Manfaat Antioksidan untuk Kulit, Penyelamat Kulit Penangkal Radikal Bebas


Fungsi utama antioksidan untuk kulit adalah menangkal serta menetralisir zat radikal bebas. Di samping itu membantu mengurangi terjadinya peradangan pada kulit hingga mencegah penuaan.

(0)
13 Dec 2020|Azelia Trifiana
Berbagai sumber antioksidan untuk kulit yang menyehatkanBerbagai sumber antioksidan untuk kulit
Antioksidan bukanlah kata asing lagi di dunia kecantikan dan kesehatan. Bukan tanpa alasan kenapa zat ini sangat tenar. Sebabnya, fungsi antioksidan untuk kulit sangat krusial: Melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.Selain diproduksi secara alami oleh tubuh, dikonsumsi dalam bentuk suplemen, antioksidan juga banyak digunakan dalam produk skincare. Manfaat antioksidan untuk kulit bisa mencegah penuaan atau mengatasi berbagai keluhan.

Fungsi antioksidan untuk kulit

Fungsi utama antioksidan untuk kulit adalah menangkal serta menetralisir zat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak memiliki elektron sehingga sifatnya tidak stabil. Radikal bebas dapat muncul lewat proses alami tubuh. Jika jumlahnya di dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan.Beberapa efek yang dapat muncul adalah mempercepat penuaan sel kulit dan membuat kulit mengalami peradangan.Selain dari dalam tubuh, zat berbahaya ini juga bisa diperoleh seseorang saat terus menerus terpapar matahari, polusi, radiasi, asap rokok, dan iritan lainnya.

Manfaat antioksidan untuk kulit

Karena fungsinya tadi tak heran antioksidan digunakan pada produk kecantikan.  Penelitian seputar manfaat antioksidan untuk kulit terus dikembangkan demi mengetahui apa saja potensi yang belum diketahui sebelumnya.Beberapa manfaat utamanya adalah:

1. Mencegah munculnya flek hitam akibat sinar UV

flek hitam di wajah
Mengurangi timbulnya flek hitam
Beraktivitas di bawah sinar matahari dapat merusak sel kulit. Tanda-tanda utamanya adalah munculnya flek hitam. Adanya antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, namun tentunya harus disertai dengan mengaplikasikan tabir surya.

2. Meredakan peradangan

Secara alami, zat radikal bebas dapat menyebabkan peradangan di tubuh manusia. Antioksidan dapat membantu meredakan radang dan menimbulkan sensasi menenangkan pada kulit.

3. Mencegah penuaan

mencegah penuaan
Antioksidan memperlambat penuaan
Mengaplikasikan antioksidan secara topikal juga dapat membuat kulit tampak lebih muda. Faktor eksternal yang menyebabkan penuaan dini seperti polusi udara dan asap rokok bisa diatasi dengan antioksidan. Meski demikian, antioksidan tidak dapat mencegah penuaan alami kulit.

4. Meningkatkan produksi kolagen

Beberapa jenis antioksidan merangsang produksi kolagen di kulit. Kolagen sendiri berfungsi membuat kulit tetap kenyal dan elastis.

Meski tidak semua jenis antioksidan merangsang produksi kolagen, semua antioksidan membantu meningkatkan kinerja kolagen di dalam kulit.
Meski demikian, perlu diingat bahwa tidak ada jaminan manfaat antioksidan untuk kulit ini berlaku sama pada tiap orang. Memang banyak penelitian seputar fungsi antioksidan, namun belum tentu manfaatnya saat digunakan di kulit juga sama efektifnya.

Jenis antioksidan untuk kulit

Lalu, jenis antioksidan apa yang harus digunakan demi mendapatkan manfaat maksimal? Setidaknya, ada beberapa macam yang dianggap bermanfaat untuk kulit, seperti:
  • Vitamin C

Vitamin C membantu stimulasi produksi kolagen dan merupakan antioksidan terbaik untuk menghilangkan flek hitam. Meski demikian, sebaiknya simpan skincare dengan kandungan vitamin C dalam kemasan kedap udara untuk mencegah penurunan fungsinya.
  • Vitamin E

Tersohor sebagai vitamin untuk kulit, vitamin E juga membantu mempercepat proses pemulihan dan juga menjaga kelembapan
  • Asam ferulat

Mengaplikasikan asam ferulat pada kulit dapat melindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Jenis antioksidan ini paling efektif digunakan bersamaan dengan vitamin C dan E.
  • Retinol

Jenis antioksidan untuk mencegah tanda-tanda penuaan ini diklaim sebagai produk dalam skincare yang paling efektif. Tak hanya itu, retinol juga mempercepat regenerasi sel hingga menghaluskan permukaan kulit.
  • Resveratrol

Sama seperti zat yang ada dalam anggur, teh, dan berries, resveratol sangat ampuh melindungi dari paparan sinar ultraviolet. Tak hanya itu, fungsinya juga dapat mencegah peradangan. Mengaplikasikan skincare dengan kandungan resveratrol dapat mempercepat produksi kolagen serta elastin.
  • Niacinamide

Tidak berlebihan jika ada orang yang merasa tekstur kulitnya lebih merata setelah menggunakan produk skincare dengan kandungan niacinamide. Dikenal juga dengan vitamin B3, niacinamide dapat membantu menghilangkan flek hitam pada kulit.
  • Curcumin

Termasuk pendatang baru di dunia produk skincare, ini adalah zat polifenol yang ada di kunyit. Diyakini, curcumin dapat mencegah peradangan serta membuat kulit lebih cerah.Di antara begitu banyaknya pilihan produk skincare dan antioksidan, tentu harus tahu betul apa keluhan dan kondisi kulit. Sebagian besar produk perawatan kulit yang dijual bebas mengandung lebih dari satu antioksidan. Jadi, penting untuk memilih tujuan akhir yang diinginkan.

Catatan dari SehatQ

Wajar jika harus melewati rangkaian eksperimen alias trial and error sebelum menemukan formulasi yang tepat. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar asupan antioksidan dari makanan yang baik untuk kulit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/what-are-the-benefits-of-antioxidants-2507083
Diakses pada 27 November 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/free-radical-theory-of-aging-2224227
Diakses pada 27 November 2020
Self. https://www.self.com/story/best-antioxidants-for-skin-according-to-dermatologists 
Diakses pada 27 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait