5 Manfaat Ampas Teh untuk Wajah dan Cara Membuat Maskernya


Manfaat ampas teh tidak hanya menghilangkan mata sembap, melainkan juga membuat kulit tampak awet muda, mengatasi jerawat, hingga meringankan gejala penyakit kulit. Namun, pastikan Anda tahu cara menggunakan ampas teh untuk wajah dengam tepat.

(0)
Manfaat ampas teh untuk wajah mungkin belum diketahui banyak orangTempelkan kantong teh celup dingin yang sudah tidak digunakan pada kelopak mata yang tertutup
Tahukah Anda kalau manfaat ampas teh untuk wajah bisa dijadikan perawatan alami sehari-hari? Ya, jika selama ini Anda langsung membuang kantong teh celup setelah digunakan dalam sekali seduhan, cobalah untuk mendapatkan manfaatnya untuk wajah.Pasalnya, ada sejumlah manfaat kantong teh celup untuk wajah yang belum diketahui oleh banyak orang. Apa saja manfaat masker teh celup untuk wajah? Simak artikel berikut ini.

Apa manfaat ampas teh untuk wajah?

Anda bisa memperoleh manfaat ampas teh celup untuk wajah dengan cara membuatnya menjadi masker.Adapun berbagai manfaat ampas teh untuk wajah adalah sebagai berikut.

1. Membuat kulit tampak lebih awet muda

manfaat ampas teh untuk wajah yang lebih awet muda
Kulit wajah jadi lebih awet muda berkat kantong teh celup bekas
Salah satu manfaat ampas teh untuk wajah adalah membuat kulit tampak lebih awet muda.Anda bisa memperoleh manfaat ini bila menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG).Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Medical College of Georgia di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa EGCG memiliki khasiat untuk meremajakan sel kulit mati.EGCG dapat melawan tanda-tanda penuaan dengan melindungi kulit dan memperbaiki sel kulit wajah, serta membantu mengatasi kulit kusam agar terlihat lebih sehat.Selain EGCG, manfaat kantong teh celup untuk wajah yang berasal dari kandungan vitamin B2 dapat membantu menjaga kadar kolagen pada kulit.Adanya kandungan vitamin B2 inilah yang membuat kulit kencang dan tampak lebih awet muda.

2. Meredakan kulit kemerahan dan iritasi

Manfaat kantong teh celup untuk wajah ternyata juga dapat meredakan kulit kemerahan dan iritasi.Beberapa hasil penelitian mengungkapkan potensi manfaat ampas teh hijau dipercaya dapat mengatasi iritasi dan pembengkakan akibat gejala penyakit kulit, seperti psoriasis, dermatitis, dan rosacea.Tak hanya masker ampas teh hijau, Anda bisa memperoleh manfaat ini bila menggunakan kantong teh celup kamomil, lavender, dan teh hitam yang sudah tidak dipakai.Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam NCBI, berbagai jenis teh tersebut memiliki zat antiradang yang dapat meringankan dan menenangkan kulit akibat gejala rosacea.Anda cukup meletakkan kantong teh celup yang tidak terpakai pada area kulit yang terinfeksi. Namun, hentikan pemakaian bila muncul reaksi negatif pada kulit.

3. Mengatasi jerawat

Manfaat ampas teh untuk jerawat juga  nyata adanya
Manfaat ampas teh untuk wajah berjerawat bisa dicoba
Manfaat ampas teh untuk mengatasi jerawat berasal dari sifat antioksidan, antimikroba, dan anti peradangan di dalamnya.Sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Antioxidants menyatakan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau dapat mengurangi produksi minyak berlebih di kulit.Anda mungkin sudah tahu kalau produksi minyak berlebih merupakan salah satu penyebab jerawat timbul.Kandungan polifenol juga mampu melawan infeksi dengan cara merusak membran bakteri.Berkat kemampuannya tersebut, manfaat masker ampas teh celup untuk wajah berjerawat bisa dicoba guna menghentikan infeksi bakteri penyebab jerawat membandel.

4. Menghilangkan kantong mata

Manfaat ampas teh untuk wajah yang paling dikenal adalah menghilangkan kantong mata.Hal ini berkat kandungan kafein yang terdapat pada teh. Kafein berfungsi untuk mengecilkan pembuluh darah halus di bawah mata yang menyebabkan mata bengkak.Teh juga mengandung antioksidan bernama flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antiradang.Tanin dapat membantu mengencangkan kulit dan mengobati kantong mata.
Manfaat ampas teh hijau untuk menghilangkan kantong mata
Tempelkan kantong teh hiaju dingin pada area bawah mata
Masker ampas teh hijau biasanya lebih ampuh untuk menawarkan manfaat ini karena kandungan flavonoid yang tinggi di dalamnya. Namun, Anda juga bisa menggunakan masker dari teh celup hitam.Cara menggunakannya, masukkan 2 kantong teh hijau atau hitam dalam lemari es selama 30 menit.Setelah dingin, letakan kantong teh dingin di kelopak mata yang tertutup. Diamkan selama 15 menitLakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat kantong teh celup untuk wajah secara maksimal.

5. Meringankan mata merah

Manfaat ampas teh ternyata bisa meringankan mata merah. Mata merah dapat terjadi ketika pembuluh darah di bawah mata jadi iritasi.Anda cukup menempelkan kantong teh celup dingin pada area mata untuk meringankan kondisi ini.

Apa saja jenis kantong teh celup yang bisa digunakan untuk wajah?

Pada dasarnya, berbeda jenis kantong teh yang digunakan, maka manfaat kantong teh celup untuk wajah yang didapat.Untuk mendapat manfaat kantong teh celup untuk wajah yang maksimal, Anda bisa menggunakan kantong teh hitam dan teh hijau.Pasalnya, kedua jenis teh tersebut memiliki kandungan antioksidan, kafein, dan sejumlah mineral yang ampuh meredakan peradangan dan iritasi, serta masalah pada mata.Kendati demikian, Anda juga bisa menggunakan kantong teh herbal lainnya, seperti:
  • Rooibos
  • Chamomile
  • Lavender
  • Calendula
  • Fennel
  • Fenugreek

Bagaimana cara menggunakan ampas teh untuk wajah?

Untuk mendapatkan berbagai manfaat masker ampas teh celup di atas, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah.Berikut adalah beberapa cara membuat masker dari ampas teh dan bahan alaminya yang bisa Anda coba.

1. Masker ampas teh celup murni

Manfaat ampas teh yang maksimal berasal dari teh hijau
Gunakan kantong teh celup bekas yang sudah selesai digunakan
Anda bisa membuat masker ampas teh celup murni atau tanpa tambahan bahan alami lainnya sebagai berikut.
  • Seduh 2 kantong teh celup dalam air panas.
  • Peras cairan dari kantong teh tersebut.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai kantong teh berada pada suhu ruangan.
  • Simpan kantong teh celup dalam lemari es selama 30 menit.
  • Tempelkan kantong teh celup pada kelopak mata yang tertutup.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Lakukan langkah ini sesering mungkin, bila dibutuhkan.

2. Masker dari ampas teh celup dan bahan alami lainnya

Manfaat ampas teh hijau bisa dicampur dengan bahan alami lain
Buka kantong teh hijau, lalu ambil ampas daunnya
Anda bisa membuat masker dari ampas teh celup dan bahan alami lainnya, seperti madu dan soda kue. Berikut caranya.
  • Ambil kantong teh hijau yang baru saja Anda seduh dan tidak digunakan kembali. Buka kantong teh celup dan masukkan ampas daunnya ke dalam sebuah mangkuk.
  • Tambahkan 1 sendok makan soda kue dan 1 sendok makan madu ke dalam mangkuk untuk membuatnya menjadi pasta.
  • Jika campuran yang dibuat terlalu kental, tambahkan beberapa tetes air. Aduk merata.
  • Bersihkan wajah sebelum memperoleh manfaat masker teh hijau tersebut agar masker teh hijau dapat menembus pori-pori kulit secara maksimal.
  • Oleskan masker teh hijau dan madu secara merata pada permukaan wajah dengan jari-jari tangan atau kuas bersih.
  • Pijat wajah secara lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori.
  • Diamkan masker teh celup pada kulit wajah selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat.
Untuk memperoleh manfaat masker teh ini secara optimal, Anda bisa mengoleskan masker setiap 1-3 kali dalam seminggu.

Adakah risiko efek samping masker teh celup yang mungkin ditimbulkan?

Umumnya, sangat sedikit risiko efek samping masker teh celup untuk wajah.Jika Anda baru pertama kali mencoba manfaat kantong teh celup untuk wajah, coba oleskan sedikit terlebih dahulu pada area kulit siku.Bila muncul reaksi alergi pada kulit, Anda mungkin tidak cocok memperoleh manfaat masker teh celup untuk wajah.Reaksi alergi akibat penggunaan ampas teh yang dioleskan ke kulit bisa berupa kulit kemerahan, rasa gatal, pembengkakan, dan sensasi rasa terbakar.Jika Anda memiliki kulit yang sensitif dan memiliki riwayat alergi teh jenis apa pun, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba manfaat ampas teh untuk wajah.Sebaliknya, apabila tidak ada ciri-ciri alergi, maka Anda tergolong aman untuk menggunakan masker dari ampas teh celup.Meski demikian, mata merupakan area kulit yang cukup sensitif sehingga pastikan Anda mengikuti panduan di bawah agar terhindar dari efek samping masker teh celup.
  • Selalu cuci tangan dan bersihkan wajah sebelum menggunakan masker.
  • Jika Anda menggunakan make up, maka bersihkan make up terlebih dahulu.
  • Lepas lensa kontak, bila Anda menggunakannya.
  • Hindari menggunakan kantong teh yang terdapat staples di bagian ujungnya.
  • Selalu peras air yang terdapat pada kantong teh, jangan sampai ada yang tersisa.
  • Segera hentikan pemakaian bila muncul tanda alergi, iritasi, atau rasa nyeri.
Masih ingin tanya lebih lanjut seputar manfaat masker ampas teh celup, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play.
tehmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/green-tea-face-mask
Diakses pada 30 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/tea-bags-for-eyes
Diakses pada 30 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326300
Diakses pada 30 Maret 2021
Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2003/04/030425071800.htm
Diakses pada 30 Maret 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16468289/
Diakses pada 30 Maret 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2763290/
Diakses pada 30 Maret 2021
Antioxidants. https://www.mdpi.com/2076-3921/6/1/2
Diakses pada 30 Maret 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23346663/
Diakses pada 30 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait