4 Manfaat Anak Bilingual Alias Bisa Berbicara Dua Bahasa


Bilingual atau mampu menggunakan dua bahasa dengan baik ternyata ada manfaatnya untuk anak-anak, mulai dari meningkatkan fungsi kognitif hingga mengasah kemampuan sosialnya.

0,0
28 Jul 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
anak bilingual yang mampu menggunakan dua bahasa dengan baikSaat anak mampu menggunakan dua bahasa dengan baik alias bilingual, ada manfaat kesehatan yang ia dapat rasakan.
Sejak dini, sebagian anak-anak di sekolah sudah diajarkan bahasa asing, mulai dari bahasa Inggris, Mandarin, Arab, dan lainnya. Meski sudah diajarkan, tahukah Anda kalau mampu menggunakan dua bahasa dengan baik (bilingual) menawarkan segudang manfaat untuk si kecil?Mari ketahui lebih lanjut berbagai manfaat menjadi anak bilingual dan berbagai tips efektif untuk mengajarkan anak bahasa asing sejak dini.

Manfaat bilingual untuk anak

Belum banyak orangtua yang tahu bahwa mendidik anak menjadi bilingual punya banyak manfaat. Untuk membantu Anda memahaminya, berikut adalah sejumlah manfaat bilingual atau mampu menggunakan dua bahasa dengan baik pada anak.

1. Meningkatkan rasa empati

Siapa sangka, ternyata mendidik anak untuk menjadi bilingual dianggap bisa meningkatkan rasa empatinya. Hal ini langsung diutarakan oleh Oren Boxer, seorang neuropsikolog, sebagaimana dilansir dari Parents.Boxer juga menyatakan bahwa anak yang mampu menggunakan dua bahasa dengan baik memiliki pemahaman sosial yang bagus.Di dalam sebuah berjudul Bilingualism in the Early Years: What the Science Says, anak-anak yang bilingual mampu memahami perspektif, pemikiran, keinginan, dan intensi orang lain, dibandingkan dengan anak yang hanya mampu berbicara satu bahasa saja.

2. Meningkatkan fungsi otak

Mampu menggunakan dua bahasa dengan baik ternyata berdampak positif pada anak. Dengan menjadi bilingual, si kecil dianggap mampu berkonsentrasi, memecahkan masalah, merencanakan sesuatu, dan bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu (multitasking).Saat anak beranjak dewasa, kemampuan bilingual-nya ini juga bisa memperlambat datangnya penyakit demensia hingga Alzheimer selama 4 tahun, dibandingkan dengan anak-anak yang hanya bisa berbicara satu bahasa saja.

3. Meningkatkan performa akademis di sekolah

Di dalam sebuah studi berjudul Bilingualism and Literacy: Problem or Opportunity?, sejumlah ahli menyatakan bahwa anak yang mampu menggunakan dua bahasa dengan baik dapat belajar membaca lebih cepat dibandingkan teman-temannya yang hanya menguasai satu bahasa.Sebuah riset berjudul The Effect of Foreign Language Study in High School on Verbal Ability as Measured by the Scholastic Aptitude Test-Verbal juga membuktikan, anak-anak bilingual memiliki nilai yang baik saat menjalani Scholastic Aptitude Test (SAT).

4. Memiliki kesempatan karier yang lebih baik

Saat ini, berbagai perusahaan mengharuskan karyawannya untuk bisa berbicara dua bahasa. Maka dari itu, anak-anak yang sejak dini sudah terbiasa berbicara dua bahasa dianggap memiliki kesempatan karier yang lebih baik di masa depan.Ditambah lagi, anak-anak mungkin akan berkompetisi dengan orang lain yang berasal dari mancanegara. Dengan mampu menggunakan dua bahasa dengan baik, ia dapat berkomunikasi dengan orang asing di dalam perusahaannya kelak.

Tips efektif mengajarkan bahasa asing kepada anak

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan agar anak mampu menggunakan dua bahasa dengan baik, di antaranya:
  • Membaca buku

Buku adalah salah satu media untuk mengajarkan bahasa baru pada anak. Cobalah belikan buku dengan bahasa yang ingin dipelajari anak. Anda juga bisa membantunya dengan membacakan buku dalam bahasa lain.Selain itu, Anda bisa mengajak anak untuk datang ke perpustakaan dan memilih buku berbahasa asing yang ingin ia baca.
  • Mendengarkan lagu

Mendengarkan lagu juga dianggap sebagai salah satu cara mengajarkan bahasa baru yang ampuh. Ada banyak lagu anak-anak berbahasa asing yang dapat Anda tonton lewat dunia maya bersama si kecil.
  • Menonton program televisi anak

Sama seperti lagu, ada banyak program televisi khusus anak berbahasa asing yang bisa ditonton lewat sambungan internet. Carilah siaran yang mendidik agar anak tertarik untuk menontonnya.
  • Ajak berbincang dalam bahasa asing

Anda memiliki peran penting dalam proses pembelajaran bahasa asing untuk anak. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah mengajaknya berbincang dalam bahasa asing.Meskipun pada awalnya anak tidak mengerti, lambat laun ia akan mulai mengerti apa yang Anda bicarakan kepadanya. Bantu juga anak untuk memahami bahasa asing dengan menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti terlebih dahulu.
  • Menyisipkan bahasa asing dalam kegiatan favoritnya

Orangtua juga boleh menyisipkan bahasa asing di dalam berbagai kegiatan favorit si kecil.Misalnya, anak Anda suka bermain bola, cobalah berikan arahan dalam bahasa asing yang ingin Anda ajarkan kepadanya. Kalau anak Anda suka memasak, cobalah berikan resep dalam bahasa asing yang ingin ia pelajari.Mengajari anak untuk menjadi bilingual atau mampu menggunakan dua bahasa dengan baik membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun, dengan kerja keras dan ketekunan, bukan tidak mungkin anak Anda mampu menggunakan dua bahasa dengan baik.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentinggaya parenting
Parents. https://www.parents.com/Bilingual/benefits-of-learning-a-second-language-as-a-child/
Diakses pada 13 Juli 2021
ABC. https://www.abc.net.au/kidslisten/ideas/earlylearning/benefits-of-being-a-bilingual-child/9442508
Diakses pada 13 Juli 2021
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/newborns/connecting-communicating/bilingualism-multilingualism/bilingualism
Diakses pada 13 Juli 2021
ASHA. https://www.asha.org/public/speech/development/learning-two-languages/
Diakses pada 13 Juli 2021
Chalk Academy. https://chalkacademy.com/raising-a-bilingual-baby/
Diakses pada 13 Juli 2021
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/babies/connecting-communicating/bilingualism-multilingualism/raising-bilingual-children-tips
Diakses pada 13 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait