logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Fakta Manfaat Ampela Ayam untuk Kesehatan yang Mencengangkan

open-summary

Meski kerap dicap makanan tidak sehat, manfaat ampela ayam untuk kesehatan sangat baik karena adanya kandungan protein, vitamin B-12, dan selenium.


close-summary

4.43

(7)

1 Mei 2020

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Ternyata ada banyak manfaat ampela ayam yang menyehatkan

Ampela ayam yang masih mentah

Table of Content

  • Kandungan dan manfaat ampela bagi kesehatan
  • Cara memasak ampela ayam yang sehat
  • Tetap batasi konsumsi ampela

Ampela ayam adalah bagian dari sistem pencernaan ayam yang berfungsi untuk menggiling makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga lebih mudah dicerna. Jika Anda pernah melihat ayam mematuki kerikil, batu kecil itulah yang tersimpan di bagian ampela.

Advertisement

Ampela berbentuk agak oval dan kecil dan akan terasa kenyal ketika Anda gigit. Di pasaran, organ ini kerap dijual bersama dengan hati atau dikenal dengan istilah jeroan ati-ampela.

Namun, ada beberapa bahaya makan ati ampela yang perlu diwaspadai. Makanan ini kerap dihubungkan sebagai penyebab kolesterol naik.

Baca Juga

  • Protein adalah Komponen Penting bagi Tubuh, Ini Jenis dan Fungsinya
  • Tips Mengolah Daging Sapi Secara Sehat Usai Idul Adha
  • Buah yang Mengandung Protein, Mulai dari Jambu hingga Alpukat

Kandungan dan manfaat ampela bagi kesehatan

Jeroan memang dikenal sebagai makanan yang enak, tapi jahat karena mengandung kolesterol. Namun, stigma ini tidak dapat dilekatkan pada ampela ayam karena mereka justru kaya akan nutrisi, terutama protein, dan rendah lemak sehingga aman dikonsumsi oleh hampir semua orang.

Manfaat kesehatan lain dari ampela ayam adalah:

1. Berpotensi mencegah kanker

Kandungan selenium pada ampela ayam dapat meningkatkan kinerja hormon tiroid sehingga tubuh mampu melawan efek buruk dari radikal bebas.

Selenium sendiri memiliki potensi untuk melindungi Anda dari munculnya beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, paru-paru, prostat, dan kanker kulit, meski klaim ini masih harus dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut.

2. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang tetap ingin makan enak sambil menurunkan berat badan, konsumsi ampela ayam bisa jadi salah satu alternatifnya.

Menurut Jurnal yang diterbitkan Academy of Nutrition and Dietetics Amerika Serikat, makan makanan tinggi protein dapat mengurangi nafsu makan sekaligus mencegah obesitas dan penumpukan lemak di perut.

3. Menyehatkan pencernaan dan otak

Ampela ayam juga mengandung vitamin B-12 yang dapat meningkatkan kinerja otak sekaligus produksi sel darah merah. Defisiensi vitamin B-12 ini dapat mengakibatkan anemia atau kelainan gastrointestinal yang menyebabkan munculnya masalah ingatan, demensia, depresi, maupun lelah berlebihan.

4. Mencegah lelah

Jika Anda sering merasa lelah, sakit kepala, sulit fokus, atau jantung berdebar-debar, mungkin Anda tengah mengalami defisiensi zat besi. Sebelum Anda mengonsumsi suplemen penambah darah, tidak ada salahnya jika Anda mencoba makan ampela ayam terlebih dahulu.

Dalam 100 gram ampela ayam terdapat 2,49 miligram zat besi atau setara 14 persen rekomendasi konsumsi harian untuk satu orang. Zat besi akan membuat sel di dalam tubuh kembali bekerja normal, meningkatkan fungsi imunitas, serta membantu melancarkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh.

Cara memasak ampela ayam yang sehat

Cara memasak dan menyimpan ampela ayam juga dapat mempengaruhi kualitas dari makanan tersebut. Namun, tidak hanya cara memasak dan menyimpannya saja, memilih kualitas ampela yang baik dan segar juga berpengaruh pada kualitasnya.

Jika sudah mendapatkan ampela ayam dengan kualitas baik dan segar, sebaiknya simpanlah bahan tersebut di dalam plastik tertutup yang dapat mencegahnya terkontaminasi bahan makanan lain. Lalu, masukkan ampela ayam yang sudah terbungkus tadi ke dalam kulkas dengan suhu di bawah 0° Celcius.

Memasukkan ampela ayam ke dalam kulkas dapat membuatnya beku. Jadi, ketika ingin memasaknya, Anda perlu membiarkannya dahulu beberapa saat sampai tidak beku. Hal ini agar ketika memasak, tidak ada bagian ampela ayam yang kurang matang karena masih beku ketika diproses.

Mengkonsumsi ampela ayam yang kurang matang bisa jadi berbahaya karena adanya bakteri yang mungkin masih hidup dan tertinggal. Biasanya, ampela ayam perlu dimasak pada suhu sekitar 75° Celcius untuk tingkat kematangan sempurna.

Tetap batasi konsumsi ampela

Meski memiliki banyak manfaat, ampela tidak boleh dikonsumsi berlebihan, apalagi jika Anda menderita kolesterol tinggi. Sama seperti organ dalam hewan yang lain, ampela memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi, meski kadarnya tidak sebanyak pada hati dan usus.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyatakan konsumsi ampela atau makanan dengan lemak jenuh lainnya harus kurang dari 10 persen jumlah kalori harian yang Anda konsumsi. Sedangkan bila Anda menderita kolesterol tinggi, makan ampela tidak boleh lebih dari 5 persen dari total kebutuhan kalori per hari.

Penelitian lain juga mengatakan bahwa organ binatang, termasuk ampela ayam, mengandung purin yang dapat menaikkan level asam urik dan memunculnya gejala asam urat. Oleh karena itu, bila Anda memiliki keluhan di atas, sebaiknya menghindari makan ampela atau paling tidak menguranginya.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

protein

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved