruh tubuh.
  8. Meningkatkan pengeluaran hormon pertumbuhan.
  9. Membantu bayi tidur lebih nyenyak.
Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, para ahli merekomendasikan 10-15 menit untuk melakukan play gym setiap harinya. Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa kondisi bayi dalam keadaan sehat.Jika bayi sakit atau rewel, sebaiknya tunda dulu untuk melakukan senam bayi.

Gerakan senam bayi yang aman dilakukan di rumah 

Banyak pilihan atau gerakan yang dapat dilakukan di rumah sebagai aktivitas olahraga atau senam untuk bayi. Baby gym di rumah dapat dilakukan dengan hal-hal yang sederhana. Berikut beberapa gerakan senam bayi yang mudah dan aman sesuai dengan kemampuannya. 

1. Tummy time

Tummy time merupakan salah satu gerakan baby gym yang mudah dilakukan di rumah
Tummy time merupakan salah satu gerakan baby gym yang mudah dilakukan di rumah
Tummy time merupakan salah satu bentuk baby gym yang kerap dianjurkan untuk buah hati Anda. American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa tummy time sudah dapat dilakukan beberapa hari setelah bayi lahir.Tummy time dilakukan dengan membiarkan bayi tengkurap di atas alas yang lembut. Latihan ini dapat memperkuat otot leher dan tubuh bagian atas. Anda juga bisa ikut tengkurap dan memosisikan diri Anda di hadapan bayi. Mulailah bermain di lantai bersama bayi Anda dengan tersenyum, berbicara, bernyanyi, atau menggunakan mainan. Lakukan latihan ini 3 hingga lima menit setiap sesi. 

2. Sit-up

Sit-up dilakukan dengan sedikit menarik bayi dari posisi telentang ke posisi duduk dan dilakukan berulang. Untuk melakukan gerakan senam bayi ini, Anda perlu membiarkan bayi Anda tiduran telentang di atas alas yang nyaman. Dengan posisi berada di depannya, Anda bisa menyodorkan kedua tangan untuk ia genggam.Saat buah hati Anda telah menggenggam kedua tangan, rangsang bayi Anda untuk bangkit ke posisi duduk dengan menarik tangan yang tengah digenggam.Latihan ini dapat memperkuat otot bahu, lengan, punggung, dan tubuh bagian atas. 

3. Bicycling 

Bicycling merupakan gerakan senam yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan gerak bayi. Selain itu, latihan ini berfungsi meredakan perut kembung pada bayi akibat penumpukan gas. Latihan ini juga dapat melatih perut, pinggul, lutut, dan kaki bayi.Untuk melakukan baby gym yang satu ini, letakkan bayi telentang di atas alas yang lembut. Perlahan pegang kedua kaki bayi dan gerakan dengan lembut ke atas dan ke samping seolah sedang bersepeda. 

4. Weight lifting 

Gerakan senam bayi weight lifting dapat dilakukan dengan menggunakan mainan favoritnya
Gerakan senam bayi weight lifting dapat dilakukan dengan menggunakan mainan favoritnya
Weight lifting atau angkat beban dapat dilakukan mulai bayi usia 3 atau 4 bulan. Senam bayi ini dilakukan dengan posisi duduk dan membiarkan bayi mengambil, menggenggam, dan mengangkat benda atau mainan di sekelilingnya.Weight lifting berguna meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta mengembangkan otot bahu, lengan, dan tangannya. Selain keempat gerakan di atas, terdapat beberapa cara play gym sederhana yang juga dapat dilakukan di rumah, untuk membantu tumbuh kembang bayi, yaitu: 
  • Letakkan mainan warna-warni di sekeliling bayi Anda dan gerakkan mainan tersebut. Cara ini dapat merangsang bayi untuk mengikuti objek yang berada di depannya.
  • Masih dengan mainan yang menarik, letakkan benda tersebut di sekitar bayi Anda. Selanjutnya, bayi Anda mungkin akan mulai mencoba menggapai mainan dan mengayunkannya. Cara ini dapat membantu meningkatkan serta mengembangkan koordinasi tangan dan mata bayi.
  • Mengajak sang buah hati untuk bernyanyi, berbicara, dan tertawa untuk meningkatkan perkembangan kognitif, sekaligus waktu bonding untuk orang tua dan bayi.
Membiarkan buah hati Anda mengulurkan tangan dan menyentuh hal-hal di sekitarnya selama play gym membuat mereka merasakan kendali atas tubuhnya. Hal ini juga membantu pemahaman mereka akan hal-hal yang dilakukan, seperti mengetahui bahwa sebuah benda dapat bergerak atau bersuara.Jika masih ragu untuk melakukannya, Anda juga dapat menggunakan jasa profesional dengan mendatangi tempat baby gym atau mendatangkan instruktur ke rumah.  

Hal-hal yang perlu diperhatikan orang tua saat melakukan baby gym

Beberapa hal berikut perlu diperhatikan orang tua ketika melakukan gerakan senam pada bayi.
  1. Pastikan bayi dalam keadaan sehat sebelum melakukan baby gym.
  2. Pastikan tempat play gym aman dan nyaman untuk bayi. Orang tua harus tetap waspada dengan meletakkan bayi di tempat yang aman dan memungkinkan bayi untuk bergerak bebas. Dengan begitu, bayi dapat mengeksplorasi lingkungan sambil belajar, serta membentuk dan memperkuat otot.
  3. Perhatikan asupan cairan atau ASI agar bayi tidak dehidrasi.
  4. Perhatikan setiap gerakan, kecepatan, dan durasi senam agar tidak menimbulkan cedera pada bayi. 
  5. Pastikan pula alat bantu atau mainan bayi yang digunakan ketika baby gym aman untuk bayi. 

Catatan dari SehatQ

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak Anda. Selain terus memberikan stimulus, mengajaknya berolahraga dengan senam bayi juga dapat membantu perkembangan motoriknya. Jika ragu untuk melakukannya sendiri di rumah, Anda bisa memanggil instruktur ke rumah atau mendatangi tempat play gym.Memiliki kekhawatiran seputar perkembangan motorik dan sensoris anak? Jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter Anda. Anda juga bisa memanfaatkan fitur chat dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang juga!
bayi & menyusuitumbuh kembang bayibayiperkembangan bayi
Ikatan Dokter Anak Indonesia. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/manfaat-olahraga-bagi-kesehatan-anak-dan-remaja
Diakses pada 28 Mei 2021
Baby Gymnastics. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2384961/pdf/ulstermedj00128-0093b.pdf
Diakses pada 28 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/tummy-time
Diakses pada 28 Mei 2021
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/a568116/baby-gyms
Diakses pada 28 Mei 2021
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/play-baby-development/thinking-play-babies
Diakses pada 28 Mei 2021
Family Education. https://www.familyeducation.com/fun/activities-babies/its-playtime-baby-12-simple-developmental-activities-try-your-tot
Diakses pada 28 Mei 2021
Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/288291522.pdf
Diakses pada 28 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait