Manfaat Asam Folat untuk Pria dan Bahayanya Jika Dikonsumsi Berlebihan

(0)
Manfaat asam folat untuk pria adalah meningkatkan kualitas spermaKadar asam folat yang rendah pada pria dapat memengaruhi kualitas sperma
Selama ini, asam folat lebih dikenal banyak orang sebagai vitamin yang berguna untuk ibu hamil karena dapat membantu mengurangi risiko bayi lahir cacat. Sebenarnya, ada manfaat asam folat untuk pria yang mungkin selama ini belum Anda ketahui.Asam folat merupakan bentuk sintesis dari vitamin B9 yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat asam folat untuk pria pun beragam, mulai dari meningkatkan kualitas sperma hingga membantu mencegah datangnya sejumlah penyakit.

Manfaat asam folat

Asam folat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan pria, mulai dari meningkatkan kesuburan hingga pencegahan penyakit. Manfaat asam folat untuk pria antara lain:
  • Meningkatkan kualitas sperma

Pria menghasilkan sebanyak 1.500 sel sperma baru setiap detik. Asam folat merupakan nutrisi yang punya peranan penting dalam proses perubahan sperma dari sel induk germline menjadi sel sperma. Memerlukan waktu 60 hari hingga sel sperma terbentuk, asam folat berperan dalam pembelahan sel dan sintesis DNA. Selain itu, sebuah studi menyebut bahwa sperma dengan kadar asam folat rendah memiliki stabilitas DNA yang buruk.
  • Membantu mengatasi depresi

Manfaat asam folat untuk pria adala membantu atasi depresi
Orang yang mengalami depresi biasanya memiliki asupan asam folat yang rendah
Rendahnya asupan asam folat ditemukan pada orang-orang yang mengalami depresi. Temuan ini kemudian dikaitkan sebagai penyebab respons buruk terhadap pengobatan antidepresanGuna mengatasi hal tersebut, suplemen folat digunakan untuk meningkatkan respons pengobatan terhadap antidepresan. Meski begitu, masih diperlukan banyak penelitian terkait masalah ini dan asam folat bukanlah alternatif terapi antidepresan konvensional.
  • Membantu mencegah obesitas dan diabetes

Asam folat mempunyai potensi untuk mencegah obesitas dan diabetes tipe-2. Hal ini tidak lepas dari kemampuannya memecah trigliserida. Trigliserida sendiri merupakan lemak dalam darah yang menjadi penyebab penyakit diabetes dan obesitas.
  • Mencegah penyakit Alzheimer

Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa jumlah asam folat yang cukup dalam tubuh dapat membantu menangkal penyakit Alzheimer. Dalam studi ini, 579 orang diminta untuk mengonsumsi 400 mcg asam folat melalui makanan serta suplemen secara teratur tiap harinya.Hasilnya, asam folat dapat mengurangi risiko terkena Alzheimer hingga lebih dari 50 persen. Sementara itu, penelitian lain menyebut bahwa asam folat berperan dalam mencegah berkurangnya kemampuan mengingat seiring bertambahnya usia.
  • Membantu mencegah penyakit jantung

Asam folat yang dikonsumsi bersamaan dengan vitamin B12 berperan sebagai koenzim yang membantu metabolisme asam amino homosistein dan metionin. Jika tubuh kekurangan asam folat, kadar homosistein akan meningkat sehingga memicu penyakit kardiovaskular

Makanan untuk memenuhi kebutuhan asam folat

Sayuran hijau merupakan salah satu sumber asam folat
Brokoli mengandung folat alami yang dibutuhkan tubuh
Asam folat tidak diproduksi secara alami dalam tubuh manusia. Kandungan ini bisa didapatkan dari makanan-makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi asupan folat dalam tubuh seperti:
  • Sayuran berdaun hijau tua (bayam, asparagus, brokoli)
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Buah segar atau jus buah
  • Telur
  • Hati
  • Makanan laut
Meskipun begitu, Anda yang menderita alergi sebaiknya berhati-hati ketika memilih makanan untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Selain melalui makanan, asupan asam folat juga bisa diperoleh dengan cara meminum suplemen,

Efek samping mengonsumsi asam folat berlebihan

Menurut ahli, asupan folat dari makanan tidak terkait dengan risiko kesehatan apa pun. Apalagi, vitamin ini larut dalam air sehingga akan ikut terbuang lewat urine apabila jumlahnya berlebihan dalam tubuh. Sementara itu, mengonsumsi asam folat dalam bentuk suplemen dapat menimbulkan efek samping. Asam folat dapat menyebabkan beberapa  masalah kesehatan, seperti sakit perut, gangguan tidur, hingga kejang.Disebut dapat melindungi tubuh dari kanker, sebuah penelitian menyebut bahwa mengonsumsi suplemen asam folat dalam dosis tinggi meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Penelitian itu mendapati bahwa meminum suplemen asam folat dalam dosis tinggi meningkatkan risiko terkena kanker prostat hingga 163 persen dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.Asam folat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh meski ada efek samping yang ditimbulkan jika konsumsinya berlebihan. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung folat untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan dari suplemen.

Catatan dari SehatQ

Asam folat merupakan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya untuk ibu hamil, bentuk sintesis dari vitamin B9 ini juga memberikan banyak manfaat bagi pria. Meskipun manfaat asam folat untuk pria banyak, dosis penggunaan suplemen asam folat harus Anda perhatikan.
diabetesmengatasi depresialzheimerpenyakit jantungobesitasasam folatsperma
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/folic-acid-for-female-and-male-fertility-1959878
Diakses pada 27 Agustus 2020
Men’s Journal. https://www.mensjournal.com/food-drink/folic-acid/
Diakses pada 27 Agustus 2020
Men’s Health. https://www.menshealth.com/health/a23029509/folic-acid-benefits/
Diakses pada 27 Agustus 2020
Harvard School of Public Health. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/folic-acid/
Diakses pada 27 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait