logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Manfaat Antioksidan untuk Kulit dan Jenis-Jenisnya dalam Produk Skincare

open-summary

Fungsi antioksidan untuk kulit antara lain melindungi kulit dari paparan sinar UV hingga memperlambat penuaan. Selain dari konsumsi makanan, manfaat antioksidan untuk kulit bisa Anda dapat melalui penggunaan produk skincare.


close-summary

5

(2)

30 Nov 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Berbagai sumber antioksidan untuk kulit yang menyehatkan

Berbagai sumber antioksidan untuk kulit

Table of Content

  • Manfaat antioksidan untuk kulit
  • Jenis antioksidan yang umum ditemui pada produk skincare
  • Catatan dari SehatQ

Antioksidan merupakan salah satu jenis kandungan zat yang banyak ditemukan dalam sejumlah produk perawatan kulit (skincare). Hal ini bukan tanpa alasan karena perannya sebagai anti aging. Tak hanya itu, ada berbagai fungsi antioksidan untuk kulit lainnya yang menarik disimak.

Advertisement

Manfaat antioksidan untuk kulit

Antioksidan adalah senyawa yang memiliki fungsi untuk memerangi efek negatif yang berasal dari radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul yang diproduksi ketika tubuh, termasuk kulit, terpapar sinar matahari berlebihan, asap rokok, polusi udara, atau lainnya.

Alhasil, muncul sejumlah efek yang dialami kulit, seperti munculnya tanda penuaan lebih cepat dan peradangan kulit. Atas dasar inilah, kulit membutuhkan antioksidan.

Antioksidan bisa Anda temukan dalam sejumlah makanan. Sebuah studi yang dimuat dalam Dermato-Endocrinology, konsumsi makanan tinggi antioksidan dapat memperlambat penuaan dan menjaga kesehatan tubuh.

Selain dari makanan, sejumlah produk skincare ada yang diperkaya dengan antioksidan. Meski keefektifan fungsinya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, berikut adalah potensi manfaat antioksidan untuk kulit yang menarik disimak.

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

manfaat antioksidan untuk kulit mencerahkan flek hitam di wajah
Mengurangi timbulnya flek hitam

Paparan sinar matahari merupakan faktor terbesar yang membuat kerusakan kulit terjadi.

Nah, salah satu manfaat antioksidan untuk kulit adalah melindunginya dari bahaya paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari.

Akan tetapi, Anda dapat merasakan manfaat ini bila disertai dengan penggunaan sunscreen atau tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

2. Meredakan peradangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, radikal bebas dapat menyebabkan peradangan pada kulit.

Maka dari itu, fungsi antioksidan untuk kulit dapat membantu meredakan peradangan dan memberi sensasi menenangkan pada kulit.

3. Memperlambat penuaan

antioksidan untuk kulit bisa memperlambat penuaan
Penuaan dini terjadi karena ketidakseimbangan antioksidan dan radikal bebas pada kulit

Penggunaan skincare mengandung antioksidan disebut dapat membuat kulit jadi tampak lebih muda.

Bahkan, manfaat antioksidan untuk kulit dapat memperlambat penuaan dini yang disebabkan oleh faktor eksternal, seperti paparan sinar matahari berlebihan, asap rokok, atau polusi udara.

4. Meningkatkan produksi kolagen

Beberapa jenis antioksidan dapat membantu merangsang produksi kolagen pada kulit. Kolagen adalah salah satu jenis protein yang berfungsi membuat kulit tetap kenyal dan elastis.

Meski tidak semua jenis antioksidan dapat merangsang kolagen, sebagian besar antioksidan tetap membantu meningkatkan kinerja kolagen dalam kulit.

BACA JUGA: Deretan Buah Kaya Antioksidan yang Bisa Menangkal Radikal Bebas

Jenis antioksidan yang umum ditemui pada produk skincare

Antioksidan sebenarnya bukan hanya satu kandungan saja. Itu sebabnya, Anda mungkin sulit melihat antioksidan dalam komposisi produk perawatan kulit.

Pada dasarnya, antioksidan merujuk pada sekelompok zat yang bekerja dengan cara melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Berikut adalah jenis-jenis antioksidan yang dapat ditemui pada sejumlah produk skincare.

1. Vitamin C

Salah satu manfaat antioksidan untuk kulit dapat diperoleh melalui kandungan vitamin C (L-ascorbic acid).

Ya, vitamin C merupakan antioksidan kuat yang mampu menghilangkan radikal bebas dari kulit akibat paparan sinar UV dan zat polutan.

Penggunaan serum vitamin C bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen dan menyamarkan flek hitam di wajah.

2. Vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E juga menjadi jenis antioksidan yang umum ditemui dalam sejumlah produk perawatan kulit.

Manfaat vitamin E, atau dikenal pula sebagai tokoferol, dilaporkan dapat mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, menetralkan lapisan kulit, hingga mengurangi risiko kanker kulit.

Menurut studi yang dimuat dalam Indian Dermatology Online Journal, manfaat vitamin E untuk kulit juga diketahui mampu melembapkan kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

Fungsi antioksidan untuk kulit ini cocok bagi pemilik kulit kering, terutama yang kerap mengalami iritasi, karena mengandung zat antiradang di dalamnya.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan skincare mengandung vitamin E dengan jenis antioksidan untuk kulit lainnya, seperti vitamin C dan resveratrol.

3. Retinol

Retinol merupakan zat turunan vitamin A yang kerap ditemukan dalam sejumlah produk skincare anti penuaan karena manfaatnya yang mampu mengurangi tampilan keriput dan garis halus di wajah.

Fungsi antioksidan untuk wajah ini juga dapat membantu mempercepat regenerasi sel hingga merangsang produksi kolagen. Dengan demikian, permukaan kulit wajah bisa tampak lebih halus dan cerah.

Jika Anda ingin menggunakan skincare mengandung retinol, gunakan secara bertahap terlebih dulu. Kemudian, tingkatkan frekuensi pemakaian sesuai dengan kondisi kulit.

Namun, perlu diketahui bahwa retinol dapat membuat kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk mengoleskan sunscreen bila rutin menggunakan produk skincare retinol.

4. Niacinamide

Niacinamide atau vitamin B3 adalah jenis antioksidan untuk kulit yang berfungsi mengatasi jerawat, rosacea, masalah pigmentasi, hingga keriput.

Tak hanya itu, niacinamide juga mampu meratakan warna kulit sekaligus memperkuat fungsi lapisan kulit agar senantiasa sehat.

Kandungan zat antiradang di dalamnya dipercaya baik bagi pemilik kulit rentan berjerawat.

5. Ferulic acid

Skincare mengandung ferulic acid juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Anda bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal bila menggunakan serum vitamin C dan E.

6. Resveratrol

Resveratrol juga merupakan jenis antioksidan yang kerap ditemui dalam sejumlah produk skincare.

Sebuah studi yang dimuat dalam Food & Function menyebutkan, mengoleskan produk kulit mengandung resveratrol dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV hingga merangsang produksi kolagen.

Tak hanya itu, manfaat antioksidan untuk wajah ini mampu mencerahkan kulit dan mencegah munculnya keriput.

7. Ekstrak teh hijau

Jenis antioksidan lainnya adalah teh hijau. Kandungan utama pada teh hijau, yakni polifenol atau dikenal dengan katekin, bersifat sebagai antiradang dan anti karsinogenik.

Bagi pemilik kulit sensitif yang kerap mengalami kulit kemerahan dan peradangan, serta ingin melawan tanda-tanda penuaan kulit, penggunaan skincare mengandung teh hijau dapat menjadi pilihan.

Baca Juga

  • Ragam Pilihan Minuman Antioksidan untuk Tubuh Lebih Sehat
  • Setelah Lahir, Warna Kulit Anak Mengikuti Siapa?
  • Blackheads (Komedo Hitam), Simak Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Catatan dari SehatQ

Selain dari konsumsi makanan, manfaat antioksidan untuk wajah bisa Anda dapat melalui penggunaan produk perawatan kulit.

Jika tertarik menggunakan skincare mengandung jenis antioksidan tertentu, pastikan untuk menyesuaikan kandungannya dengan masalah kulit yang dialami.

Misalnya, bila ingin mencerahkan kulit, pilih jenis antioksidan untuk kulit yang mengandung niacinamide, vitamin C, atau retinol.

Selalu gunakan produk skincare baru secara bertahap, bila perlu lakukan tes pada kulit terlebih dulu untuk mengetahui ada tidaknya reaksi alergi yang mungkin terjadi.

Bingung menggunakan produk perawatan kulit mengandung antioksidan? Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit guna mengetahui rekomendasi yang tepat.

Anda juga bisa bertanya langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

perawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajahvitaminantioksidan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved